Ingin Buka Bisnis Kecil-kecilan? Yuk, Coba Bisnis Laundry Kiloan


Di Indonesia, peminat bisnis seakan semakin memiliki banyak peminat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang mulai melakukan bisnis meskipun hanyalah sekedar bisnis kecil-kecilan saja. Bisnis kecil memang sangat cocok bagi Anda yang ingin mencoba bisnis namun hanya memiliki modal pas-pasan. Salah satu bisnis yang tidak perlu modal banyak-banyak adalah bisnis laundry kiloan.

Bisnis laundry kiloan memang saat ini sedang menjadi hal yang trend dikalangan pebisnis. Semakin banyaknya orang yang sibuk mengurusi pekerjaannya membuat mereka sering tidak sempat untuk mencuci pakaian. Itulah mengapa bisnis laundry kiloan ini sangat berpeluang. Bagi Anda yang ingin mulai berbisnis, Anda bisa coba bisnis yang satu ini. Berikut kami berikan tips dan trik memulai bisnis laundry kiloan dari nol hingga sukses.

Tips dan Trik Buka Bisnis Laundry Kiloan Dari Nol

1. Pikirkan Modal

Modal memang selalu menjadi hal utama yang harus dipikirkan dalam berbisnis. Pasalnya, tanpa modal bisnis kita tidak akan bisa berjalan. Untuk mengetahui berapa modal yang Anda perlukan, catatlah hal apa saja yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis laundry. Berikut beberapa perlengkapan yang Anda perlu siapkan untuk buka laundry kiloan:

- Mesin Cuci
- Detergen
- Setrika
- Rak baju
- Hanger / gantungan baju
- Jemuran
- Pewangi pakaian
- Plastik

Agar modal yang dibutuhkan terhitung dengan baik, cobalah untuk melakukan survey terhadap harga pasaran barang-barang tersebut. Jika Anda tidak ingin repot, saat ini banyak tempat yang menawarkan franchise laundry kiloan. Namun, bisnis ini tentu akan memerlukan modal yang sedikit lebih mahal.

Untuk urusan modal sebenaranya bukan menjadi masalah saat ini. Pasalnya, telah banyak lembaga yang menyediakan jasa kredit online. Bahkan, banyak juga jasa peminjaman yang menawarkan layanan kredit tanpa agunan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot jika kekurangan biaya untuk memulai bisnis.

2. Tentukan Lokasi

Meskipun tergolong bisnis kecil, bisnis laundry kiloan juga memerlukan lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis untuk memulai bisnis laundry adalah di dekat kos-kosan, kontrakan, dan perumahan. Pasalnya, di lokasi-lokasi inilah biasanya banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga yang tidak punya waktu banyak untuk mencuci pakaiannya. Itulah mengapa jasa laundry kiloan akan sangat laris dan sangat dibutuhkan.

Jika Anda ingin bisnis Anda cepat laris, tentu Anda perlu sewa atau beli tempat di lokasi strategis tersebut. Namun, semakin strategis lokasi maka semakin mahal pula harga jual dan sewanya. Untuk pemula, sebaiknya cobalah untuk menyewa tempat selama satu tahun saja. Anda bisa coba melakukan peminjaman dahulu di layanan jasa pinjam untuk modal sewa tempat. Sekarang telah banyak layanan pinjam online yang menyediakan kredit cepat tanpa jaminan seperti Tien24. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk kekurangan modal.

Dalam memilih lokasi, hal lain yang harus dipikirkan adalah kondisi lokasi tersebut. Sebaiknya, cek kembali apakah telah banyak yang membuka bisnis laundry kiloan atau belum. Jika sudah banyak, sebaiknya carilah lokasi lainnya. Lihat juga bagaimana kondisi air di tempat tersebut. Pastikan air disana jernih.mJika ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa buka jasa laundry kiloan di rumah sendiri sehingga modal sewa tempat bisa dialihkan untuk keperluan bisnis yang lain.

3. Jangan Asal Menentukan Harga

Harga jasa laundry kiloan tentu berbeda-beda di setiap tempat. Agar tidak salah menentukan harga, cobalah untuk survey ke beberapa tempat laundry kiloan lainnya. Setelah mengetahui harga pasaran, Anda bisa pilih ingin mematok harga sedikit lebih mahal atau murah. Jika ingin menaikan dan menurunkan harga, sebaiknya dalam kisaran Rp. 500 – Rp. 1.000 saja. Jika menurunkan harga terlalu jauh demi menarik pelanggan, hal ini bisa berakibat kebangkrutan.

Harga pasaran untuk laundry kiloan di Jakarta umumnya berkisar antara Rp. 5.000 – Rp. 6.000 per kilonya. Namun, di area lainnya seperti di Jawa Tengah, laundry kiloan hanya berkisar di harga Rp. 4.000 – Rp.5.000 saja. Jika Anda ingin menentukan harga sendiri tanpa melihat acuan harga pasaran, Anda bisa lakukan penghitungan berapa biaya yang dibutuhkan untuk laundry 1 kilo pakaian. Namun, hal ini tentu akan lebih rumit karena Anda perlu menghitung berapa listrik dan air yang diperlukan nantinya untuk satu kali laundry.

4. Pikirkan Nama Tempat Laundry

Hampir setiap laundry kiloan memiliki nama tersendiri. Agar menarik pelanggan, buatlah nama yang unik dan semenarik mungkin. Jika sudah memiliki nama, jangan lupa untuk membuat spanduk atau plang agar pelanggan bisa tau keberadaan laundry Anda. Pastikan desain yang Anda buat menarik sehingga pelanggan bisa dengan mudah mengenali tempat laundry Anda.

5. Giatkan Promosi

Promosi memiliki peranan penting dalam setiap bisnis, termasuk bisnis laundry kiloan. Promosi bisa dilakukan dengan cara pembagian brosur ke target bisnis. Saat ini, banyak cara mudah untuk memromosikan sebuah produk yaitu melalui sosial media. Anda bisa pasarkan produk Anda dengan semenarik mungkin di semua sosial media Anda seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya.
Selain itu, saat awal opening, Anda bisa berikan promo menarik seperti potongan harga atau hal lainnya. Beberapa laundry kiloan ada yang memberikan promo bayar seikhlasnya untuk setiap pelanggan yang laundry di hari jumat. Tak hanya itu, ada pula jasa laundry kiloan yang member potongan harga hingga 50% di awal pembukaannya. Untuk menarik pelanggan, Anda bisa terapkan cara-cara promosi tersebut. Namun, jika ingin cara yang lain, cobalah promosi lainnya seperti sistem giveaway atau event gratis laundry setiap 10 kali penggunaan jasa laundry.

6. Pelajari Cara Laundry Yang Baik

Untuk membuka jasa laundry tentu kita tidak boleh asal-asalan dalam menjalaninya. Diperlukan pemahaman khusus mengenai cara melakukan laundry yang baik. Sebelum membuka bisnis, sebaiknya Anda pelajari dulu bagaimana teknik mencuci dan menyetrika yang baik. Hal ini guna menghindari adanya kesalah saat melakukan laundry pakaian pelanggan.

Saat melakukan laundry pelanggan, sebaiknya hindari mencuci pakaian satu pelanggan dengan pelanggan lainnya. Pasalnya, dalam kasus laundry kiloan, tak jarang ada beberapa pakaian yang tertukar atau bahkan hilang. Hal inilah yang sering sekali membuat pelanggan kecewa dan tidak menggunakan jasa laundry Anda lagi. Itulah mengapa pastikan diri Anda paham tentang pelayanan laundry terlebih dahulu sebelum membuka jasa laundry.

Kelima poin diatas merupakan tips bagi Anda yang ingin membuka bisnis laundry kiloan dari nol. Saat ingin membuka bisnis, kuatkan dulu tekad dan niat Anda dalam berbisnis. Pasalnya, jika Anda tidak memiliki tekad yang kuat, bisnis Anda pun akan sulit untuk berkembang dan maju. Untuk menjalani bisnis laundry kiloan diperlukan keuletan tersendiri. Ada masanya dimana Anda akan mengalami rasa jenuh mengerjakan bisnis ini, namun jangan buat rasa bosan terus berkelanjutan. Pasalnya, meskipun tergolong bisnis kecil, jika dilakukan dengan ulet bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Itulah mengapa banyak orang yang semakin tertarik untuk menjalani bisnis ini.

5 Komentar

Infonya yang menarik bro. Thanks!
Rasanya usaha laudry makin banyak peminatnya deh, efek kebanyakan manusia udah pada sibuk n males kali ya. Hehe

Setuju, aku rasa soal tempat juga penting. Karena selain strategis dan mudah dilihat, orang juga bakal cepat tahu dimana lokasi laundry kita.
Nice share nih, Mas..

Ngga ada niat untuk kesana sih, tapi penjabaran tips2nya sangat membantu. Masalah tempat memang adalah problem hampir semua bisnis.

Temanku ada yang barusan buka laundry. Dan emang ada yg harus dipersiapkan. Sampai branding dia bikin di awal. Jadi banyak yang tertarik...

Setuju! pertama sih bakalan mikirin nama dulu, karena biasanya nama itu bakalan jadi brandnya kita yang akan dibawa kemana-mana.
Teman ada juga yang punya rencana buka loundry, biasanya di sekitaran kampus kan ada kosan mahasiswa ya biasanya, huehehehe

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *