Pasar idEA, Pesta Offline Diskon E-Commerce

Belanja adalah kebutuhan tiap manusia. Zaman dulu, pasar adalah tempat paling banyak dikunjungi terkait belanja. Ketika globalisasi mulai menjamah, mall menjadi alternatif. Sekarang, toko online dan marketplace di dunia maya menjadi yang paling ramai diantara semuanya. Nah, pasar idEA mencoba untuk menghadirkan toko online di dunia nyata.

Apa itu Pasar idEA?

Pasar idEA adalah festival belanja online to offline pertama dan terbesar di Indonesia. Pasar idEA diadakan di JCC Senayan dari tanggal 15 sampai 18 Agustus 2019. Waktu yang cukup singkat untuk berburu diskonan tapi lumayan ampuh memperkenalkan dagangan di dunia maya.

Salah satu tujuan festival ini adalah membangun sinergi antara pelaku usaha, pemerintah, komunitas dan masyarakat agar mempunyai semangat yang sama untuk memperkuat ekosistem digital. Tantangan yang sedang dihadapi Indonesia sekarang adalah meningkatkan volume dan daya saing produk lokal di pasar e-commerce. Itu yang dikatakan oleh Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung.

Menggaet Konsumen yang Belum Tersentuh

Salah satu tantangan di industri e-commerce adalah kurangnya kepercayaan masyarakat bertransaksi online. Pasar idEA menjadi ajang untuk menumbuhkan kepercayaan tersebut. Dengan kata lain, acara ini ingin mempopulerkan belanja online bagi konsumen yang belum tersentuh. Konsumen yang dimaksud jumlahnya lumayan banyak. Survei APJII menyebutkan bahwa dari 171,17 juta jiwa pengguna internet aktif, 56% atau 95,76 juta jiwa masih belum pernah berbelanja online.

Edukasi UMKM

Selain mencari para konsumen baru, Pasar idEA juga menjadi ajang UMKM mengembangkan usahanya. Di zaman digital, tentunya berbisnis secara konvensional sudah tidak bisa diandalkan lagi. Untung mengatakan bahwa kalangan UMKM harus bisa mengenal ekonomi digital. Ia menambahkan bahwa di acara ini akan ada diskusi yang membahas hal tersebut.

Menargetkan Kunjungan, bukan Penjualan

Tidak seperti festival belanja lainnya, Pasar idEA menargetkan pengunjung di acaranya, bukan penjualan. Gelaran ini menargetkan 120.000 pengunjung selama empat hari. Kenapa pengunjung? Seperti disebutkan di atas, Pasar idEA ingin membangun sinergi dari semua kalangan untuk mengembangkan ekonomi digital di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap e-commerce. Hal ini dibarengi dengan edukasi bersama UMKM agar mereka bisa melebarkan sayap ke dunia digital.

Target 120.000 pengunjung didukung dengan menghadirkan sekitar 250 peserta pameran yang terdiri dari para unicorn, pelaku usaha e-commerce, perusahaan logistik dan pengiriman, serta UMKM dengan produk lokal yang terkurasi di area khusus LokalGood. Selain masyarakat dan pelaku bisnis, perusahaan logistik dan pengiriman tentunya memiliki peran kunci dalam ¬e-commerce sehingga mereka juga hadir di sini.

Berburu Travel bersama Blibli

Dari sekian banyak ¬e-commerce yang ada di Pasar idEA, salah satu yang aku kunjungi adalah Blibli. Salah satu yang mereka adakan di sini adalah Blibli Travel Fair. Menariknya, ini adalah pertama kalinya Blibli mengadakan Travel Fest Offline. Mereka juga pernah mengadakan Travel Fest namun dalam bentuk online.

Kenapa Travel?

Perlu diketahui kalau Blibli bekerjasama dengan Kemenpar untuk menaikkan destinasi wisata. Ini juga yang membuat perusahaan ini berfokus di travel di samping 16 kategori yang ada di platform ini. Terkait travel, Blibli menyediakan berbagai kebutuhan pendukung travel seperti tour guide, visa, travel assistance, dll.

Penuh Diskon!

Dewasa ini, produk travel terus berkembang bahkan bagi kaum milenial dijadikan gaya hidup. Data Nielsen menyebutkan 50% dari pencari produk travel dilakukan lewat platform online. Inilah peluang yang diambil Blibli. Kerennya lagi, di Pasar idEA ini mereka memberikan diskon hingga 80% dengan maksimum 1.8 juta. Sebagai anak rantau, diskon ini tentunya bisa kugunakan untuk pulang ke kampung halaman.

Banyak yang bisa dikunjungi di Pasar idEA. Selain bisa hunting barang diskonan, kalau mau memulai bisnis juga ada. Mulai dari reseller sampai jasa pengiriman lengkap di sini. Kebetulan karena aku ingin pulang kampung, aku mencari diskonan tiket pesawat dan ada Blibli Travel Fest di sini.

Semoga adanya Pasar idEA bisa menaikkan level UMKM di Indonesia dan membuat ekonomi digital di bumi pertiwi semakin mumpuni. Ditunggu festival belanja selanjutnya untuk berburu lagi! Jangan lupa, terus dukung UMKM dengan belanja pintar produk lokal agar produk lokal mendunia!

15 Komentar

Seru ya kak, semoga acara ginian bisa mengedukasi masyarakat dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang ekonomi digital. Tapi, kalau diadain di daerah juga perlu dej kayanya

Dengan adanya fasilitas belanja online sebenarnya jadi banyak keuntungan yang kita dapat. Selain tidak wasting time, kita juga bisa belanja produk yang rare item, ataupun yang tidak tersedia di daerah kita. Semuanya jadi lebih mudah, tapi tetap harus pintar-pintar dan hati-hati.

wah riuh juga berarti ya acara kemarin, terus pasti banyak diskonan juga di sini. Seru ey, kalau di sana aku kalap deh haha

wuah asyik ya
pengen deh datang ke idea
pengen kalap belanja
tapi belanja yang pintar, hoho 💕

Keren nih Pasar idea. Bagus juga kalau diselenggarakan secara rutin biar ukm di Indonesia ikut terbantu ya. Hiks sayang, aku belum berkesempatan main ke sana.

Pasar idea tempat festival yang menarik dan sangat bagus untuk di kunjungi. Apalagi membahas tentang belanja online dengan cara pintar.

Owwhh.. Baru tau aku kalau Pasar idEA adalah festival belanja online to offline pertama dan terbesar di Indonesia. . Mksh infonya kak..

Keren kk,di era digital saat ini acara seperti ini sangat bermanfaat,kita bisa belanja secara online hemat waktu,sangat mudah dan bisa belanja sesuai keinginan,tapi tetap belanja pintar yaaah

Wahh seru yakkk.. jadi pengen kesana nih
tapi yaa harus ngerem budget jugaa.. takutnya kalap wkwk

Wahh seru banget, pst rame. Diskonan emg pling dicari nih!! Kyyyaaa kyyaaaa kyaaaa

Banyak manfaatnya
Banyak diskonnya
Banyak seneng nya hehehe
Semoga semakin banyak acara kayak gini
Makasih infonya kak 💙

acaranya bagus nih. Kalo bisa dirutinkan untuk setiapnkota besar diseluruh indonesia. Terutama daerah yg masih jarang bertransaksi online. Namun, kontranya juga bakal terjadi dngn penjual² sekitar

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *