Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Master Chef Marinka

marinkaAssalamualaikum!Setelah sempat posting tentang profil chef master Vindex,kali ini gue mau posting satu-satunya juri perempuan di Masterchef Indonesia.Yaitu,chef master Marinka,langsung aja cekidot :



Biodata:
Nama: Maria Irene Susanto (Rinrin Marinka)
Kelahiran: Jakarta, 22 Maret 1980
Riwayat Pendidikan:
SD-SMP Gandhi International School, Jakarta, Indonesia
SMU Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang
Jurusan Art & Design KvB Institute, Sydney, Australia (1998-1999)
Visual Communication kajian utama Fashion Design di KvB Institute (1999-2002)
Le Cordon Bleu, Sydney, Australia (2002-2004)
Acara TV:
Kuis Rezeki Ramadhan SaSa di Trans7
Selebrita Siang di Trans7
Selamat Pagi di Trans7
Cooking in Paradise di Trans7
Sendok Garpu di JakTV
Sisi Kota untuk TVN
Dunia Laki-laki di JakTV
MasterChef Indonesia di RCTI
Film Bunian (pemeran utama), produksi Merah Putih Production di Sydney, Australia
Mengajar di:
Pantry Magic Cooking School, Kemang (pengajar tamu)
Menulis Buku:
Fantastic Cooking, Gramedia, Maret 2011


"Jangan pernah takut bereksperimen dalam memasak". Hal itu menjadi salah satu tip yang ditulis oleh Rinrin Marinka, 31 tahun, dalam bukunya,Fantastic Cooking. Ia mengaku sudah hobi berkecimpung di dapur sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Aneka bahan makanan yang ada biasa ia campur sekenanya. Hasilnya? "Kalau tidak gosong, ya, kuenya jadi bantat," kata dara kelahiran 22 Maret 1980 itu diiringi derai tawa.
Tapi Rinrin tak pernah kapok. Kelak, hobi memasak itu amat berguna saat ia melanjutkan sekolah di Australia. Di sela mempelajari bidang desain di Jurusan Art & Design KvB Institute di Sydney, ia biasa mengisi waktunya dengan memasak. Bahkan, ketika sekolahnya di bidang desain telah rampung, ia memperpanjang tinggal di Negeri Kanguru dengan bersekolah di Le Cordon Bleu Sydney selama hampir dua tahun. Banyak orang menganggap ini sekolah terbaik di dunia untuk belajar masak-memasak.
Rinrin merasa tak ada yang salah dengan keputusannya itu. Memasak baginya merupakan salah satu bentuk seni. Sebagai seniman, kata penyuka parfum Lovely dari Jessica Sarah Parker itu, seorang koki atau chef harus mampu mengeksplorasi untuk membuat makanan yang lengkap sehingga bisa dinikmati secara rasa dan visual. "Kepribadian seseorang bisa dilihat dari cara masak dan menyajikan makanan di piring dan meja," ujarnya.
Jika dilihat sekilas dari keahlian memasak dan tubuhnya yang mungil, orang akan mengira ia pribadi yang "rapuh". Siapa sangka dengan tinggi badannya yang cuma 158 sentimeter dan berat 48 kilogram, pemilik nama asli Maria Irene Susanto ini, adalah penggemar olahraga ekstrim. Berbagai macam olahraga yang biasa digeluti kaum lelaki, seperti menyelam, arung jeram, paralayang, panjat dinding, hingga tinju, sudah pernah dicobanya. Oleh karena itu, meski sekilas tampak lembut dan seksi, sejatinya Rinrin bisa amat tegas dalam bersikap.
Selain dipenuhi buku-buku tentang memasak, perpustakaan penthousepribadinya di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, juga menyimpan buku sastra karya William Shakespeare, hingga Harry Potter dan Eragon. Selain itu, Rinrin juga menyimpan boneka lelaki setengah badan yang terbuat dari karet. "Itu pengganti samsak kalau aku latihan bertinju," ujarnya. Meski penggemar olahraga maskulin, Rinrin menyiasatinya agar tetap bisa terlihat feminin. Warna pink pun jadi pilihannya. Mulai sarung tinju, celemek, hingga gagang peralatan untuk memasak semuanya berwarna merah muda.
Kiprah Rinrin di dunia kuliner di Tanah Air melejit saat ia membawakan acaraCooking in Paradise di Trans7. Sebelumnya, ia telah menjadi pembawa acaraSendok Garpu di JakTV. Dalam acara di Trans7, Rinrin ditantang untuk membuat masakan dari bahan-bahan ala kadarnya yang ditemui selama berpetualang di daerah yang ia kunjungi. Karena kegiatan memasak lebih sering di alam terbuka, mau tak mau busana yang dikenakannya harus disesuaikan dengan cuaca yang panas.
Dari situlah muncul stigma terhadap Rinrin sebagai sexy chef , seperti halnya Farah Quinn yang memanduAla Chef di TransTV. "Enggaklah, kami berbeda, kok. Jadi, jangan dibandingkan," ujarnya.
Rinrin punya obsesi suatu hari nanti bisa menciptakan modifikasi menu Nusantara dan membawanya ke dunia internasional sebagai ciri khas Indonesia. "Misalnya, hasil eksperimen saya, oncom bebek atau mi abon dengan kualitas rasa internasional," tuturnya.
Sebelum mengasuh acara masak, Rinrin sempat membuka kafe pada 2005. Kafe itu bernama Warung Telur Ceplok dan terletak di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Harga menu yang dijualnya tergolong murah, berkisar Rp 20-35 ribu. Namun, karena keliru menerapkan konsep pemasaran, warungnya hanya bertahan 1,5 tahun.
Selain mengasuh acara masak dan menjadi juri dalam acara MasterChef Indonesia, Rinrin menjadi pengajar tamu di Pantry Magic Cooking School, Kemang. Dalam waktu dekat, ia juga akan membuka sekolah atau tempat kursus sendiri di Jalan Hasyim Asyari. Namanya "R Kitchen". "Ruangan kelas masih dalam penataan tahap akhir," ujarnya.
Ini aja,posting gue tentang profil chef Marinka.Nanti akan ada profil tentang chef Juna yang terkenal garang!Ok,tunggu aja.Wassalam!

Sumber
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Profil Master Chef Marinka"