Rapat Pertama Menuju Puncak

Villa di Puncak
Bintaro hari ini panas seperti biasa. Jalanan ramai seperti hari pada umumnya. Memakai kemeja di siang bolong sambil berjalan di pinggir jalanan Bintaro membuatku basah, oleh keringat. Saat berada di kondisi seperti ini, pikiranku melayang ke puncak. Membayangkan sejuknya udara saat berada dalam villa di puncak sambil bersantai menikmati indahnya pemandangan.

Awal berada di Bintaro, aku merasa kagum dengan kota ini. Bagi, sebagai anak kampung yang jarang melihat gedung pencakar langit dan padatnya kendaraan, keindahan ini setara dengan hijaunya pemandangan yang setiap hari kuliat setelah bangun tidur.

Tapi seiring berjalannya waktu, aku sadar bahwa hijau walau gelap dalam desa tetap jauh di atas gemerlap dan pekatnya kota. Aku butuh liburan!

Aku adalah mahasiswa diploma dan sedang disibukkan dengan Tugas Akhir. Anak sarjana mengenal hal ini dengan Skripsi. Satu hal yang membuat semester ini cukup berat adalah adanya kuliah di tengah pembuatan Tugas Akhir. Ya, selain harus memutar otak membuat Tugas Akhir, kami juga harus berkuliah seperti biasa. Termasuk juga ujian.

“Ada hotel murah di puncak. Gas gak nih?” tiba-tiba sebuah chat di grup bernama Jamah muncul. Emoticon gambar gas langsung bermunculan di bawahnya. Kami semua butuh liburan, inilah jawabannya.

Sehari setelah chat tersebut, para anggota Jamah berkumpul dan merapatkan sebuah agenda penting, LIBURAN. Seperti rencana awal, tujuan kami adalah puncak. Sebelum mencari hotel di puncak yang murah seperti chat yang menginisiasi rapat ini, kami menjadwalkan tempat yang ingin kami datangi.

Ada tiga tempat yang hari itu kami sepakati, ini baru rencana awal. Tempat pertama adalah Curug Kembar. Bayangan menyejukkan diterpa tumpahan air mengisi kepala tiap orang ketika menyepakati tempat ini. Mungkin agak sulit melaluinya karena medan berbatu, tapi kami optimis bisa mencapai tempat ini.

Tujuan kedua adalah Taman Safari. Kenapa tempat ini? Salah satu peserta rapat hari itu memang sedang ngidam melihat gajah. Bukan hanya ingin menuruti kemauannya, mengingat selama di Bintaro hanya sering melihat kuda besi, mungkin saatnya melihat kuda nyata dan binatang selain yang berbahan besi.

Terakhir, kami memilih Citamiang. Selain bermain air dan melihat hewan, kami merasa perlu meregangkan otot dengan outbound. Citamiang kami pilih atas pertimbangan tersebut. Sebentar lagi kami akan lulus dan akan ada berbagai ujian fisik setelahnya, permainan di alam terbuka sepertinya bisa jadi pembuka latihan kami agar lebih kuat dari sebelumnya.

Tiga tempat di atas baru rencana, masih ada beberapa tempat yang ingin kami kunjungi tapi sekarang waktunya beralih pembahasan. Kali ini akan membahas tempat menginap di puncak. Temanku yang mengatakan punya saran hotel murah di puncak langsung membuka laman pegipegi di laptopnya.

Pegipegi merupakan salah satu tempat pemesanan akomodasi terlengkap. Mulai dari penginapan sampai transportasi bisa dipesan di sini, termasuk villa di puncak. Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap. Ada berbagai filter untuk mencari penginapan sesuai keinginan, bahkan beberapa informasi penting mengenai tempat yang ingin didatangi juga tersedia.

Setelah melihat-lihat sekilas pilihan hotel yang tersedia, kami memutuskan untuk mengambil tiga hotel teratas untuk dipilih lebih lanjut pada rapat selanjutnya. Memutuskan hotel yang akan dipilih di Pegipegi sangat mudah karena semua informasi tersedia lengkap. Ada ulasan dari pengguna lain, fasilitas yang tersedia di hotel, dan akses menuju lokasi.

Sepertinya cukup sampai sini dulu rekap rapat hari pertama. Di puncak sudah hampir subuh, kami mau siap-siap sarapan dan nantinya pergi ke Curug Kembar. Sepanjang malam temanku terus bercerita soal Gajah. Dia sangat kegirangan ketika tau tujuan pertama kami adalah Taman Safari.

Sampai bertemu lagi!
Baca lanjutannya →

Mari Jual Mobil di Belimobilgue

Jual Mobil Bekas Online
Sudah beberapa hari terakhir, ayah sering memandangi foto kakbah di ruang tamu. Tiap beliau melakukan hal tersebut, ibu entah datang darimana, memegang pundak beliau dan melakukan hal yang sama. “Aku tau tempat Jual Mobil Bekas Online,” ucapku hari itu. Sudah bosan aku melihat kedua orang tuaku melakukan hal tersebut.

“BENERAN, NAK!?” ucap kedua orang tuaku dengan wajah sumringah. Pandangan mereka berdua langsung teralih kepadaku. Aku mengangguk lalu mengajak mereka duduk bersama.

“Jadi begini, Pak, Bu,” ucapku sambil menyalakan laptop. Sambil menunggu laptop menyala, ayah memberi makan ayam di kandang itiknya sambal bermain catur dengan ikan-ikan di tambak yang ada di sebelahnya. Ibu menyiapkan makan malam satu kampung untuk acara sunatan adikku.

Laptop yang ditunggu akhirnya hidup dengan sempurna. Setelah tujuh purnama, semua nyawa laptop tercintaku akhirnya terkumpul dengan sempurna. Ayah ibu langsung kupanggil sebelum kembali termangu memandangi kakbah.
Mari-Jual-Mobil-di-Belimobilgue
“Ini namanya belimobilgue, Pak, Bu,” ujarku setelah membuka browser dan langsung membuka website tempat transaksi jual beli mobil secara online. Setelah itu aku menjelaskan kepada mereka tentang marketplace ini.

BeliMobilGue.co.id merupakan salah satu C2B Marketplace yang memiliki solusi nyata bagi orang-orang yang ingin membeli maupun menjual mobil bekas. Transaksi di marketplace ini hanya memakan waktu satu jam dengan proses yang aman dan nyaman.

Cara pemakaian marketplace ini pun cukup mudah. Bagi yang ingin melakukan penjualan mobil, cukup melakukan tiga langkah mudah, yaitu:
1. Estimasi Harga

Setelah berada di website, silahkan mengisi data mobil yang ingin dijual. Nantinya akan ada perkiraan harga awal mobil tersebut. Apabila setuju dengan harga tersebut, pemilik mobil bisa membuat janji pengecekan kondisi kendaraan. Pengecekan bisa dilakukan di lebih dari 30 lokasi di Jabodetabek. Pemilik mobil bebas memilih tempat, tanggal, dan waktu yang diinginkan.

2. Inspeksi Mobil

Pengecekan akan dilakukan di satu dari 300 titik cabang inspeksi yang dilakukan oleh inspektur berpengalaman. Waktu pengecekan berlangsung sekitar 30 menit. Pemilik mobil bisa menunggu sambil menikmati secangkir kopi di ruang tunggu yang nyaman. Jangan lupa untuk membawa seluruh dokumen dan barang yang diperlukan saat inspeksi. Dokumen dan barang tersebut adalah:
- Dokumen asli (STNK, BPkB, SPH, Faktur)
- Plat asli nomor kendaraan
- Buku garansi dan dokumentasi riwayat servis
- Kunci serep atau cadangan
Dokumen dan barang tersebut harus dibawa agar proses inspeksi bisa berjalan. Barang lain yang sangat harus dibawa adalah mobil yang dijual. Tentunya inspektur berpengalaman dalam mengecek kondisi mobil, apa yang ingin dicek apabila mobil tidak dibawa? Tidak mungkin mantan.
Lokasi-Inspeksi-Belimobilgue
3. Siap Jual

Setelah proses inspeksi dilakukan, pihak belimobilgue akan melakukan penawaran akhir. Apabila setuju dengan kesepakatan tersebut, maka mobil siap untuk dijual. Marketplace ini akan mengurus dokumen yang diperlukan dan memastikan pembayaran akan ditransfer ke rekening dalam waktu satu jam.
“Nah, begi…” ucapanku terpotong karena ayah ibu tidak ada lagi di ruang tamu. Dari depan kudengar suara klakson mobil.

“Mau ikut gak?” teriak ayah dari luar. Aku bergegas keluar dan masuk ke dalam mobil.

“Semua dokumennya ud…”

BREK!

Belum sempat kuselesaikan pertanyaan, ibu langsung memberikan satu map penuh berkas, “Coba kamu cek,” kubuka map tersebut dan setelah pengecekan dengan saksama, aku mengangguk kepada mereka berdua.

“Sip, waktunya berangkat!” ketika ayah ingin menginjak gas, aku bertanya,

“Emangnya ayah udah tau mau inspeksi dimana?”

“Lah, siapa yang mau inspeksi? Ayah mau beli pigura baru buat kakbah di ruang tamu.”

“Hah? Terus ini dokumen buat apa?”

“Itu dokumen mobil temen ibumu. Pas kamu jelasin tentang tempat jualan mobil bekas, ibu inget temennya yang nitip jualin mobil. Nah rencananya habis beli pigura, kita ke tempat temen ibu terus kamu jelasin lagi yang tadi. Ayolah berangkat sekarang, nanti ayah lupa lagi ukuran piguranya.”
Baca lanjutannya →

Mengirim Rindu dengan Alfatrex Berbagi

“Kak, ulun handak beng-beng, tukarkan pang.” (“Kak, aku mau beng-beng, beliin dong.”)

Itu sepotong percakapan dengan adik kecilku kemarin. Adikku lumayan menggemaskan, apalagi sekarang dia baru masuk kelas satu SD, memang lagi dalam fase imut-imutnya. Sayangnya aku tidak bisa setiap hari bercengkrama dengannya, jarak memisahkan kami. Ya, beginilah nasib anak rantau.

Walaupun tidak bisa tiap hari bermain bersama, kami sering mengobrol via telepon atau video call. Kadang dia malu, kadang dia mau. Namun aku tau ia sangat rindu padaku. Sama seperti diriku rindu padanya. Aku ingat ketika pulang kampung saat lebaran, ia begitu senang aku datang. Saat aku harus kembali ke perantauan, dia menangis.

Hari itu dia sekolah, hari pertama dia masuk SD. Ada sedikit penyesalan tidak bisa mengantarkannya di hari pertama SD. “Kakak kada kawa meantar ulun ke SD lo esok?” (“Kakak gak bisa nganterin aku ke SD kan besok?”) begitu katanya lirih sehari sebelum aku pulang. Ah, mengingatnya saja membuatku ingin menangis.

Saat hari kepulanganku, dia menyendiri di dalam kamar. “Rif, ading kam menangis tuh,” (Rif, adikku nangis tuh,”) kata ibu. Kuintip ke kamarnya, dan benar dia sesenggukan. Ketika sadar aku mengintip, dia menyuruhku pergi. Dia tidak mau terlihat menangis di depanku. Edisi pulang kampungku sebelumnya dia juga menangis, tapi kala itu setelah aku sudah di perantauan.

Kembali ke hari kemarin. Sudah seminggu sejak pulang, adik kecilku kembali ceria. Salah satu permintaannya adalah percakapan di awal postingan ini, beng-beng. Orang rumah sebenarnya bisa membelikan cemilan itu, tapi dia ingin aku yang memberi. Bagaimana caranya?

“Pake alfatrex aja mas,”

Itu jawaban yang diberikan mbak-mbak Alfamart. Iya, setelah permintaan tentang beng-beng, aku langsung meluncur ke Alfamart dan membelikan cemilan itu. Lalu bertanyalah aku kepada kasir tentang permasalahan yang kuhadapi.

Alfatrex adalah jasa pengiriman paket melalui Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan. Adanya Alfatrex bisa memudahkan kita berbagi kebaikan dan kebahagiaan. Setelah belanja, kita bisa langsung mengirimkan kepada siapapun yang dimau. Ya, tidak perlu beranjak dari tempat belanja untuk mengirimkan barang.

Pemakaian jasa ini sangat mudah, kita tinggal mendownload aplikasi Alfatrex di smartphone atau melalui website. Aku memilih memakai aplikasi untuk menuntaskan misi dari adik kecilku. Nah, bagi yang ingin bersama memeriahkan Alfatrex berbagi kebaikan, caranya adalah:
1. Silahkan membuat akun terlebih dahulu
2. Setelah akun sudah dibuat, silahkan pilih kirim sekarang
3. Silahkan pilih sesuai keinginan. Aku memilih dari Toko ke Rumah karena Sekarang berada di Alfamart dan tentunya ingin mengirimkan langsung ke rumah
4. Isi data pengirim, penerima, data paket, dan jenis jasa pengiriman lalu klik lanjutkan
Nah, kalau sudah sampai di tahap ini, kalian sudah memiliki kode booking dan siap mengirimkan barang. Tinggal kemas paket yang dipunya lalu tunjukkan kode booking kepada kasir Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan.

Alfatrex menjadikan kebaikan lebih cepat disebarkan dan kebahagiaan lebih gampang diteruskan. Satu yang pasti, misi beng-beng kepada adikku telah tuntas dijalankan. Misi ini tidak hanya mengantarkan sepotong makanan, tapi juga sepenuhnya rasa rindu kakak kepada adik.
Di beberapa kesempatan, Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan memberikan bonus ketika mengirimkan barang melalui Alfatrex. Ini bisa daya tarik tambahan bagi kalian yang ingin berbagi bersama Alfatrex. Tidak ada alasan lagi untuk membagikan kebahagiaan lewat Alfatrex.
Baca lanjutannya →

Melihat Perbatasan melalui Rumah Merah Putih

Resensi Film Rumah Merah Putih
 Saya Rifqi, papa Jawa, mama Banjar, saya Indonesia!

Di bulan ini, sineas tanah air kembali menghadirkan film yang membangkitkan rasa nasionalisme. Film garapan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen ini berjudul "Rumah Merah Putih". Film kesembilan Alenia Pictures ini berfokus pada dua sahabat, Oscar (Amori de Purivicacao) dan Varel (Petrick Rumlaklak). Berawal dari hilangnya cat merah putih menjelang hari kemerdekaan, mereka berdua terlibat dalam petualangan mengharukan. 

Berlatar tempat yang dekat dengan perbatasan, Silawan, film ini menawarkan keindahan Nusa Tenggara Timur (NTT). Keindahan NTT sudah diperlihatkan sejak pembuka film. Sinematografi yang diberikan mengingatkanku dengan Marlina, Si Pembunuh Empat Babak. Pemandangan yang diberikan tidak kalah menyegarkan mata dengan Marlina.

Sesuai judulnya, film ini banyak memberikan 'doktrin' persatuan. Tidak seperti film Lima yang memperlihatkan persatuan berdasarkan sila dalam pancasila, Rumah Merah Putih memperlihatkan sudut pandang persatuan dari warga perbatasan. Penonton akan ditunjukkan bagaimana anak-anak diajarkan untuk bangga dengan Indonesia. Salah satu yang melekat di ingatan kujadikan kalimat pertama postingan ini. Itu adalah template perkenalan anak Silawan kepada orang yang baru kenal.
Salah satu inspirasi dari film ini adalah anak viral yang memanjang tiang bendera dan membantu merah putih gagah berkibar di angkasa. Nantinya akan ada 'reka ulang' dari adegan tersebut. Sayangnya, adanya adegan tersebut membuat film kehilangan fokus. Konflik yang dibangun tentang susahnya kehidupan di perbatasan tiba-tiba 'ditimpa' dengan adegan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Kisah dua sahabat juga kurang digali, akibatnya banyaknya adegan menangis yang ada di film ini tidak memberikan simpati kepada penonton. Malah terkesan 'lebay'. Apalagi ketika ada salah satu adegan sedih dengan latar belakang lagu yang diiringi para pemain. Mereka menyanyikan lagu tersebut sambil menangis. Apakah adegan ini diperlukan?

Adegan reka ulang memanjat tiang bendera juga terlalu dibuat-buat. Terlalu banyak adegan menangis di film ini. Tidak semua kesedihan harus ditunjukkan dengan ekpresi yang terlalu gamblang. Seperti Raihanuun yang mampu memerankan May tanpa harus melalui ekspresi berlebihan.

Kisah pilihan antara negara sebelah atau tanah air tercinta memang diperlihatkan. Tapi seperti kisah Oscar dan Varel, kehidupan di perbatasan tidak terlalu digali. Semuanya tuntas ketika seorang anak melakukan aksi heroik memanjat tiang bendera. Seandainya tidak ada adegan tersebut, sepertinya film ini punya waktu yang cukup untuk menggali konflik yang sudah dibangun sejak awal.

Tapi, akting para pemerannya patut diacungi jempol. Walaupun para anak-anak di film ini baru pertama kali bermain film, akting mereka cukup memukau. Selain itu, salah satu yang menarik di sini adalah tradisi bersirih atau menginang (makan pinang) yang ditunjukkan. Ini membuktikan bahwa film ini juga ingin mengangkat budaya yang sudah mulai dilupakan.
Resensi Film Rumah Merah Putih
Keindahan alam NTT adalah keunggulan utama film ini. Adegan-adegan penanaman rasa nasionalisme di wilayah perbatasan juga bisa menumbuhkan rasa yang sama pada penonton. Sayangnya adanya 'reka ulang' membuat film mulai goyah, padahal konflik yang dibangun sudah lumayan bagus. Secara keseluruhan, film ini bisa dijadikan pilihan untuk memupuk rasa nasionalisme. 
Baca lanjutannya →

Tips Penting Melaksanakan Sholat Tahajud

Tips Penting Melaksanakan Sholat Tahajud
Ada salah satu jenis sholat sunnah yang mempunyai banyak manfaat yaitu sholat tahajud yang tata cara sholat tahajud memang cukup susah dalam menjalankannya karena dilaksanakan pada waktu malam. Bagi Anda semua yang ingin tahu lebih tentang tips rajin bangun untuk laksanakan ibadah sholat tahajud, Anda dapat langsung saja menyimak info di bawah ini. Pastinya kita semua lebih baik mengetahui cara simpel mudah bangun untuk beribadah sholat malam tahajud ini. Hal tersebut dikarenakan supaya kita bisa dimudahkan jika ingin sukses rajin sholat tahajud. Walaupun sudah tidak berpuasa dan sahur di bulan Ramadhan, ibadah tentunya tetap harus selalu jalan.

Salah satu tips rajin bangun untuk laksanakan ibadah sholat tahajud yaitu dengan menyiapkan dan minum segelas air mineral putih sebelum serta seusai bangun tidur. Dengan asupan oksigen di dalam air, maka akan membantu otak Anda untuk rileks dan bisa juga untuk mengaktifkan otak. Oleh karena itu, Anda bisa coba selalu meminum air putih pada saat ingin tidur dan juga ditambah segelas air putih lagi pada saat Anda bangun. Disamping membantu bangun untuk beribadah sholat tahajud malam, dengan rajin minum air putih juga tentunya akan menyehatkan tubuh Anda agar selalu terhidrasi.

Ada tips lainnya agar Anda bisa lebih mudah beribadah sholat tahajud malam yaitu dengan memastikan Anda tidur pada posisi tidur sehat dan juga yang nyaman. Ternyata dari posisi tidur juga dapat saja mempengaruhi kualitas istirahat tidur Anda dan tentunya berpengaruh terhadap waktu bangun Anda untuk beribadah sholat tahajud malam. Posisi istirahat tidur yang termasuk baik yaitu posisi tidur yang lurus terlentang. Dapat juga dengan tidur posisi miring yaitu ke arah kanan. Dengan Anda tidur posisi miring ke arah kanan ini, maka terdapat berbagai macam manfaat dan menghindari dari gangguan tidur. Misalnya saja dengan tidur miring kanan tersebut, maka bisa membantu jantung Anda memompa darah lebih maksimal.

Masih ada lagi tips lainnya agar Anda bisa lebih mudah beribadah sholat tahajud malam yaitu dengan
dibantu tidur siang. Tentunya tidur tidak mesti harus malam, bisa juga Anda mengistirahatkan tubuh Anda pada waktu siang hari dengan tidur siang. Aktivitas seharian yang dirasa terlalu berat, maka bisa saja menuntut waktu istirahat tubuh yang semakin banyak lagi. Agar Anda dapat bangun malam untuk beribadah sholat tahajud malam, maka Anda dapat menambah waktu jam tidur Anda. Dengan begitu, maka selain waktu istirahat pada saat malam, tubuh Anda juga beristirahat pada waktu siang hari. Dengan begitu, maka juga tubuh Anda bisa lebih segar lagi untuk beribadah sholat tahajud malam.

Bagi Anda yang jam tidur malamnya terlalu malam, maka tips satu ini sangat ampu supaya beribadah
sholat tahajud malam bisa lebih mudah lagi. Sekian saja ulasan cara simple mudah bangun untuk
beribadah sholat malam tahajud kali ini yang lebih baik diketahuii oleh Anda semua khususnya untuk
mereka yang ingin sukses rajin sholat tahajud. Dengan bahasan di atas, maka Anda bisa semakin
mengerti tips rajin bangun untuk laksanakan ibadah sholat tahajud. Sampai sekarang masih ada
beberapa orang yang tidak tahu jelas apa saja cara simple mudah bangun untuk beribadah sholat malam tahajud. Dengan artikel sederhana kali ini, semoga Anda dapat lebih paham mengenai tips rajin bangun untuk laksanakan ibadah sholat tahajud. Selamat mencoba cara simple mudah bangun untuk beribadah sholat malam tahajud. Jangan sampai Anda kesusahan bangun untuk menjalankan ibadah yang sangat mulia ini.
Baca lanjutannya →
IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *