Berkesan Selama Ramadhan

Banyak hal-hal yang kulalui selama bulan Ramadhan tahun ini, tapi ada beberapa yang menurutku sangat berkesan, apakah itu?

Yang pertama, lebih lama kumpul bareng keluarga. Walaupun di luar bulan Ramadhan, aku dan keluarga sering kumpul, di Ramadhan, kami bisa lebih lama lagi ngumpul. Apalagi pas makan, tau sendiri kan, kalau makan bersama itu, apalagi dengan orang yang disayang, keluarga bukan pacar, pastinya akan lebih lahap dan lebih menyenangkan, itu juga yang kurasakan. Walaupun pas sahur sering setengah mimpi makannya, hehehe. Tapi, pas buka lahap lo xD.

Yang kedua, bisa lebih mensyukuri hidup. Dengan puasa aku tau bagaimana rasanya lapar, bagaimana perasaan orang-orang di luar sana yang harus ‘berpuasa’ tiap hari bahkan tanpa sahur dan buka, jadi, walaupun buka dan sahur dengan sederhana, aku tetap bersyukur, karena masih banyak di luar sana yang bahkan tidak bisa bersahur dan berbuka.

Ketiga, menahan hawa nafsu. Jangan mikir yang macam-macam, hawa nafsu ini hawa nafsu amarah dan mubazir. Biasanya di luar bulan puasa, aku sering banget berantem dengan adik, hampir tiap hari pasti berantem. Nah, di bulan Ramadhan ini, aku lebih sabar menghadapi dia, Alhamdulillah sejauh ini lumayan lancar, walau beberapa kali gak tahan sih, hehehe. Tentang mubazir juga, walaupun puasa, jangan kalap beli makanan buat buka, nantinya kalau kebanyakan malah gak habis, Cuma siangnya aja pengen banyak, pas buka, gak mungkin habis, itu biar gak mubazir.

keempat, ketemu mantan. Er…, aku gak tau apa ini masuk seru atau gak, yang pasti hal ini kualami. Waktu itu lagi pergi ke ‘Pasar Wadai’ alias pasar kue, eh, pas beli makanan, tiba-tiba papasan, biar kagak ketauan masih belum move on, ya disapa aja deh. Dan… ah, tidak usahlah kulanjutkan :3

Kelima, lebih banyak beribadah. Nah, yang terakhir ini, seperti bulan-bulan sebelumnya, targetku tahun ini adalah bisa Full Tarawih Berjamaah dan Khatam Al-Quran minimal sekali, Alhamdulillah untuk Tarawih lancar sejauh ini, dan Alquran masih OTW, hehehe. Jarang-jarang di bulan lain bisa begini, dan semoga saja aku bisa istiqomah ibadahnya sampai selesai dan bahkan di luar Ramadhan. Aamiin.
Kayaknya segitu aja sih yang paling kuingat sejauh ini, lagian baru seminggu lebih puasa, kuyakin nanti bakal ada lagi kejadian-kejadian seru :D

3 komentar:

  1. Aaamiiin semoga puasanya lancar ya. Kalo udah niat kuat mah, insha Allah dimudahkan jalannya bro. Mungkin ketemu mantan bisa jadi bagian dari rezeki, eh....

    BalasHapus
  2. Berkesan banget soalnya ini Ramadhan pertama sama Febri :P

    BalasHapus

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *