Mengatasi Error Proxy Internet

Kemarin tiba-tiba sesuatu terjadi di browserku, ketika aku mencoba untuk berselancar di dunia maya, muncul gambar itu di browser. Aku kira awalnya Google Chromeku bermasalah, tapi setelah kucoba di Internet Explorer dan Mozilla Firefox, hasilnya sama aja. Padahal, aplikasi Line bisa berjalan dengan lancar. Ternyata, ada kesalahan di proxy.

Apa itu Proxy?

Proxy adalah suatu server yang memberikan layanan untuk meneruskan setiap akses ke server lain di internet. Proxy membuat identitas ketika berselancar di dunia maya berupa IP menjadi tersembunyi. Ini karena server mengenali kita dari IP server proxy, bukan server kita sendiri.

Salah satu kegunaannya adalah untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau menghindari pemblokiran akses ke suatu server. Hal ini tentu berguna untuk keamanan data kita. Proxy mirip dengan VPN, cara kerja keduanya pun mirip. Tapi, VPN lebih "aman" karena menyembunyikan data kita secara keseluruhan.

Mengatasi Proxy Error

Kadang, proxy yang servernya tidak aktif membuat kita malah tidak bisa berselancar di internet. Selama seharian, banyak cara yang kucoba untuk memperbaikinya namun tidak ada perkembangan. Awalnya kukira ada malware yang mengatur proxy tertentu sehingga aku tidak bisa mengakses internet. Setelah menyalakan antivirus, ternyata komputerku aman.

Aku menyerah, aku biarkan hari itu browserku bermasalah. Besoknya, aku mencoba lagi untuk browsing dan hasilnya sama saja. Akhirnya aku berusaha mencari lagi cara lain. Cara yang berhasil membuatku mengatasi masalah proxy ternyata berada di setting umum komputer. Sekadar informasi, aku menggunakan Windows 10, bagi yang memakai Operating System lain silahkan menyesuaikan. Jadi, caranya adalah:

  • Klik ikon windows dan huruf "I" di keyboard bersamaan. Nanti akan muncul halaman setting. Ada beberapa cara sebenarnya untuk pergi ke halaman setting, seperti pergi ke bagian search dan ketik "setting".
  • Ketika masuk ke pengaturan, klik Network & Internet
  • Klik bagian Proxy
  • Pastikan semua menjadi off, kalau dalam kasusku, manual proxy setup dan automatically yang tersetting on, lalu kuubah off.
Apakah masalah selesai? Belum. Setting tersebut tidak tersimpan di komputerku dan selalu kembali ke setting awal sehingga aku tetap tidak bisa berselancar ria. Apa yang harus kulakukan? Bagi kalian yang mengalami hal yang sama, mengatasi setting proxy yang tidak bisa disimpan ini ternyata cukup mudah, yaitu:
  • Klik ikon windows dan huruf "I" di keyboard bersamaan. Nanti akan muncul halaman run.
  • Ketik regedit lalu OK
  • Cari “ProxySettingsPerUser” yang ada di bagian : HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Policies\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Setting lalu klik
  • Ganti angka 0 menjadi 1
  • OK
  • Kalau masih belum bisa berubah, silahkan restart computer
VOILA!

Kalian bisa berinternet lancar lagi. Apabila masih ada masalah dengan proxy ketika memakai cara ini, silahkan tuliskan di komentar. Bisa juga kalian menghubungiku di twitter atau instagram.

6 Komentar

Beuuhhh qi.. ga tau berapa kali kejadian begini di netbookku. Error proxy. Nyebelin ya. Tapi aku bisa balikin jadi bener lagi untungnya meski kalo diminta jelasin ya lupa lagi juga caranya. Postinganmu aku save ya. Buat jaga jaga siapa tau kejadian lagi di aku. Postingan yg sngat bermanfaat :)

oalah ternayta ada yang harus disetting toh, aku juga pernah nih kayak gini, cuma ga tak apa2in hehee

Wah ini pengalaman nih gue dulu leptop gue gak bisa dipakai buat internetan sampai bingung setengah mati akhirnya gue tahu ternyata masalah proxy gue benahi sendiri dan browsing di hp caranya akhirnya bisa digunakan lagi. Mungkin postingan mu ini akan berguna untuk seseorang di kemudian hari qi. Amin :)

Sebagai orang yang tidak asing dengan hal seperti ini merasa terpanggil. Tutorialnya sangat membantu. Tapi, saya lebih senang pake VPN buat streaming~

Belum pernah punya pengalaman proxy error kayak gini tapi jadi tahu cara mengatasinya setelah baca postingan ini. Thanks informasinya ya.

Pencerdasan yang sangat bermanfaat. Karena kerap kali juga suka kejadian nih. Terlebih laptop yang saya gunakan laptop cukup lawas. Dan kalau berbicara soal proxy, yang terbayang adalah film wreck it ralph 2 hahaha.

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *