Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Bahasa Banjar : Handak

Setelah lama terkubur, ulun mau kembali melanjutkan pelajaran Bahasa Banjar. Pelajaran ini sempat tertunda selama tiga tahun, semoga kali ini bisa berjalan lancar. Selain di blog ini, ulun juga akan membagikan kamus bahasa banjar di twitter, jadi kalau ada beberapa bahasa di sini yang pian semua tidak mengerti, bisa dilihat di twitter ulun.

Kali ini kita akan membahas satu kata baru, yaitu
Handak
1. (adv.) sungguh-sungguh suka hendak; suka akan: ulun -- lawan pian;
2. (adv.) akan; hendak: mama -- ka pasar;
3. (n.) maksud:  -- nya kaini;
 Secara umum, kata "handak" ini sinonimnya adalah "mau". Tapi, biar lebih jelas, akan ulun jabarkan disini.

  1. Kata ini bisa digunakan ketika kita ingin menyatakan suka terhadap sesuatu. Contoh di atas adalah ketika kita menyatakan rasa suka terhadap seseorang.
  2. Kata ini juga bisa digunakan ketika ingin pergi ke suatu tempat. Seperti contoh di atas.
  3. Selain itu, kata ini juga bisa digunakan ketika ingin menyampaikan sesuatu.
Apakah masih ada kebingungan memakai kata "handak"? Silahkan komentar kalau ada yang ingin ditanyakan.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

6 komentar untuk "Kamus Bahasa Banjar : Handak"

  1. Yess, sudah paham maksud dan penggunaannya kata 'handak' dalam bahasa Banjar. Yang memang tidak terlalu jauh makna dan penggunaannya seperti kata 'hendak' dalam bahasa Indonesia ya.

    BalasHapus
  2. Mas, suamiku kebetulan orang Banjar, mertuaku juga. Mama mertua dari Rantau, Ayah mertua dari Pelaihari. Ketika mudik atau sedang ketemu, mereka pasti pakai bahasa banjar sedangkan aku jadi pendengar yang baik, hahaha. Bisa sih beberapa kata, kayak kadida, pian, ulun, baimbai, gani'i, sama handak ini juga aku tau. Makasih ya mas, jadi kangen makan Soto Banjar ini aku

    BalasHapus
  3. Dulu molly pernah punya pacar onlen orang banjarmasin pas smp. Dia ngomongnya lucuu kayak gini. Btw dia orang banjarbaru. Bahasanya menarik. Kpn nih bisa traveling ke sana,?

    BalasHapus
  4. Halo mas rifki salam kenal dari Banjarmasin. Nggak nyangka bakal ketemu blogger banjar lagi di sini. Hihi. Keren nih postingannya tentang bahasa banjar jadi bisa mengenalkan bahasa daerah kita ke blogger lain

    BalasHapus
  5. Wahhh tadi aku mau liat yang twitter, tapi pas klik link twitternya seperti kena suspend ya akunnya, pesan error muncul: This Tweet is from a suspended account. hhu

    BalasHapus