Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dinamika PKN STAN 2016


Dinamika, studi perdana memasuki kampus. Ospeknya Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Ada dinamika dan pra dinamika. Satu-satunya info resmi didapat dari Official Account (OA) Dinamika. Kalau ada yang kurang jelas tanyakan pada raka rakanita atau sosial media dinamika. Jangan tanya teman, kadang sesat. Juga, jangan tanya yang tidak perlu ditanya, kadang bikin makin sulit.

Siapkan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Rambut, pakaian – baju + celana/rok –, ikat pinggang, kaos kaki, sepatu, bahkan kuku. Ingat, mahasiswa PKN STAN adalah cerminan Punggawa Keuangan Negara. Rapi adalah hal wajib.

2016 ada tiga gugus. Satya. Lencana. Karya. Tiap gugus terdiri dari puluhan kelompok.

Bawa barang yang disuruh. Jangan lebih apalagi kurang. Pulpen disuruh satu jangan bawa dua. Cek tas yang benar sebelum berangkat. Sebiji batu pun kalau tidak disuruh bawa tapi ada di dalam tas bisa fatal. Jangan bawa yang tidak disuruh.

Setelah semua siap, langsung berangkat. Tenang, jalanan di depan kos pasti ramai dengan laki-laki botak dan perempuan berpakaian rapi. Tidak hafal jalan? Ikuti saja mereka.

Sebelum memasuki ‘wilayah’ kalian, persiapan akan diuji. Ingat, rapi adalah hal wajib. Setelah di dalam, waktunya ketelitian dilihat. Membawa yang tidak disuruh, sengaja ataupun tidak, ada konsekuensinya.

2016 ada sepasang raka rakanita asistensi yang mengawasi tiap kelompok.

Apa yang terjadi selama dinamika? Nikmati saja. Spoiler bisa mengurangi esensi acara ini.

Pulang. Ingat cek OA. Semua tugas ada di sana. Kerjakan dengan sungguh-sungguh. Berdasar pengalaman, mengerjakan semua walau tak sempurna lebih baik daripada hanya sanggup beberapa walau sempurna. Kerjakan semua bukan berarti harus sempurna. Hal yang penting, semua tugas (kelihatan) dikerjakan.

Kerjasama penting. Raka rakanita asistensi hanya membantu, jangan berharap banyak pada mereka. Masalah cepat tidaknya tugas rampung, apalagi kelompok, tergantung kerjasama kalian. Jangan egois. Sampai bekerja, kita akan sering berkelompok, latih gotong royong dari sekarang.

Dinamika menjadi gambaran keadaan saat di kampus. Jalani dan resapi makna setiap kegiatan. Cari esensi dari segala yang disuguhkan. Ingat, jangan macam-macam. Bijak dalam bersosial media. Tidak ada tempat aman untuk mengumpat. Satu hal lagi, Drop Out itu nyata, tidak lulus dinamika juga bukan isapan jempol belaka.

Ada yang ingin ditanyakan seputar dinamika ataupun hal lain berkaitan dengan PKN STAN? Silahkan komentar di sini, kepoin sosial media dinamika, atau chat di lineku (ID : m_rifqi_s)

Semangat maba miba!
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

9 komentar untuk "Dinamika PKN STAN 2016"

  1. tidak lulus dinamika juga bukan isapan jempol belaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, kalo misalnya gak lolos dinamika bagi D1 itu gimana? Kan ada sertifikat dinamikanya, abis melaksanakan hukuman, baru dikasih sertifikatnya apa gimana?

      Hapus
    2. Nanti kalau kamu gak lulus (semoga enggak), bakal ada pengabdian kampus. Nah nanti kalau kamu sudah menyelesaikan pengabdian kampus, bakal dapat sertifikat dinamika seperti yang lain kok :)

      Hapus
    3. Kak,terus biasanya yg tidak lolos dinamika itu pengabdian kampusnya kapan? Waktu liburan uas ya kak? Terus bakal makan waktu libur uas full apa kak?

      Hapus
  2. Full libur uas pengabdiannya kak? Gak beberapa minggu atau hari aja?

    BalasHapus
  3. Biasanya ngapain kak pengabdiannya?

    BalasHapus