#CoQi : 10 Jari vs 11 Jari

Mengetik pasti sudah menjadi hal yang biasa dilakukan manusia di era modern ini, bahkan sampai ada orang yang lupa bagaimana caranya menulis dengan tangan saking seringnya mengetik. Walaupun begitu, tak sedikit orang yang malah sampai sekarang belum bisa mengetik, tentu orang-orang semacam itu bisa dibilang 'tertinggal'.

Nah, di sini aku bahas soal ketik mengetik, tepatnya soal mengetik 10 Jari dan mengetik 11 Jari.
Di dunia ini, ada 2 penganut paham mengetik yang aku ketahui, pertama paham 10 Jari, yang kedua 11 Jari.

Di kursus-kursus mengetik dan di banyak software pelajaran mengetik, biasanya kita digiring untuk bisa mengetik 10 Jari, karena menurut mereka ini adalah cara mengetik paling cepat dan efisien. Sedangkan 11 Jari, biasanya dianut mereka yang baru belajar mengetik, tapi tidak menutup kemungkinan orang yang mahir mengetik pun masih memakai paham 11 Jari (termasuk aku xD).
Di sini aku cuma mau menceritakan pengalamanku, dulu, waktu SMP aku dan siswa lain diajarkan mengetik 10 Jari oleh guru pelajaran TIK, di setiap pertemuan kami diberikan selembar kertas dan disuruh mengetik (dengan 10 Jari). Di pertemuan-pertemuan awal, aku mencoba memakai 10 Jari, tapi akhirnya aku menyerah dan memakai 11 Jari. Kenapa? Bukannya aku tidak bisa mengetik (10 Jari), tapi aku memang sudah terbiasa (dengan 11 Jari) dan aku merasa 11 Jari lebih cepat dengan 10 Jari. Aku sudah hafal (hampir) semua letak tombol huruf dan simbol di keyboard, jadi tanpa mengikuti aturan 10 Jari dan mengatur jari sedemikian rupa pun aku sudah tau dimana letak tombol yang harus kuketik (dan kadang) tanpa harus melihat.

Jadi, walaupun dengan 11 Jari, kalian juga bisa mengetik cepat. Rahasianya cuma satu, SERING-SERING MENGETIK! Apapun itu! Bagi kalian yang suka menulis diary, kalian bisa menyalin tulisan-tulisan kalian di diary ke komputer atau apapun yang ingin kalian ketik, terserah mau memakai 10 Jari atau 11 Jari, keduanya sama, yang penting seringlah mengetik! Makin sering kalian mengetik lama kelamaan kalian akan hafal dengan sendiri tombol keyboard dan bahkan nantinya tangan kalian seakan bergerak sendiri menuju tombol yang diinginkan (tanpa melihat). Mau bukti? Silahkan buktikan sendiri ;)

0 Komentar:

Posting Komentar

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *