3 Hal Tambahan Untuk Brainly

Setiap mencari jawaban tugas sekolah, di halaman pertama pencarian, paling sering yang keluar adalah Brainly. Mulai dari sini aku mengenal Brainly, lama kelamaan, aku tidak lagi menggunakan mesin pencari untuk tugas-tugas, biasanya langsung mencari di website Brainly dan kalau tidak ada, aku mengajukan pertanyaan di sana. Selain itu, kalau lagi nganggur, daripada membuang waktu percuma, aku mencari soal-soal di Brainly dan menjawab beberapa pertanyaan yang bisa kujawab.

Ya, Brainly, sebuah website yang menjadi jawaban atas berbagai tugas sekolah siswa seantero nusantara. Sejauh ini, aku tidak bisa menemukan website yang bisa memberikan jawaban tugas secepat dan setepat Brainly. Brainly memang benar-benar membantu, tidak terhitung berapa tugasku yang terselesaikan dengan bantuan Brainly.

Sebenarnya Brainly sudah sangat lengkap, dengan menyediakan pilihan mengajukan dan menjawab pertanyaan, membatasi jawaban hanya dua di tiap pertanyaan dan juga script yang bisa memunculkan berbagai symbol rumit yang tidak ada di keyboard, ditambah lagi kemudahan navigasi karena soal dikelompokkan berdasarkan jenjang dan mata pelajaran, ini sudah sangat sangat mudah dalam mencari jawaban tugas yang dicari.

Tapi, di benakku ada beberapa usulan, mungkin saja ini bisa ditambahkan di Brainly, karena menurutku hal ini bisa membuat Brainly lebih maju ke depannya. Usulanku itu :
1.      Asal sekolah
Di profil mungkin bisa ditambah asal sekolah para siswa, ini bisa memudahkan juga untuk menjawab. Mungkin saja dengan adanya sekolah ini, mungkin yang menjawab bisa lebih tau tentang jawaban yang pas bagi penanya, karena kadang tiap sekolah itu punya jawaban ‘pas’ yang berbeda. Selain itu, dengan adanya sekolah, beberapa pertanyaan yang menyuruh mengambil jawaban dari teks, biasanya dia tidak mencantumkan teksnya, jadi bila sekolahnya tau, pasti pemberi jawaban kalau berasal dari sekolah yang sama akan tau teks yang mana yang dimaksud.

2.       Terintegrasi dengan Kemdikbud
Nah, menurutku ini penting. Sejauh yang aku tau Brainly dan Kemdikbud belum bekerja sama. Kalau keduanya bekerjasama, mungkin bisa membentuk suatu kerja sama yang sangat menguntungkan dan membangun bagi generasi muda bangsa, bisa saja pemerintah membuatkan akun Brainly setiap siswa dan mempermudah akses untuk menuju Brainly dengan sosialisasi di sekolah-sekolah, tentu ini akan membuat para siswa lebih mudah dalam mengerjakan tugas, karena walaupun Brainly sudah terkenal, masih ada beberapa siswa yang tidak tau dan mungkin ada yang tau, tapi tidak paham cara menggunakan, hanya melihat jawaban dari pertanyaan yang sudah ada tanpa pernah bertanya sendiri. Dengan ini asal sekolah juga bisa diverifikasi. Dan mungkin saja nilai bisa dilihat dari poin akun Brainlynya.

3.      Guru pembimbing
Sepaham-pahamnya siswa, semuanya itu berasal dari guru. Nah, seandainya Brainly juga membuat akun untuk para guru, mungkin bisa membuat jawaban setiap pertanyaan menjadi lebih kredibel. Mungkin bisa nantinya para guru pembimbing akan mendapatkan notifikasi tentang pertanyaan dan jawaban yang sesuai dengan materinya, beliau bisa menilai apakah jawaban yang diberikan memang benar atau tidak. Apabila salah atau kurang benar, guru bisa memperbaikinya, ini tentu akan lebih membantu siswa dalam mencari jawaban yang benar-benar tepat. Selain itu, dengan adanya ini, guru bisa melihat mana siswa yang memang benar-benar paham, dilihat dari siswa yang aktif menjawab, dan juga siswa yang kurang paham, dilihat dari pertanyaan yang diajukan. Dengan adanya ini tentu nanti guru akan tau beliau akan menjelaskan apa, karena kadang siswa saat di kelas bingung atau ragu untuk bertanya. Nah, hal ini akan lebih mudah lagi apabila usul nomor 1 dan 2 terealisasi, adanya asal sekolah dan integrasi dengan Kemdikbud.

Sepertinya tiga hal ini yang menurutku perlu ada di Brainly. Seandainya aku punya tongkat ajaib yang bisa meningkatkan kualitas Brainly dengan seketika, tiga hal ini adalah hal yang paling utama akan kuubah untuk meningkatkan kualitas Brainly.

2 Komentar

Hai senang sekali saya membaca pos anda mengenai brainly.

Perkenalkan, saya Agung Putra Dwijaya, saya adalahs alah satu moderator di brainly dan leader dari para moderator.

Menanggapi hal ini, saya sangat tertarik dengan 3 hal tambahan untuk brainly yang kamu maksud.

Untuk poin pertama, asal sekolah, tidak bisa kita tambahkan karena untuk meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan,

untuk poin kedua, brainly adalah sebuah website pembelajaran terbesar di dunia dan saat ini digunakan di 12 negara di dunia dengan 50.000.000 user. website ini berasal dari polandia.

untuk poin ketiga, untuk guru sudah ada dan sudah lama. banyak akun moderator yang memiliki label guru dan dipastikan jawaban dari para guru ini sangat kredibel.

Jika ingin tanya tanya bisa langsung hubungi brainly saya ya http://brainly.co.id/profil/AgungPutraDwijaya-584673

Me too, http://brainly.co.id/profil/K1S-148983

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *