Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara LG Berinovasi di OLED TV

TV OLED adalah salah satu kategori dari jenis layar TV yang berseliweran di pasaran sekarang. Kualitas gambar dari layar OLED jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan TV LED. Kalau ditanya salah satu vendor yang memiliki TV OLED terbaik di dunia, tentu jawabannya adalah LG. LG terus mengembangkan produk mereka dengan menambahkan berbagai teknologi terbaru. Sebelum lanjut membahas lebih dalam, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Apa itu OLED?

OLED merupakan singkatan dari Organic Light Emitting Diode. OLED dibuat dengan senyawa organik dan akan menyala ketika dialiri listrik. Mekanisme pada OLED sebenarnya mirip atau bahkan bisa dibilang sama dengan LED, namun layar OLED dapat dibuat dengan ukuran sangat tipis, fleksibel, dan bahkan bisa digulung. Pixel-pixel di layar OLED dapat menyala dan mati secara independen sehingga ketika pixel OLED dimatikan warnanya benar-benar hitam.

Kehadiran Layar OLED pertama kali adalah pada tahun 2013. Sejak saat itu, layar ini terus berkembang hingga kini. Laporan Futuresource Consulting menyebutkan bahwa penjualan TV pada tahun lalu naik 3% dengan nilai yang juga naik sebesar 7%. Salah satu pendorongnya adalah penjualan TV premium seperti OLED yang meningkat.

Sekarang ini beberapa vendor elektronik sudah mulai melirik layar OLED untuk digunakan pada produk TV mereka. Beberapa diantaranya adalah Philips, Sony, atau Panasonic. Mereka sudah memperkenalkan TV OLED ke pasaran. Namun apabila sudah berbicara mengenai TV OLED, tidak mungkin lepas dari yang namanya LG. Ini karena LG satu-satunya perusahaan yang memproduksi panel OLED untuk perangkat TV melalui anak perusahaan LG Display.

Selain memiliki TV OLED yang bervariasi, LG juga terus dengan mengembangkan teknologi-teknologi baru. Apa saja teknologi baru di TV OLED LG?

Teknologi Canggih di TV OLED LG

Teknologi yang pertama dari OLED TV LG terbaru adalah adanya  teknologi Artificial Intelligence (Ai). Penggunaan kecerdasan buatan ini bukan hanya tentang ketersediaan platform (Google & LG ThinQ), namun bekerja pada peningkatan tampilan atau gambar dan suara. Teknologi AI ini pusatnya ada pada penggunaan prosesor Alpha 9 Gen 2. Prosesor ini merupakan prosesor cerdas α (Alpha) 9 generasi kedua dari perusahaan yang memiliki algoritma pembelajaran yang mendalam.

Letak kepintaran prosesor generasi kedua LG ini ada pada algoritma khusus dengan kemampuan belajar (deep learning) yang memberi dukungan peningkatan pada sisi visual dan audio untuk memberi pengalaman sinematik lebih menyeluruh.

Dari sisi visualnya, prosesor ini mempunyai bekal jutaan basis data terkait berbagai informasi visual. Hal ini membuat prosesor Alpha Gen 2 bisa mengenali berbagai kualitas konten asal yang kemudian bekerja dengan pilihan metode terbaik agar dapat mengoptimalkan tayangan pada layar. Prosesor ini juga mempunyai sensor khusus yang mampu mengukur tingkat pencahayaan ruang sebagai dasar mengoptimalkan kecerahan layar dan perbaikan detail gambar pada bagian yang dibutuhkan.

Kemampuan mengoptimalkan tingkat kecerahan yang berbeda menyesuaikan dengan pengaturan pencahayaan ini juga hadir ketika menayangkan konten High Dynamic Range (HDR). Buat ngedukung hal tersebut, LG tetap mempertahankan teknologi Dolby Vision dalam jajaran TV premium terbarunya ini.

Selain sektor visual, algoritma prosesor Alpha Gen 2 LG ini juga bekerja di sektor audio untuk memuaskan penggunanya. Salah satu yang ditawarkan adalah nuansa bunyi lebih kaya. Hal ini bisa diwujudkan dengan peningkatan secara virtual sistem audio 5.1 surround sound dari sistem audio 2.1 miliknya. Prosesor ini juga mempunyai kemampuan mengidentifikasi bunyi berdasarkan ragam konten. Kemampuan ini membuatnya dapat mereproduksi bunyi lebih baik.

Sebagai hasilnya, TV bisa menghadirkan efek suara lebih dramatis pada tayangan film aksi. Kalau dari tayangan musik, suara vokal penyanyi akan terdengar lebih jelas. Adanya prosesor pintar ini juga membuat TV LG dapat memberikan tingkatan keluaran audio optimal yang menyesuaikan dengan penempatan dan posisi penggunanya. Selain itu, LG juga memastikan tetap mempertahankan penggunaan teknologi Dolby Atmos untuk memperkuat audio TV terbarunya ini dalam memberikan keluaran audio yang lebih realistis.

Kelebihan TV OLED LG

Untuk sekarang, prosesor α9 Gen 2 sudah digunakan dalam seri TV OLED Z9, W9, E9 dan C9. Khusus ini seri 8K 88-inch Z9, penggunaan prosesor menawarkan kemampuan pemrosesan yang lebih tinggi untuk menghadirkan kualitas gambar 8K paling realistis yang membuatnya terlihat tajam, jelas, dan terperinci.

Di pasar Indonesia sendiri, LG sudah merilis beberapa varian TV OLED Seri 9 (B9, C9, W9). TV OLED LG C9 sudah mendapatkan apresiasi dari Cnet sebagai TV OLED dengan kualitas gambar terbaik yang pernah ada.

Kalau kelebihan yang dimiliki TV OLED LG C9 itu apa aja? Nah ini dia:

  • Desainnya yang sangat tipis membuatnya mudah menyatu dengan ruangan rumah
  • Berbagai pilihan ukuran layar mulai 55’ – 77’
  • Sudah menggunakan prosesor cerdas α9 gen 2 / α7 gen 2 (model B9) yang akan menghasilkan gambar detail dan pengaturan suara terbaik.
  • Dibekali LG ThinQ AI. Ini akan membuat pengguna bisa melakukan banyak hal dengan suara audio terbaik dari Dolby Atmos yang memberi keluaran audio bertenaga dan bergerak seakan suara berada di sekitar pengguna
  • 4K Cinema HDR LG didukung dengan berbagai format HDR, HDR10 Pro dan HLG Pro
  • Pengelolaan kabel yang tersusun rapi agar terlihat bersih dan tidak berantakan

Kalau tertarik dengan TV OLED dari LG, sekarang adalah waktu yang tepat. LG sedang ngadain promo OLEDPhoria berhadiah langsung e-voucher hingga 1 juta rupiah. Hadiah ini bisa langsung didapatkan untuk setiap pembelian semua TV OLED LG selama masa promo yaitu dari 30 Juli 2019 sampai dengan 31 Agustus 2019.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

7 komentar untuk "Cara LG Berinovasi di OLED TV"

  1. Aku suka tulisan review kamu, cara penjelasannya baik, pokoknya semangat menulis :)

    BalasHapus
  2. Semoga dengan tulisan ini banyak orang orang yang akan termotivasi untuk menulis dan semakin banyak yang memakai produk produk yang berkualitas seperti LG ini terima kasih (twitter:ONE_ITMANDA)

    BalasHapus
  3. Suka ama tulisan review kamu, bahasanya mudah dimengerti, pokoknya SEMANGAT KAK NULISNYA, semoga lbh baik lg nulis untuk kedepannya

    BalasHapus
  4. Semangat menulisnya ya. Aku suka baca review kamu. Bahasanya mudah dimengerti.

    BalasHapus
  5. Wah review nya sangat membantu kak, lanjutkan terus ya biar banyak orang terbantu dan gak galau lagi kalau mau beli tv. Tulisannya menarik dikemas dengan bahasa yg segar. Sukses terus kak.

    Twitter: @jamaisvu1297

    BalasHapus