Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#SpeRa : Doa Niat Sahur dan Berbuka Puasa

Bacaan Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Beserta ArtinyaMarhaban Ya Ramadhan! Bicara soal Ramadhan, pasti tidak lepas sama yang namanya selain ada Sholat Tarawih, juga ada Sahur dan Buka Puasa. Pasti udah pada tau kan Doa Niat Sahur dan Doa Buka Puasa? Nah, di sini aku cuma mau mengingatkan Doa Niat Sahur dan Berbuka Puasa, kali ada aja yang lupa :P

Doa Niat Sahur Puasa Ramadhan
Niat selalu menjadi poin pertama dalam setiap ibadah yang dilakukan seorang muslim. Demikian pula ketika berpuasa. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum terbitnya fajar, maka tidak ada puasa baginya.” (H.R. Abu Dawud).

Adapun niat tersebut, cukup dilafalkan di dalam hati, tidak perlu dilafalkan bersama-sama seperti yang umumnya dilakukan. Bagaimana bunyi niatnya? Kita cukup berkeinginan untuk mengerjakan ibadah puasa sepenuhnya hanya karena Allah.

Bagi sebagian dari kita yang ingin lebih mantap berpuasa dengan niat berbahasa Arab, lafalnya adalah, “Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta ‘aala.” Kalimat tersebut bermakna, “Aku berniat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah Taala.”

Doa Berbuka Puasa Ramadhan
Ketika adzan maghrib berkumandang, tibalah saatnya bagi kita untuk berbuka. Seringkali kita mengucapkan doa tertentu sebelum menyantap hidangan dan minuman. Semestinya, kita cukup melafalkan ucapan basmalah semata.

Rasulullah saw. bersabda, ““Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa menyebut nama Allah Ta’ala di muka, hendaklah ia mengucapkan, ‘Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu’.” (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.

Barulah setelah menyantap makannan dan minuman, kita melanjutkannya dengan ucapan, “Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah“, yang bermakna, “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.”

Di dalam masyarakat kita sering mengenal doa ”Allahuma lakasumtu wabika amantu wa’ala rizqhika afthartu birahmatika yaa’arhamarahimin”. Meskipun demikian, tidak ada dasar bahwa doa inilah yang disampaikan oleh Rasulullah saw. ketika berbuka (sumber). Ucapan sebelumnya lebih afdhal untuk diikuti.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

1 komentar untuk "#SpeRa : Doa Niat Sahur dan Berbuka Puasa"