Penting Tidaknya Captcha

captcha php
Kalo  Sobat mendaftarkan diri di sebuah situs, atau berniat mengisi form comment ato guestbook pada sebuah blog, biasanya ada sebuah gambar yang berisi dari sejumlah karakter yang teracak yang harus kita sertakan sebagai verifikasi. Gambar itu disebut sebagai captcha.




Pengertian Captcha:
  "  Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) adalah sebuah gambar berisi kode angka atau huruf yang secara normal hanya bisa dibaca dan dimengerti oleh manusia. Captcha lazim digunakan pada form-form halaman web, seperti form login, form pendaftaran, form pesan, dan sejenisnya. Pemanfaatan captcha ditujukan agar form benar-benar diisi oleh orang yang sedang mengakses halaman tersebut dan menghindari spam atau pengisian form secara otomatis menggunakan program tertentu." (Sumber: SmitDev)

Mengapa Captcha? Saya rasa sudah jelas kutipan diatas, bahwa captcha ini berguna untuk menghindari spam. Biasanya kita bisa menerima puluhan bahkan ratusan spam dalam 1 menit yang dilakukan oleh bot. Dengan menggunakan captcha, diharapkan bot tidak dapat mengenali karakter-karakter yang tercantum dan hanya manusia yang dapat mengenalinya.

Tapi ada juga situs/blog yang gak masang captcha ini termaksud saya karena Saya capek kalo terus-terusan dikasi captcha tiap kali ngisi komentar, lagian  orang orang juga sekarang pada tidak menggunakan verifikasi karena spam lama sudah marak makin berkurang. lagian juga sobat bisa mendelete kalau komentarnya dianggap spam oleh sobat.Sekedar saran saja sih untuk menghilangkannya dan lagi pula untuk mempercepat laju blogwalking dan tali persaudaraan.
Tapi Menurut Sobat Captcha atau Verivikasi Komentar penting gak Sih?

0 Komentar:

Poskan Komentar

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *