Begini Cara Cepat Melunasi Hutang Dalam 1 Hari

Cara cepat melunasi hutang dalam 1 hari mungkin terbilang tak mungkin bagi sebagian dari kita. Namun, hal ini sebenarnya bisa dilakukan, asal kita menerapkan aneka tips berikut. Mungkin emang hutang kita takkan langsung lunas dalam satu hari, namun setidaknya akan lebih mudah bagi kita dalam mengembalikan pinjaman dana yang diperoleh dari pihak lain. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu kita agar lebih cepat dalam melunasi hutang.

1. Pikirkan Lagi Tujuan Berhutang

Agar bisa mudah melunasi hutang, saat mengajukan hutang kita harus pikirkan lagi tujuan dari pengajuan hutang. Apakah untuk membiayai kebutuhan mendesak, dijadikan investasi atau hanya sebagai pemenuhan kebutuhan yang sifatnya konsumtif? Tujuan investasi atau pembiayaan kebutuhan mendesak akan membuat kita lebih mudah melunasi hutang nantinya, sementara pemenuhan kebutuhan konsumtif justru bisa membuat kita menumpuk lebih banyak hutang ke depannya.

2. Hutang Harus Dibayar

Seringkali orang merasa bahwa masalah finansialnya selesai setelah mereka mendapat pinjaman dana. Padahal, selama hutang tersebut belum lunas, maka masalah finansial mereka belumlah selesai. Cara cepat melunasi hutang dalam 1 hari berikutnya adalah memahami bahwa kita harus membayarnya tepat waktu. Kita juga harus mempersiapkan diri untuk mencicil pembayarannya serta menyisihkan sebagian penghasilan untuk melunasi hutang.

3. Menabung Setelah Berhutang

Agar bisa melunasi hutang dengan cepat, penting bagi kita untuk berhemat setelah menerima pinjaman dana. Jangan malah berfoya-foya dengan dana pinjaman yang didapat, namun sisihkan sebagian dari pendapatan yang diperoleh tiap bulan untuk mengangsur pengembalian pinjaman. Masalah klasik orang-orang yang mengajukan pinjaman adalah menggunakan dana yang diterima untuk berfoya-foya dan lupa kalau mereka harus mengembalikannya. Akhirnya, yang terjadi adalah besarnya hutang kian menumpuk karena ada biaya keterlambatan yang harus dibayar di samping bunga dan besaran cicilan itu sendiri.

4. Pinjam Dana Sesuai Kebutuhan

Jika kita memang hanya membutuhkan Rp10.000.000, misalnya, maka ajukan pinjaman sebesar itu, jangan lebih. Hitung secara cermat berapa dana yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu dan pinjam sesuai jumlah. Meminjam dalam jumlah yang terlalu banyak mungkin tampak menggoda, apalagi ditambah pikiran bahwa sisa pinjaman nantinya bisa ditabung. Namun, makin besar jumlah pinjaman berarti makin besar pula jumlah uang yang harus dikembalikan nantinya. Melunasi pinjaman akan makin ringan jika jumlahnya sedikit.

5. Pilih Tempat Pinjaman Yang Sesuai

Ada tempat peminjaman dana yang menerapkan bunga kecil, namun ada juga yang bunganya besar. Makin besar bunga serta biaya lain seperti administrasi, keterlambatan dan lain-lain tentu akan membuat jumlah uang yang harus dikembalikan semakin bertambah besar. Kita harus bisa memilih tempat peminjaman dana yang sesuai. Di antaranya adalah tempat yang menawarkan bunga kecil, biaya administrasi rendah dan persyaratan lain yang akan memudahkan kita dalam mengangsur pengembaliannya. Kita bisa meminjam di koperasi, pegadaian, bank, lembaga peminjaman uang online hingga meminjam pada teman atau saudara. Pilih tempat yang menurut kita paling nyaman dan menguntungkan.

Demikian adalah beberapa cara cepat melunasi hutang dalam 1 hari. Dengan menerapkan aneka cara di atas, akan lebih mudah bagi kita dalam mengembalikan pinjaman dana yang didapat dari pihak lain, seperti bank, koperasi, hingga teman dekat atau saudara. Pengembalian dana tepat waktu akan membuat kita bisa dipercaya saat hendak meminjam dana di lain waktu serta menjaga tali silaturahmi.

16 Komentar

Hutang itu membuat gelisah di malam hari, dan menjadi hantu di siang hari. Bener kata mas nih, paling penting bagaimana caranya melunasi hutang itu. Kalau bisa sih hutangnya jangan gede nanti malah susah balikannya, mesti dipikir dululah sebelum mengajukan langkah mengutang.

gara-gara hutang saya tiap bulan nggak tenang, tapi memang perlu konsisten dan utamakan baayr utang pas dapat rejeki, semakin ditunda semakin seret rezekinya...

memang utang selalu menyulitkan bro pelik banget saya mengalami hal itu sekarang, saya setuju sih no 2 hutang harus dibayar meskipun dengan nyicil gpp lah selama tidak memberatkan pemberi hutang namun harus sadar diri kalau yang memberi hutang lagi butuh jangan pura-pura gak ada duit wwkwk

Iya benar banget, terkadang orang mikir setelah dapat pinjaman uang hidupnya udah selesai. Padahal ada hutang yang harus dibayar. Dan kalau masih banyak hutang itu rasanya hidupgak tenang sih bagi sebagian orang dan ada yang malah biasa aja kalau numpuk hutangnya. Kembali lagi ke pribadi masing-masing..


Dan apalagi kalau hutangannya pakai bunga gede, wah makin banyak tuh yang harus dibayar. wkkwkw

Gue sih sebisa mungkin jangan sampe berhutang, ya walaupun klo udah kepepet bgt ya ngutang. Hehe

Tapi sebisa mungkin minimal ke temen atau saudara. Klo ke bank mah banyak bunganya .hehe

Ya selama nggak perlu berhutang nggak usah berhutang lah ya,,,hidup tenang tidur nyaman :D

Iya bener selagi ga butuh-butuh amat diusahakan sih jangan berhutang hehehe

Nah itu, jangan sampai kayak lagu Rhoma Irama, gali lubang tutup lubang

Nah itu... yang penting jangan terlalu banyak utang, hehe

Jangan sampai gak dibayar, nanti makin numpuk ke belakangnya. Hehe

Bener banget nih, kalau yang ada sanksi telat jangan sampai telat. Yang ada makin banyak nanti bayarnya

Kebebasan finansial banget mbak kalau gak berhutang :D

Mungkin judulnya lebih pas kalo merenungkan. Bukan cara cepat melunasinya. Karena dalam 1 hari, jika hanya melakukan poin diatas, belum tentu kita akan membayarnya kecuali mempunyai niat. Itu aja sih, solusinya..

Hm.. bisa juga ya, emang niat itu paling penting dah

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *