Mitos UNBK

Mitos UNBK
Happy Weekend semua! Cie yang UN PBT (Paper Based Test) alias pake kertas udah pada selesai, cie… :p. Yang CBT (Computer Based Test) alias UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pada libur tapi ujian lagi Senin sama Selasa, hahaha, santai ujiannya akhirnya selesainya belakangan.

Ngomongin soal UNBK, sekolahku menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggaran UN dengan basis komputer, SMAN 1 Marabahan – sekolahku – dengan SMAN 1 Alaka menjadi dua SMA pertama di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan yang melaksanakan UNBK setelah tahun kemarin hanya SMKN 1 Marabahan.

Sejak diberitakan bahwa SMAku menggunakan UN dengan komputer yang berarti sistem baru, banyak respon dari para siswa termasuk teman-temanku. Ada yang biasa aja, tapi ada juga yang panik karena berbagai mitos yang didengarnya. Disini aku mau ngasih tau mitos-mitos tentang UNBK yang beredar di sekolahku.

1.
Mitos    : Internet tidak lancar bikin banyak waktu terbuang untuk loading.
Fakta    : Internet tidak berpengaruh ketika sudah menjawab soal


Ini salah satu isu yang bikin panik, karena sekolahku bukan berada di tengah kota besar, isu yang berhubungan dengan internet tentu sangat diperhatikan. Karena UNBK ini online, mitosnya adalah apabila internetnya di tempat ujian tidak stabil maka apabila kita ingin melanjutkan menjawab soal ujian harus menunggu loading yang lumayan menyita waktu. Nyatanya itu hanya mitos belaka, internet hanya diperlukan saat kita ingin login ke akun kita dan merilis token, setelahnya tidak usah memikirkan internet. Kalau di tertulis kita dikasih lembar soal dan jawaban dalam bentuk kertas, di UNBK ini kita dikasihnya dalam bentuk semacam e-book, jadi kalau mau ke soal selanjutnya tinggal lanjut aja, gak bakal ada loading lama walaupun internet ngadat.

2.
Mitos    : Soal tidak bisa diback alias kembali ke soal sebelumnya.
Fakta    : Bebas mau kembali ke soal sebelumnya bahkan bisa jawab acak.

Ini juga jadi salah satu yang bikin banyak siswa panik, kalau kita tidak tau jawabannya dan soal yang sudah terlewati tidak bisa kita jawab lagi, berapa nilai kita nantinya? Apalagi kalau soal hitung kayak Matematika, Fisika, atau Ekonomi, kadang ada soal yang kita tidak ingat rumus dan ingin melewatinya dulu, kalau harus dijawab urut, tentu akan menghabiskan waktu. Nyatanya, itu hanya mitos. Aplikasi CBT ini diatur sedemikian rupa sehingga bukan hanya bisa menjawab acak, bahkan untuk soal yang ragu-ragu ada tanda sendiri yang berbeda dengan yang sudah yakin ataupun belum dijawab, tentu sangat nyaman kan?

3.
Mitos    : Komputer akan hang apabila kita tidak menggerakkan mouse terlalu lama.
Fakta    : Aplikasi hanya akan ‘tidur’ layaknya komputer yang terlalu lama tidak diapa-apakan.

Ada yang bilang, mouse harus selalu kita gerakkan agar komputer tidak hang dan harus mengulang ujian dari awal. Bahkan katanya, ujian di SMKN 1 Marabahan tahun lalu, ada pengawas yang bertugas menggerakan mouse setiap 5 menit sekali agar tidak hang. Nyatanya, kalau terlalu tidak ada kegiatan seperti menggerakan mouse, aplikasi hanya akan ‘tidur’ layaknya komputer yang terlalu lama tidak kita pakai, maka akan ‘tidur’ dengan sendirinya dan bukannya mati. Dan kalau sudah begini, tidak perlu khawatir, kita tinggal panggil operator dan login ulang, semua pekerjaan alias jawaban kita dan soalnya akan tetap sama, bahkan waktu yang tersisa tidak akan berkurang selama aplikasi kita ‘tidur’, jadi kita tidak akan dirugikan sedikitpun.

Nah, itu tadi mitos tentang UNBK yang sempat bikin geger siswa kelas XII sekolahku sebelum ujian dimulai. Nyatanya sekarang, empat hari ujian tidak ada yang panik dan semacamnya, ujian berjalan dengan lancar walaupun harus dibagi tiga shift.

Jadi, selamat berjuang buat menuju jenjang selanjutnya pejuang UN PBT, tunggu kami – pejuang UN CBT – bergabung dengan kalian di hari rabu nanti :D

15 Komentar

satu mitos lagi.
Mitos : Katanya kalo UNBK itu kita bakal fokus sama komputer di depan kita. gak ada waktu buat lihat temen sebelah apalagi buka buku.
Fakta : itu hanya omong kosong. Buktinya banyak yang masih berdiskusi waktu UN. parah nya lagi masih bisa buka buka buku bahkan bisa bawa hp buat nanya sama mbah google. parah gak tuh ?
#parahnya lagi pengawas nya sok sok an gak melihat (cuek)

Ea... emang mesti ada revolusi mental buat para siswa biar hal ini seperti ini ke depannya tidak terjadi lagi :D

Wah itu emang salah satu yg bikin galau deh, dimana2 gitu.. hoho

Ngomong2 masih SMA nih, cium tangan dulu sama senior. *sok tua

Nah, makanya itu bang xD

Elah, pakai cium tangan segala, itu udah dicuci belum tangannya habis dari Bus yang baunya gak karuan kemarin :P

UNBK ? Udah macem2 sekarang ya namanya.
Zaman dulu gak ada yang kaya gini. Lihat komputer aja serasa lihat robot Transformer mini.
Mitos2 seperti itu emang udah gak asing lagi. Mungkin yang nyebarin mitosnya sodara Syahrini. Jadi cuma pengen bikin sensasi doang.

Bagi adek-adek yang sedang melaksanakan UN. Selamat berjuang nak. Ini bukan akhir dari segalanya :D

Makin beragam aja wkwk.

Adeku tercinta semoga lulus UNnya yaa. Semoga dapat universitas yang didamba nantinya (kalaupun ingin lanjut study). Semoga suskes lah intinya. Wkwk so nasehatin.

BTW mitos kayak gituan dulu juga ada tapi yaa semua berjalan lancar sampai saya lulus (Jangan tanya nilai UNnya wkwk)

Iya, sekarang udah macem-macem, makanya banyak remaja yang suka macem-macem bang xD.

Hahaha, bisa jadi tuh saudara syahrini :P

Yap, makasih bang semangatnya. Betul banget, ini baru awal, bahkan sepertinya belum apa-apa xD

Iya, makasih kakakku tersayang :P. Aamiin Aamiin :D

Biasa, anak muda emang gampang nelen semua yang diomongin, bahkan yang gak waras sekalipun, tapi nyatanya lancar aja, emang heboh di awal aja biasanya xD. Hahaha, ya udah gak nanya :P

Tapi jutstu yang gitu-gitu bikin seru dan degdegan wkwk

Pertama mw ngucapi salam kenal ya, Sy follow ya blognya, keren soalnya

Bener banget nih mitosnya. Mitos ini sdh tersebar di sekolah sy. Walaupun tahun ini sy UN nya berbasis Paper.

1 lagi, katanya klw Basis Komputer nggak bakalan terjadi kecurangan, faktanya UNBK di sekolah2 banyak jg yg ada kunci jawabannya. Temen sy sendiri yg blg ke sy. soalnya sklhnya sdh UNBK thn ini

Ciee, btw kamu juga barusan selasai kah menjalani UNBK? Gimana nih sensasinya kemarin? Aku dulu sih masih bulet-buletin pensil gitu di LJK pas UN dulu. sekarang udah canggih pake komputer aja hehe.

Memang sih mitos itu nggak selalu sesuai faktanya. Beberapa mitos diatas kayaknya cuman bakalan menakut-nakuti saja dan membuat resah para siswa yang mau UNBK.

Jadi internetnya itu cuman buat diawal doang ya, buat login, setelah itu soal-jawaban sudah dalam bentuk e-book. Kalau yang mouse nggak digerakin lama itu kayaknya wajar deh, tapi masa iya akan selama itu nggak nggerakin mouse, kan siswa juga ngerjain soal yang di komputer.

Udah bang, udah gue bersihin pake pemutih malahan. Biar kinclong... wkwkkw

sebelumnya selamat sudah menyelesaikan UNBK, semoga hasil terbaik yang bakal kamu terima, aamiiin

kalau aku baca postinganmu ini, UNBK sama aja berarti kayak tes CAT PNS, pas ngerjain soal g perlu khawatir soal internet. terus bisa di-back juga, jadi g khawatir kalau belum ngerjain nomor-nomor sebelumnya. cuman sensasinya ngebalik kertas itu udah g ada, padahal enakan ngebolak balik kertas kalau lagi ngerjain soal.

ciye yang lagi UN tapi masih bisa ngeblog ciye
semangat ya ading!

tapi kayaknya emang lebih asik jawab UN pake kertas deh kayak aku zaman dulu, lebih greget hahaha #angkatan2012

sekalinya bebuhan banjar jua, nice to know you

ciiee yang abis CBT selamat yaa semoga hasilnya maksimal juga :D

pas baca mitos-mitos diatas agak geli juga sih plus aneh ajah, nggak mungkinlah pak menteri buat sebuah sistem yang serumit dan menyusahkan para siswa. tapi begitulah karena panik jadi membuat takut deh, gue yang dulu ujian pakek bulet-buletin kertas ada mitos kalo buletinnya nggak rapi nggak bakal kebaca scanner atau ada coretan diluar lingkaran bisa buat nggak lulu. karena panik dan nggak tau rasanya jadi binggung deh. tapi mau tes online ataupun biasa sama ajah ada celah yang bisa dimanfaatin buat kecurangan dalam ujian.

btw CBTnya kan udah selesai jadi bagaimana rasanya ujian dengan pakek komputer.

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *