Kamus Bahasa Coqi : Kemlehoi

Jadi gini, di tiap postinganku, terutama di bagian #DiQi, aku pengen banget nulis dengan ‘bahasaku’, alias bukan bahasa Indonesia, mungkin bahasa Banjar, Bakumpai, atau Alien sekalipun. Tapi, takut pembaca alias kalian-kalian semua gak paham, akhirnya kuurungkan niatku itu.

Nah, karena aku kebelet pengen Makai ‘bahasaku’ di postingan-postinganku, aku bikin rubrik buat jelasin kata-kata yang ada dalam ‘bahasaku’ ini. Namanya adalah Kamus Kata Coqi, jadi di sini bakal jelasin seperti yang kubilang di atas tadi. Sebenarnya selain jelasin, aku juga mau mendokumentasikan kata-kata aneh yang diucap teman-temanku dan bahasa daerah, terutama daerahku, bahasa Banjar dan bahasa Bakumpai. Rubrik ini bakal terbit setiap hari minggu, kalau bisa minggu pagi. Alasannya, biar kalian pas minggu, kali aja lagi jalan-jalan, mungkin bisa jadiin kata-kata di Kamus Kata Coqi ini sebagai kata-kata pas ngobrol bareng temen, gebetan, atau mungkin man… *sinyal hilang*

Untuk edisi perdana, aku mau ngasih tau soal kata-kata yang dicetuskan oleh teman sekelasku, sebut saja dia PAN, sengaja pakai kapital semua karena ini inisial. Jadi begini ceritanya,
***
Waktu itu pas pelajaran Bahasa Indonesia lagi presentasi tentang unsur instrinsik film Soekarno karya Hanung Bramantyo, tepatnya tentang bagian penokohan. Fokus mereka adalah pada tokoh Soekarno sendiri yang diperankan Bayu. Saat sesi pertanyaan, Kujus memberikan pendapat kepada kelompok yang presentasi dengan mengatakan bahwa dia lebih memilih Anjasmara daripada Bayu sebagai pemeran Soekarno, “Ah, tapi kan Anjasmara itu kemlehoi,” celetuk PAN. Spontan satu kelas tertawa, termasuk Manox, guru Bahasa Indonesia kami dan juga aku.

“Wah, baru kali ini mendengar kata kemlehoi,” ucap Manox.

“Kami aja yang udah jadi temennya lama baru sekali mendengar kata ini diucapkan PAN,” celetuk temanku. Setelah cengar-cengir ketika melihat respon teman-teman dan guru, PAN menjelaskan arti kemlehoi.
***
Nah, menurut penjelasan dari PAN, kemlehoi itu adalah kata lain dari ‘melambai’ alias agak kebanci-bancian, bahasa ilmiah itu cucok. Masih belum jelas darimana kata kemlehoi berasal, bahkan PAN sendiri tidak bisa menjelaskan asal muasal kata ini. Intinya,

Kemlehoi
(adj.) suatu ungkapan atau kata sifat yang ditujukan kepada seseorang yang dirasa melambai, gayanya agak kebanci-bancian, atau biasa disebut cucok

18 komentar:

  1. keren mendokumentasikan kata-kata aneh diluar nalar (terlalu berlebihan). Semoga kata-katanya bisa meledak di pasaran, bisa dijadiin kamus. Kemlehoi, membacanya saja membuat tertawa atau tersenyum, kata yang lucu, aneh, tapi sekaligus keren

    BalasHapus
  2. Lah, sejak kapan Anjasmara gayanya cucok. Dia itu aktor keren, lho. Bisa memerankan sesuai dari karakter yang diharapkan oleh sutradara.

    Keknya, temen lu PAN harus banyak nonton film lagi, deh. Biar tau banget soal karakter, baru ngoment. Ealah PAN-PAN

    Rubriknya bakalan seru, ni. Ngasi kamus gitu. Keknya kalo ada ratusan bahasa, bisa terbit jadi buku sendiri, ni. :D

    BalasHapus
  3. eh, Anjasmara itu keren loh, serba bisa. liat aja pas dia akting jadi cecep, dia bisa meranin karakter seperti itu dengan baik.

    Gk kebanci-bancian kok, malah aku lihatnya dia manly.

    dan, saya juga baru tahu soal bahasa ini.

    mngkin harus biki kamus bahasa banci sama bahasa alay jga nih gan.

    BalasHapus
  4. Kalo udah kekumpul banyak dibikin kbbb sekalian (kamus besar bahasa banjar)

    Btw beneran gurunya nama manox, aku bacanya malah manuk :v btw anjasmara itu kan lucu inget gak yg waktu jadi cecep pas di film apaan gitu. Dan kayaknya gak ada kesan melambai gitu

    BalasHapus
  5. baru tahu gue kalo anjasmara kemlehoi.. wkwkwk kemlehoi kayaknya gue pernah denger dari temen gue.. :D

    kemlehoi=melambai.. oke gue pengen make bahasa ini di lingkungan gue wkwkwk lucu gitu pas diucapkan.. wkwkwk

    BalasHapus
  6. kemlehoi... wah boleh dipakai ini kata... lucu juga...
    bisa-bisa nanti jadi the next vicky prastyo..
    ok kembangin lagi gan... gue tunggu kata-kata berikutnya

    BalasHapus
  7. hahhaa kemlehoi...! Aneh-aneh aja...
    eh tapi kenapa anjasmara? sebentar aku mikir dulu... hm.. iya juga sih, agak-agak ke sini agak melambai gitu ya? Tapi gak juga ah.. itu tuntutan peran kali :D

    BalasHapus
  8. Gokil, baru denger juga yg namanya kamlehoi. hehehe
    Tapi tiap daerah kayaknya punya nama sendiri utk istilah kamlehoi ini.

    emangnya anjasmara melambai gitu ya?

    BalasHapus
  9. wahahaha, mantap juga nih kamus lo.
    kemlehoi, baru tau. bisa buat gue ledekin ke temen...
    hahahaha, kemlehoi x))

    BalasHapus
  10. waahh, bakalan keren niih kayaknya rubrik baru lo kedepannya. sebenernya gue juga pengen juga sih suatu saat posting sebuah postingan make bahasa Jawa semua gitu, tapi yang gue takutin ntar banyak pembaca yang malah nggak ngerti.

    sama seperti komen-komen diatas, menurut gue Anjasmara itu aktingnya bagus dan nggak melambai. ini yang salah Anjasmara atau temen lo si PAN itu yaa?

    BalasHapus
  11. kamlehoy... aku pengguna bahasa bakumpai dan dekat dengan pengguna bahasa banjar. tapi baru pernah dnengar haha. kakak ini tinggal dimana? anak kalimantan tengah ya? sama dongg haha

    BalasHapus
  12. Oalah, lo berbakat jadi penyusun kamus nih.

    Enggak kebayang asal mulai kemlehoi itu berawal dari momen apa. ahaha

    BalasHapus
  13. Kata 'kemlehoi' blm sefamiliar 'melambai' .
    Ternyata artinya sikap laki2 yang agak kemayu /ke wanita2an .
    Ayoo bikin lagi kata2 lainnya :D

    Tapi aku ga setuju anjasmara dibilang kemleehoi , aktingnya menjiwai dan bagus

    BalasHapus
  14. Itu temen lo namanya PAN, udah kayak partai yg gagal di pilpres kemarin ya.. :D
    Atau mungkin itu anak BE juga Ponco Adi Nugroho haha

    Persoalan temen yg suka pake bahasa absurd dulu gue juga sering ngalamin.. tapi gak kepikiran buat mengarsipkan gini haha

    Persoalan kemlehoi semoga bisa jadi.booming lewat blog ini :D

    BalasHapus
  15. Wkwkwkwwk.. Kemlehoi.. Wkwkwkwkwk..

    Ikut memboomingkan yaa mas..

    BalasHapus
  16. Asalnya kemlehoi mungkin dari kata gemulai kali yah, soalnya sama-sama ada 'L-nya', iya ga sih? Hehehe.

    Tapi sumpah itu bahasa teraneh yang gue denger, trus dipake di forum diskusi lagi. Kocak. :D

    BalasHapus

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *