First Gath PKN STAN Banjarmasin 2017


Tahun 2016, pengumuman final Ujian Saringan Masuk (USM) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) diundur, ternyata ketika diumumkan jumlah yang diterima bertambah dari kuota awal. Tahun 2017, pengumuman final Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PKN STAN rilis beberapa saat sebelum adzan magrib berkumandang di sekitaran kampus pada H-1 jadwal seharusnya. Hal mengejutkan di sini, hampir 7000 mahasiswa baru, tepatnya semua yang diterima di PMB PKN STAN 2017 ditempatkan di kampus utama Bintaro. Ya, tidak ada lagi yang kuliah di Balai Diklat Keuangan (BDK).

Tahun 2017, jumlah mahasiswa asal Kalimantan lebih banyak daripada tahun lalu. Bahkan tersebar di semua program studi. Mahasiswa yang diterima dari daerah (tes tahap pertama) Banjarmasin ada 50 orang lebih. Lebih banyak daripada angkatan 2016.

Tes tahap pertama di Banjarmasin mewakili dua provinsi, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng). Mayoritas memakai Bahasa Banjar. Kebanyakan angkatan 2016 adalah diploma satu yang berarti tahun ini akan diwisuda. 2017 adalah 50 orang lebih anak Kalselteng, kuharap angka ini bisa mempertahankan Bahasa banjar menjadi salah satu bagian dari kebisingan Bintaro. Tenang, aku dan teman-teman akan membantu.

29 Juni 2017. 10 orang angkatan 2016. 16 orang angkatan 2017 (kalau tidak salah hitung).


Tidak mungkin mengumpulkan Kalselteng ataupun Kalsel dalam satu tempat, maka first gath diadakan dalam beberapa regional. Banjarbaru sudah saling bertatap muka. Hari ini giliran Banjarmasin.


Layaknya pertama kali bertemu, semua orang dikumpulkan dan saling memperkenalkan diri. Agar lebih akrab, terutama angkatan 2017, diadakan games untuk mereka. Permainan pertama hanya khusus mereka, di permainan kedua semua ikut bermain. Walaupun tidak mungkin bisa menghafal semua nama ketika selesai, paling tidak ada beberapa yang nyangkut. Paling tidak ingat mukanya.

Makanan sudah lama menanti dihabiskan, tidak terhitung lirikan yang dituju ke sana ketika bermain. Acara setelah bermain langsung dilanjutkan dengan makan bersama. Selain games juga sempat ada beberapa wejangan dari para kakak-kakak mulai dari daftar ulang, dinamika, capacity building, sampai perkuliahan termasuk berbagai hal yang perlu diperhatikan sebagai anak rantau.


Perut sudah terisi, tenaga sudah ada untuk beraktivitas lagi. Kali ini adik-adik dibagi kelompok kecil. Diskusi lebih nyaman dan berkesan.

Pukul 14.00 WITA diskusi selesai. Pertanyaan yang belum terjawab atau informasi yang terlupa disampaikan bisa diberitahu kemudian hari. Grup juga bisa. Acara terakhir sesi foto bersama.

Makasihlah kekawanan nang sudah membantui acara ini lawan ading-ading nang sudah hakun datang. Paling kada sudah pinandu lawan beberapa kakawanan. (Makasih teman-teman yang sudah membantu acara ini dan adik-adik yang sudah mau datang. Paling tidak sudah tau dengan beberapa kawan-kawan.)

Sampai ketemu di Bintaro!

4 Komentar

gini nih kalau kuliah bukan di daerah sendiri, ada persatuannya, untuk menjalin kekeluargaan satu sama lain, soalnya jauh dari keluarga, kawan satu daerah bisa jadi tumpuan kita disaat nanti membutuhkan dukungan.
alumni dari perguruan tinggiku juga begitu, setidaknya sebulan sekali ada kumpul bareng, dari lulusan yang paling tua sampai yang paling muda. biar solidaritasnya tetep terjalin dan putus

Paling seru itu acara perkenalan. Iya bro. Bisa liat prospek mana cewek yang cantik dan kita target lalu kita kunci. wkwkwk

Modus dikit gpp kali ya. HAHAHA

Waah anak STAN, keren ya bisa lulus di stu, setahu saya seleksinya nggak gampang lho, jd yang berhasil lolos di STAN memang siswa2 pilihan yg cerdas, n kerennya lagi klu lulus dari STAN udah kantongi kantor u/ bekerja jd gak musing2 lagi cari kerjaan beda dgn yg kuliah di univ lainnya... btw semangat yak jadi Mahasiswa.

Wah, selamat yah sudah menjadi bagian dari anak STAN. Gimana nih kuliahnya? tenang atau malah tegang? haha

Kadang gitu ya kalau mau ngumpulin temen se daerah susahnya ada aja yang nyelip gak ke data. Padahalkan pengen banget menyatukan semua pas ada gath gini hehe.

btw ceritanya kurang panjang nih, baru baca eh tiba-tiba kelar. hehe

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *