Gambar di Blog, Penting?

Aku tanpa kamu bagai saya tanpa anda

Pernah membaca kalimat di atas? Belum? Kalau pengandaian yang diikuti kata “Sayur tanpa garam” pernah membacanya? Nah, quote di atas tidak ada hubungannya.

Sayur tanpa garam tentu menjadi hambar. Kecuali ditambah gula, juga micin. Hal serupa sama seperti artikel di blog. Bukan, bukan maksudnya menaburi artikel dengan garam. Sayur diganti dengan artikel dan garam sebagai perasa di sini adalah gambar.

Ada banyak hal penting yang diperlukan dalam sebuah artikel di blog. Selain tulisan yang enak dibaca, penunjang seperti gambar juga jangan dilupakan. Seberapa penting sih gambar dalam blog?

1. Penting
Apapun niche blogmu, apabila ingin menjadi menarik untuk dibaca, gambar penting. Kata-kata memang utama, tapi dengan gambar yang eye catching alias aesthetic kata anak Instagram, artikel kalian akan lebih menarik dan bisa saja membuat pengunjung betah sehingga berlama-lama di blogmu.

2. Penting Sekali
Pengeblog personal menurutku penting sekali menyelipkan gambar di tiap artikelnya. Blog dengan niche personal itu unik yang menjadi suatu nilai tambah. Di sisi lain, karena unik, tidak semua tertarik untuk membacanya. Apabila artikel ditambah dengan gambar, orang akan bertanya-tanya apa maksud gambar tersebut atau malah tertarik membaca karena gambar yang menarik. Jadi, penting sekali bagi blog personal mempertimbangkan gambar.

3. Sangat Penting Sekali
Sering membuat artikel tentang jalan-jalan atau cara melakukan sesuatu? Kalau jawabannya “ya”, maka gambar sangat penting sekali. Artikel tentang jalan-jalan haram hukumnya gambar sedikit apalagi tanpa gambar. Apa yang menarik dari membaca cerita perjalanan seseorang tanpa ada visualisasinya? Kalau sedang membuat novel tentu tidak ada masalah, tapi ini adalah artikel di blog. Kalau ingin orang mengunjungi tempat yang kita tulis, selain menulis agar pembaca seakan merasakan aura tempat tersebut, gambar sangat diperlukan agar mereka bisa tau sebagus apa tempat tersebut. Begitu juga dengan artikel cara melakukan sesuatu, gambar tentu akan mempermudah pembaca melakukan langkah yang ditulis karena bilamana sekadar tulisan akan membingungkan.

4. Tidak Penting
Gambar bisa jadi penting, sangat penting, bahkan sangat penting sekali. Tapi apakah gambar bisa jadi tidak penting? Tentu bisa. Kapan hal itu terjadi? Ketika kita sedang tidak ingin menulis artikel di blog. Ya. Gambar tidak penting apabila kita tidak ingin menulis di blog. Sekian.

Bagi teman-teman narablog yang terbiasa dengan otak-atik gambar apalagi sering melakukan desain pasti tidak asing dengan Shutterstock. Shutterstock adalah ‘gudang’ bagi gambar-gambar premium yang bisa mempercantik artikel di blog. Aku bilang premium karena gambar-gambar di sana tidak gratis. Kualitas tentu ada harganya.

Kalau kalian ingin beli gambar di Shutterstock tapi tidak punya kartu kredit atau bingung cara belinya, AgenShutterstock.com solusinya. AgenShutterstock.com adalah bagian dari IDCopy. Situs ini adalah tempat kalian bisa membeli gambar dari Shutterstock tanpa bingung cara pembayarannya. Tinggal buka situsnya dan ikuti langkahnya, dijamin gampang.

Jadi, tunggu apalagi? Kuy tambahkan gambar di artikel karena gambar itu penting, penting sekali, sangat penting sekali.

7 Komentar

kalau buat gue emang teramat sangat penting! hehehe..apalagi kalau lagi bikin post tentang edukasi atau ide mengajar. bagaimana nak dapat gambaran situasi kelasnya kalau nggak ada gambarnya bukan? hihihi...

wkwk yg tidak penting itu ku kira apa ya, ternyata hmmm

btw tadi pas bahas si shuttershock ku kira bakalan dijelasin caranya biar bisa ambil gambarnya, ternyata tidak huhuu

Aku pribadi sangat penting, meskipun sekedar curhat atau apalah, yang jelas gambar itu menjadi pemanis dalam setiap diaryku, Mas..hehe

wah....
secara kebetulan, bloggu itu masih anti "gambar". Demi penghematan dan pembayaran. tapi saya mengakui, blog memang tak bisa dilepaskan dari gambar sebagai penunjang. sangat penting menurutku...

sip sip mas...
salam kenal... anggota BE ini yg sudah fakum lima tahun... hehe..

penting banget, buat pembaca w hehe.. pernah satu postingan, gw diminta untuk kasih foto lebih banyak lagii..

postingan tanpa foto sama dengan malas baca haha

gambar itu penting karena ngaruh ke SEO :D

Kalau buatku, foto pelengkap artikel sangat penting,mas.
Foto akan melengkapi gambaran pembaca ke lokasi wisata.

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *