Online Shopnya Dipilih, Dipilih!

Online Shop Indonesia
Di zaman yang serba instan, berbelanja pun perlu seperti itu. Kebanyakan orang lebih memilih berbelanja online daripada harus berlelah-lelah dengan pergi ke toko offline. Ini membuat menjamurnya Online Shop Indonesia mulai dari yang kecil seperti ada di berbagai media sosial sampai yang besar dan bisa dibilang sebagai “mall digital”. Toko online tentu juga lebih untung. Hanya perlu modal kuota internet dan smartphone atau laptop, kita bisa berjualan. Tidak ada biaya untuk sewa gedung atau bahkan stok barang. Tapi, amankah semua online shop tersebut?

Cara Memilih Online Shop Indonesia yang Terpercaya

Tidak semua toko daring di Indonesia bisa dipercaya. Kalau tidak hati-hati saat berbelanja, bukannya untung kita malah bisa bunting, eh buntung. Memang benar dengan berbelanja secara online kita tidak perlu bergerak dari rumah. Ini tentu menghemat tenaga dan waktu. Tapi dengan tidak mendatangi toko fisik alias belanja online, banyak bahaya mengintai. Beberapa di antaranya barang yang tidak sesuai dengan permintaan atau bahkan penipuan. Wah, jangan sampai kita mengalami hal tersebut!

Tapi jangan terlalu risau, ini bukan berarti berbelanja online itu tidak dianjurkan. Tidak sedikit toko online yang terpercaya. Berikut aku berikan cara-cara agar bisa memilih toko online yang terpercaya.

Testimoni Pembeli

Testimoni adalah salah satu cara untuk melihat apakah toko tersebut bisa dipercaya atau tidak. Jangan asal melihat testimoni. Kadang, pujian yang diunggah oleh penjual bisa saja hanya settingan atau malah palsu. Komentar-komentar di website atau media sosial mereka pun bisa saja sengaja ditulis oleh orang yang sudah disuruh. Carilah review dari orang-orang sekitar seperti keluarga atau teman. Tentu inn lebih dapat dipercaya. Apabila memang tidak ada, bisa mencari di blog-blog. Walaupun beberapa bloger memang dibayar untuk memberikan testimoni, biasanya mereka lebih bisa dipercaya karena reputasi blog juga dipertaruhkan apabila mereka menyarankan online shop abal-abal.

Cek Keamanan Situs

Apabila membeli di online shop melalui sebuah situs. Pastikan alamatnya menggunakan https://, huruf ‘s’ di situ berarti secure atau aman. Ini artinya apabila suatu situs memerlukan login untuk berbelanja, dengan adanya huruf ‘s’ pada alamatnya, menandakan data kita terjamin keamanannya. Tentunya tidak aman 100% tapi paling tidak kemungkinan disalahgunakan sangat kecil. Apabila berbelanja melalui online shop di media sosial, pastikan follower, like, dan komentar berimbang. Apabila ada toko yang punya follower ribuan tapi like hanya puluhan, bisa jadi ia hanya membeli follower. Ini tidak mengindikasikan suatu toko itu penipu, tapi tentu perlu hati-hati. Lebih baik toko yang jumlah pengikut dan like dari tiap postingannya tidak beda jauh. Hal tersebut mengindikasikan follower memang benar-benar pembeli.

Simpan Selalu Struk Pembayaran

Setelah ada testimony dari pembeli yang kuat dan keamanannya mantap, kita masih harus waspada. Berbelanja online berbeda dengan belanja langsung yang langsung bisa mendapatkan barang. Ada waktu antara pembelian dan waktu barang sampai. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, penting untuk menyimpan struk pembayaran. Ini agar ketika barang tidak sesuai keinginan (cacat, berbeda dari gambar, dan lainnya) atau tidak sampai dalam waktu yang lama, kita bisa klaim kepada online shop bersangkutan.

Di atas beberapa cara yang bisa diterapkan sebelum berbelanja di toko online. Menjamurnya online shop Indonesia membuat kita punya banyak pilihan. Cara-cara di atas adalah salah satu hal yang bisa dilakukan agar tidak salah pilih. Jadi, selamat berbelanja!

2 Komentar

Setuju, Mas. Memang gitu sih,survei seperti itu memang perlu. Agar tak terjadi ksalahan yg fatal. Terlebih soal testimoni yg udah beli, kalau testinya baik. In shaa Allah baik itu toko :)
Terima kasih, sharingnya, Mas..

Setuju ga setuju sih. Karena dari sistem perbelanjaan manapun ada plus minusnya. Hanya saja, kalo beli online ngga perlu repot lagi~

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *