Keuntungan Membangun Usaha Ternak Lele Tanpa Modal

Modal menjadi hal utama yang tampaknya sering menentukan usaha tersebut benar-benar akan berdiri atau tidak. Beberapa orang bahkan lebih memilih menyerah sebelum berperang dengan banyak hal dalam memulai sebuah usaha. Untuk dapat menjadi wirausaha sebenarnya susah-susah gampang tergantung pribadi yang menjalani. Jika Anda adalah salah satu yang memiliki mental tahan banting, pejuang, peraih impian, dan tidak kenal menyerah maka sudah tentu harta karun kesuksesan sebentar lagi akan menghampiri Anda. Sebaliknya, jika Anda adalah tipe orang yang pasrah dan tidak mau berusaha maka lebih baik Anda mencari profesi yang lain saja karena wirausaha tidak akan tumbuh berkembang di dalam diri Anda. Lalu bagaimana caranya membangun sebuah bisnis usaha tetapi tidak mempunyai biaya? nah, jangan bingung-bingung karena pada kesempatan kali ini secara khusus akan membahas tentang tips dan trik membangun usaha tanpa modal sepeser pun.

Salah satu usaha yang mungkin bisa Anda pilih jika ternyata tidak memiliki modal yang cukup atau bahkan tidak sama sekali adalah budidaya lele. Hanya dengan lahan yang sempit dan perlengkapan yang terbatas, Anda dengan sangat mudah meraup keuntungan setiap kali panen berhubung saat ini lele menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dihindari lagi. Animo peminat pun sangat besar sehingga tidak perlu muncul kekhawatiran jika usaha yang dirintis ternyata tidak ada yang membutuhkan hasilnya. Bahkan mungkin Anda tahu banyak sekali penjaja makanan di trotoar ketika malam hari membuka warung makan kecil-kecilan dengan salah satu menu dari lele.

Beberapa keuntungan dari ternak lele yang mungkin bisa Anda rasakan meski pun baru saja akan merintisnya seperti pemeliharaannya yang mudah sekali dikontrol, hemat dalam pembuatan tempat pemeliharaan, sangat mudah sekali, pembersihan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, lebih fleksibel dalam permodalan, dan masih banyak lagi. Berikut ini akan dijelaskan satu per satu mengenai beberapa keuntungan yang mungkin bisa Anda dapatkan hanya dalam waktu yang singkat.

  1. Pertama adalah pemeliharaannya yang ternyata mudah sekali untuk dikontrol. Kemudahan dalam mengontrol yang dimaksud adalah kemudahan si pemilik kolam lele yang biasanya memilih membuat kolam dengan menggunakan terpal. Hama dan penyakit yang akan menyerang lele bisa diantisipasi dengan sangat dini dan bahkan bisa dicegah dengan berbagai cara. Selain itu juga, cuaca yang sering berubah-ubah juga menjadi hal yang mudah sekali diprediksi, suhu pada tanah juga bisa dideteksi dengan lebih mudah sehingga bisa berpindah kapan saja dari satu lokasi ke lokasi lain dan bahkan intensitas airnya juga bisa diatur dengan sangat mudah. Hal ini tentunya dilakukan agar hasil produksi dari ternak lele memiliki kualitas terbaik.
  2. Kedua adalah hemat dalam pembuatan tempat pemeliharaan. Sebenarnya inti dari wirausaha tanpa modal adalah berada pada poin ke dua ini. Untuk memelihara lele ternyata tidak dibutuhkan banyak modal untuk pembuatan kolam dengan beton. Nah, untuk mempermudah maka bisa dengan menggunakan media bambu dan juga terpal. Tempat yang sempit tidak menjadi halangan karena tentunya terpal tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Dua cara pembuatan kolam bisa dengan menggali tanah terlebih dahulu lalu baru memasang terpal atau bisa dengan membuat kolam timbul yaitu menggunakan bambu di sekeliling kolam untuk menahan terpal agar tidak kemana-mana. Jika ternyata untuk membeli terpal saja Anda tidak memiliki cukup uang tetapi membutuhkan uang tersebut dalam waktu dekat , maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pinjaman dana tanpa jaminan proses 1 hari.
  3. Ketiga, sangat mudah. Kemudahan sudah tentu menjadi kunci banyaknya wirausaha yang kemudian memutuskan untuk melakukan budidaya lele karena dalam berbagai segi lebih enak daripada jenis budidaya yang lainnya. Selain itu, permintaan masyarakat terhadap lele dari tahun ke tahun semakin meningkat sehingga berpeluang besar untuk selalu mendapatkan penghasilan dengan penjualan lele setiap kali siap panen. Peralatan sederhana hanyalah terpal yang dalam waktu sehari saja bisa diubah menjadi sebuah kolam lele yang siap untuk digunakan. Nah, jika Anda terpaksa tidak memiliki uang sepeser pun untuk membeli peralatan ini maka Anda bisa dengan melakukan pinjaman dana tunai tanpa agunan non bank tentunya dengan angsuran yang lebih kecil daripada jika melakukan peminjaman di bank.
  4. Keempat, pembersihan ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Jika kolam yang digunakan adalah terpal maka setiap kali pasca panen, Anda memiliki kewajiban untuk membersihkan kolam hingga bersih. Jika terpal yang digunakan sebagai media pemeliharaan maka akan sangat mudah sekali dalam pembersihannya yaitu dengan mencuci terpal tersebut di tempat terbuka. Kemudian lumurkan sabun krim cuci atau rinso pada permukaan bagian atasnya yang sedang dalam kondisi sedikit basah. Setelah itu gunakan sapu lidi untuk menggosok semua are permukaan terpal dan pastikan semua permukaan sudah disapu bersih sampai sisa-sisa kotoran berupa lumut dan tanah hilang seketika.
  5. Kelima, lebih fleksibel dalam permodalan. Seperti beberapa hal yang sudah disinggung di atas bahwa tidak memiliki modal bukanlah salah satu penghambat yang secara mutlak menggagalkan perjalanan sebuah usaha tersebut karena modal bisa didapatkan di berbagai tempat tentunya dengan banyak sekali cara. Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melakukan peminjaman di bank terdekat dari lokasi tempat tinggal Anda. Namun, akan sangat penting bisa Anda memastikan terlebih dahulu berapa suku bunga yang harus ditanggung dalam satu kali bulan karena tentunya setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Pastikan bank yang Anda pilih adalah bank dengan penawaran suku bunga nasabah yang paling rendah atau paling kecil.
Jika Anda terlalu berat dengan suku bank yang ditawarkan, Anda bisa saja meminjam uang untuk modal di beberapa pihak yang secara sengaja membuka peminjaman uang tanpa agunan. Pokoknya kuncinya dalam mencari modal adalah memilih pihak peminjam yang menawarkan suku bunga yang paling kecil dan paling rendah dari yang lainnya. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan Anda ketika melakukan angsuran perbulannya karena lele tidak bisa dipanen hanya dalam satu bulan saja. Namun, sebelum melakukan peminjaman di beberapa tempat mungkin bisa mencoba terlebih dahulu meminjam uang sanak saudara dan mengutarakan maksud baik untuk membuka usaha budidaya ternak. Jika penyampaiannya yang Anda lakukan jelas dan serius sudah tentu dari keluarga besar akan dengan senang hati meminjamkan uangnya untuk bisa Anda gunakan sebagai modal. Keuntungan yang didapat jika uang modal yang didapat dari pinjaman sanak keluarga adalah karena tidak akan dikenai biaya tambahan atau tidak harus menanggung biaya suku bunga seperti yang ditawarkan pada beberapa bank yang barangkali sudah Anda pantau dari jauh-jauh hari. kuncinya adalah optimis dan percaya bahwa semua keinginan pasti akan terkabul dengan mudah.

7 Komentar

ternak lele untungnya banyak banget nih apalagi di kuliner pasti laku abis

ternak lele sempat ngehits dikalangan lulusan 2017, "kalo ga lulus universitas, mending ternak lele aja" hahaha, pertama kali liat post ini itu yang terpikir langsung di otakku, anyway nice info qi, mungkin bisa usaha sampingan gitu hehe

Wah hebat. Terperinci banget jelasinnya. Di sekitae rumah ku banyak yang ternak lele. Selain lele juga makan apa aja haha, lele juga di gemaei masyarakat. Selain gizinya yang tinggi juga karna harganya yg ekonomis. Btw kalo tulisannya di sertakan gambar jugak, pasti makin menarik deh. Salam kenal qi

Kalau di derah saya seringnya pakai metode tanam bambu terus diberi terpal. Terlihat fleksibel dan gak ribet memang. Hasilnya juga lumayan.

lele rasanya enak banget. gurih gurih enyoy. mirip tahu bulat gitu. mangkanya ternak lele pasti untung besar. insyaallah. btw nice info gan. penjelasan yang detail.

Ternak lele?
wah ditempatku banyak tuh yang punya ternak lele. Dan jenis ikan lele ini kalo aku perhatiin lebih tahan terhadap kematian ketimbang ikan yang lain.

apalagi kalau ternaknya baby lele yang buat digoreng krispi itu, kan gak perlu waktu lama hehe

Dulu saya sama temen-temen pernah tuh nyoba ternak lele. Dua hari dua malam kami gantian mencangkul untuk bikin kolam berukuran 2x1 meter. Setelah jadi, bukannya mirip kolam lele malah mirip liang kubur. Seandainya kami baca postingan ini dulu sebelum mencoba waktu itu -__-

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Follow by Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *