Jangan Cuma Dikenang, Teladani Juga

Baru pulang dari acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1456 H di Masjid dekat rumahku, Al-Anwaril Mujahidin. Yang menjadi penceramah adalah Direktur PDAM Barito Kuala, Bpk. Nizirwan. Gaya ceramah beliau lumayan menarik, karena tidak menyampaikan banyak ayat dengan arti eksplisit yang membuat kita harus meraba-raba 'inti'nya, tetapi beliau menyampaikan dengan gamblang dan humor, sehingga mudah dipahami dan tidak bosan.

Itu penceramah yang berdiri
Dari sekitar 1 Jam beliau berceramah, mulai dari mengisahkan disebutkannya 'Muhammad' di
kitab-kitab sebelum Al-Quran, sedikit tentang 'Nur Muhammad', sampai sifat teladan beliau, kesimpulan ceramah adalah :

Kita harus mencontoh empat sifat Nabi Muhammad SAW :
  1. Siddiq (Benar)
    Kita harus benar, benar dalam perkataan maupun perbuatan. Tidak boleh berdusta. Sebagai blogger, semua postingan kita haruslah sesuatu yang benar, jangan sampai membuat pembaca sesat setelah membaca postingan kita.
  2. Amanah
    Bila diberikan sebuah tanggung jawab kita harus bisa amanah, bila sebagai blogger, kita harus amanah dalam setiap postingan, jangan sampai menyesatkan pembaca atau mengecawakan mereka.
  3. Tabligh (Menyampaikan)
    Seperti kata sebuah hadits, "Sampaikan walau hanya seayat", jadi kita harus bisa menyampaikan kebaikan walau sedikit, menegur yang salah. Kalau kita tidak mampu menegur, suruh yang lebih berkuasa, pemuka agama atau pemimpin. Sebagai blogger, kita bisa menyampaikan lewat postingan-postingan kita.
  4. Fatanah (Cerdas)
    Kita harus cerdas, cerdas ilmu dan cerdas perilaku, bukan cerdas ngibulin orang :P
Buat apa kita capek-capek ngeluarin harta dan tenaga untuk merayakan maulid nabi tapi akhlaknya tidak kita tiru?
Susu + Sirup = Susu Stroberi, minuman khas kampungku :)

15 komentar:

  1. Bener kata lu rif. Gak ada gunanya buat acara gede-gede. Kalo ternyata gak ada yg diamalkan.

    BalasHapus
  2. Teladani sifat dan akhlaq Rassulullah SAW (y)
    Makasih atas pencerahannya lagi :)

    BalasHapus
  3. Yoi.. Bener banget nih, yang penting prakteknya. :)

    BalasHapus
  4. Prakteknya gak segampang teorinya Rif. apalagi untuk masalah jujur, susah banget sekarang. Lucu juga dihubungkan ke blogger :D

    BalasHapus
  5. Nah. Setuju. Percuma kan ya kita udah ini udah itu tapi nggak bener-bener diamalin. Eh itu sirup stroberinya mau dong kak. :D

    BalasHapus
  6. setuju. Yang penting mengamalkannya :)

    BalasHapus
  7. semoga gue bisa meniru akhlak Rasul SAW. soalnya daridulu susah banget, banyak cobaan ._.

    BalasHapus
  8. Wasek, baru ketemu nih blogger religius gini. Keren! Keep it up! :D

    BalasHapus
  9. ahlak rasul memang patut semua orang contoh, bener2 mengahayati ya apa yang di sampaikan oleh ustad nya hehe

    BalasHapus
  10. Bener beneer beneeer sekaleeeh. Ngadain acara maulid nabi gedegedean tapi pas bagian ceramah nya gak ada 1 pun di ikuti, boroboro diikuti, di denger juga nggak. Mending sederhana ya, tapi ngena banget.

    Berhubung gue non, jadi gak begitu paham la ya. Tapi memang keempat sifat beliau patut di jadikan panutan. Walau bnyak yg bilang sulit, usaha aja dlu ya yg penting. Ini kenapa malah gue jadi nyeramahin.

    itu minuman khas kampung nya keren juga, susu campur sirup. Untung aja gak susu campur soda. azzzzz.

    Btw, ini kali perdana gur ke blog lo setelah bertahun tahun hibernasi dari dunia blog. Salam kenal yak.

    BalasHapus
  11. nah betul yang terpenting kita bisa mencontoh sikap-sikap Rasullulloh Saw :)

    BalasHapus

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *