Kriya Bordir


Askum!Sorry ya,blog coretan sekarang jarang update karena sekarang ane lagi banyak tugas di sekolah.Hehehe, salah satu tugasnya adalah mencari tau tentang Kriya Bordir. Nah, bagi kalian yang juga ingin tau tentang Pengertian Kriya Bordir atau Sulam, Motif Bordir atau Sulam, ataupun Semua tentang Kriya Bordir atau Sulam ada disini. Cekidot:
Kriya Bordir atau sulam adalah kriya yang menempatkan hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain yang biasanya ditempatkan pada ujung-ujung kain yang berfungsi untuk menghias&mempercantik tampilan kain.
Sekarang proses membordir banyak dilakukan dengan mesin bordir sehingga lebih cepat dan bisa membuat motif sesuai kreativitas.
Selain dengan mesin bordir, sekarang membordir juga bisa menggunakan komputer. Kelebihan dari bordir komputer adalah bisa membordir dalam jumlah massal sekaligus dalam waktu bersamaan, juga tingkat presisinya sangat bagus. Kelebihan lainnya adalah motif bordir dan desain bordir lebih bagus dengan bantuan komputer, sekaligus bisa di copy paste saja dan hasil desain bordir juga bisa disimpan dalam komputer untuk dipakai di kemudian hari serta pekerjaan bordir pun cepat di selesaikan.
Semula bordir hanya diperuntukkan untuk penghias kain saja, sekarang bordir bisa digunakan pada pakaian (baju), tas, kerudung, taplak, seprai, dan mukena. Motif yang biasa dipakai adalah motif tumpal&rosetta (setengah lingkaran).
Desain Bordir, desain adalah penataan atau penyusunan berbagai garis, bentuk, warna  yang di ciptakan agar mengandung nilai nilai seni keindahan. Salah satu fungsi desain adalah sebagai dekorasi dengan tujuan  untuk mempercantik sebuah benda, seperti permadani, taplak meja,  keramik, porselen, barang barang tembikar, besi besi tempa, pigura (bingkai), barang barang souvenir, tas, sandal, sepatu, dompet, kipas hias, saputangan, hiasan dinding, kotak tisu, sampul buku, handuk, topi, dasi, kain (tekstil), berbagai  busana ( busana muslim, kebaya dll ),  bordir , batik dan sebagainyaaa.
Sebuah Desain Agar mempunyai nilai tambah lebih seperti lebih menawan dan memikat, desainnya harus di buat dengan menggunakan berbagai variasi dan kreasi yang  berlandaskan perkembangan dan situasi kondisi imajinasi, yang tak lepas dari pengaruh bentuk bentuk alam, misalnya tumbuhan, daun daunan, bunga, buah buahan, batu, kayu, kulit, awan, pelangi, bintang, bulan, matahari, bentuk figure (hewan dan manusia), bentuk berbagai garis (geometris), dan bentuk khayalan tidak nyata (abstrak). 4 bentuk desain dasar bordir adalah:
1.         BENTUK ALAMI
Bentuk desain ini sangat kuat di pengaruhi oleh bentuk alam benda, atau bentuk yang bersifat dan berwujud dari alam, yang penggambarannya sangat serupa dengan objek alam benda seperti daun, buah buahan, bunga, tumbuhan, batu, kayu, kulit, awan, pelangi, bintang, bulan, matahari, dan berbagai figure (binatang dan manusia).
2.         BENTUK DEKORATIF
Bentuk desain yang berwujud dari alam ditransformasikan kedalam bentuk dekoratif dengan stilasi (gubahan) menjadi mode dan khayalan (biasanya di dukung oleh berbagai variasi serta susunan nuansa warna yang indah dan serasi).

3.         BENTUK GEOMETRIS
Bentuk desain ini berdasarkan elemen geometris, seperti persegi panjang, lingkaran, oval, kotak, segitiga, segienam (berbagai segi), kerucut, jajaran genjang, silinder dan berbagai garis.
4.         BENTUK ABSTRAK
Bentuk abstrak adalah sebuah imajinasi bebas yang terealiasi dari suatu bentuk yang tidak lazim, atau sebuah perwujudan bentuk yang tidak ada kesamaan dari berbagai objek. Baik objek alami atau objek buatan manusia, dengan kata lain bentuk abstrak adalah sebuah bentuk desain yang tidak berbentuk atau tidak nyata.
            Bordir sekarang sudah memasuki pasar luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Daerah penghasil bordir adalah di Tasikmalaya, Jawa Barat yang terdapat di kecamatan : Cibeureum, Cipedes, Mangkubumi, dan Kawalu.
Bila ada yang kurang, silahkan tambahkan di komentar. Semua kritik, saran, dan pertanyaan silahkan di lontarkan di komentar. Terima kasih.
Waskum!

0 Komentar:

Poskan Komentar

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *