UAS Semester Lima Bagian Kedua

Setelah empat mata kuliah (matkul) sudah di bahas di bagian pertama, waktunya kita melanjutkan matkul sisanya.

Akuntansi Keuangan Lanjutan

Seperti yang pernah kubilang di bagian sebelumnya, sejak semester satu kami sudah dicecoki dengan pelajaran akuntansi seperti Pengantar Akuntansi dan Akuntansi Keuangan Menengah. Tentunya dengan teman-temannya. Tidak seperti matkul sebelumnya yang berpedoman pada buku Kieso, kali ini lebih berfokus pada PSAK.

Dosen mata kuliah ini berasal dari universitas lain. Beliau sangat keibuan, cara mengajarnya pun sangat terlihat begitu kalem. Salah satu yang kusuka adalah di beberapa kali kesempatan beliau mengakhiri kelas dengan memberikan presentasi motivasi.

AKSK (Audit Keuangan Sektor Komersial)

Mata kuliah audit adalah matkul yang mengetes pemahamanmu mengenai berbagai mata kuliah di semester sebelumnya. Di sini akan dipelajari asal muasal dari opini auditor (Wajar Tanpa Pengecualian, Wajar Dengan Pengecualian, Tidak Wajar, Disclaimer).

Materi satu semester dipadatkan di pertengahan sebelum semester, setelah Ujian Tengah Semester (UTS) kami diajarkan cara menjadi auditor. Ada satu paket buku praktik audit yang berisi satu siklus audit. Sehabis UTS sampai pertemuan terakhir, setiap pertemuan diisi dengan presentasi masing-masing kelompok mengenai penyelesaian kasus dalam tahap-tahap audit.

PPnBM dan PTLL (Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Tidak Langsung Lainnya)

Sebagai anak perpajakan, tentunya mata kuliah pajak adalah pelajaran yang mesti kami pelajari dengan detail. Setelah belajar PPN pada semester sebelumnya, kali ini dilanjutkan dengan PPN khusus untuk barang mewah dan pungutan lain. Di matkul ini, selain belajar mengenai tarif dan barang-barang mewah, ada juga fasilitas-fasilitas PPN dan penjelasan mengenai Bea Materai.

Dosenku adalah Kaprodi D3 Pajak, cara mengajar beliau cukup menarik. Penjelasan mengenai konsep yang dipaparkan mampu kutangkap dengan baik. Hal lain yang kusuka adalah pertunjukkan di pertemuan terakhir. Setelah mereview materi sebentar, sisa perkuliahan pertemuan terakhir adalah bersenang-senang. Mahasiswa menyuguhkan berbagai penampilan seperti menyanyi dan komedi. Sebelum menutup perkuliahan, beliau juga memberikan petuah mengenai jalan hidup ke depan, mengingat kami adalah mahasiswa tingkat akhir. Tinggal satu semester menuju finish.

OTK (Organisasi dan Tata Kerja)

Ini adalah mata kuliah terakhir semester ini. Matkul ini berbicara mengenai instansi tempat kami bekerja, Kementerian Keuangan. Melalui OTK, aku jadi tau struktur organisasi yang sekarang dibawahi Ibu Sri Mulyani. Masalah mengenai ASN juga secara umum dipelajari di sini.

Salah satu tugas di matkul ini adalah Studi Lapangan ke kantor-kantor yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Ada yang pergi ke Kantor Pusat DJP, Kantor Wilayah (Kanwil), dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Aku dan teman kelompok ditugaskan ke KPP Gambir Tiga. Tugas ini menjadi landasan ketika aku pada awal semester enam nanti akan menjalani (Praktek Kerja Lapangan), karena di sini kami terjun langsung melihat pekerjaan di tempat kami nanti PKL.

Alhamdulillah, delapan matkul pada semester ini telah kulewati. Artinya aku sudah menyelesaikan lima semester di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Waktu yang tidak sebentar, sudah banyak hal yang kulewati. Tinggal satu semester lagi untuk berjuang menghadapi berbagai tantangan di sini.

Mata kuliah semester enam sebenarnya hanya ada empat, yaitu Lab. PPN, Pemeriksaan Pajak, Analisis Laporan Keuangan, dan Bahasa Indonesia. Tapi ada tambahan tugas akhir yang bernama KTTA (Karya Tulis Tugas Akhir) dan juga PKL sebelum nanti masuk. Doakan kami bisa terus bertahan sampai Wisuda ya!

3 Komentar

asyik banget nih kuliahnya..
https://www.ipung.net

Salam hangat dari Unsika Karawang Bro
www.putraseptiana.com

Abis baca, jadi mikir, masuk STAN nggak ya? Pengen sih jadi pegawainya Bu Sri Mulyani sebab doi salah satu menteri favorit di Kabinet Kerja

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *