Solusi Komentar Blog Tidak Muncul di Viomagz

Solusi Komentar Viomagz Hilang di Mobile
Template blog adalah salah satu hal krusial bagi suatu blog. Selain memilih gambar yang pas dengan isi blog dan isi tulisan, template yang sesuai dengan kriteria dapat membuat suatu blog mendapatkan banyak keuntungan. Beberapa diantaranya adalah lebih disukai pembaca dan ketika pembaca suka, otomatis mesin pencari akan menilik. Selain itu, pemilik blog tentunya akan lebih puas dengan tampilan situsnya yang menarik sehingga nyaman dibaca.

Bagi bloger pemula atau yang tidak memahami bahasa pemrograman, penting sekali untuk memilah template yang tepat. Banyak ulasan dan sumber yang bisa dibaca untuk bloger menemukan template yang tepat. Ini karena banyak template bertebaran di internet, baik gratis maupun berbayar.

Ketika Kolom Komentar Blog Menghilang

Kolom Komentar Viomagz Menghilang
Setelah sempat bertahan beberapa lama dengan template blog yang kurasa sesuai, Coretan Rifqi memilih untuk menempuh jalur baru: Ganti Template. Sebuah pilihan yang tidak pernah kusesali sampai detik ini.

Pilihan template akhir jatuh kepada template berbayar Viomagz dari Mas Sugeng. Kenapa berbayar? Karena aku merasa sudah saatnya lebih serius dengan blog. Dengan mengeluarkan uang di blog, ada sebuah 'tuntutan' untuk terus mengelola. Kalau dari masalah kualitas, template Mas Sugeng sudah banyak yang mengulas positif baik dari berbagai konten di internet ataupun teman-teman sesama bloger. Itulah yang membuatku percaya untuk membelinya. Apalagi kecepatan penanganan ketika ada masalah dan respon cepat dalam transaksi makin membuatku mantap.

Namun, tiba-tiba datang masalah. Saat sedang asyik ber-blogwalking ria, muncul notif di salah satu grup bloger. Salah satu bloger mengirimkan tangkapan layar dari ponsel pintarnya.
Gambar SS
Isinya adalah kolom komentar blog yang tidak muncul. Padahal di versi desktop, kolom komentar muncul dengan gagahnya.

Apa Solusinya?

Sebenarnya tanpa perlu mengotak-atik template, cukup mudah menampilkan kolom komentar yang menghilang di versi mobile. Caranya cukup ganti angka '1' di bagian paling belakang url menjadi '0'. Misalnya url suatu blog adalah: https://www.coretanrifqi.com/2020/01/kenapa-menulis.html?m=1, maka ganti menjadi https://www.coretanrifqi.com/2020/01/kenapa-menulis.html?m=0. Ini akan membuat tampilan blog menjadi versi desktop sehingga kolom komentar muncul. Tapi, ini tentu membutuhkan waktu bagi pembaca sehingga menyusahkan mereka. Pun sebenarnya tidak menyelesaikan masalah.

Solusi agar kolom komentar bisa dimunculkan di versi mobile adalah dengan mengedit HTML. Caranya adalah:
  1. Login ke akun blogger.com dan masuk dengan Gmail.
  2. Klik TEMA lalu Edit HTML
  3. Cari kode berikut (klik CTRL+F) ]]></b:skin> atau </style>
  4. Tempelkan kode di bawah ini tepat DIATAS kode tersebut.
    .mobile .blogger-iframe-colorize {display: block !important;}
    .blogger-iframe-colorize {display: block !important;}
  5. Setelah itu klik Save.

Masih Belum Berhasil?

Kolom komentar versi mobile berhasil muncul di blogku setelah menerapkan cara di atas. Namun apabila masih belum muncul juga, bisa mencoba cara berikut ini:
  1. Login ke akun blogger.com dan masuk dengan Gmail.
  2. Klik TEMA lalu Edit HTML
  3. Cari kode </body> dan tempelkan DIATAS kode tersebut
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <style type='text/css'>
    .blogger-iframe-colorize {display: block !important; }
    </style>
    </b:if>
  4. Klik Save dan Selesai

Mari Berbagi Solusi

Tadi adalah cara-cara yang sudah kulakukan di blog ini. Kalau kalian mempunyai masalah serupa namun dengan pemecahan berbeda, bisa dibagikan di kolom komentar. Mungkin saja ada bloger yang gagal mencoba cara-cara di atas namun bisa terbantu dengan cara kalian.

Selamat mencoba!
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

15 Komentar untuk "Solusi Komentar Blog Tidak Muncul di Viomagz"

  1. Untungnya sampai saat ini belum ada masalah dengan template-template gratis yang kupakai. Kalau tidak, harus berurusan dengan kode lagi ehehe.
    Btw ada tulisan tentang menghapus url m=1 nggak bang? soalnya kalau di analytic postingan dengan url desktop dan mobile beda hitungannya. Jadi merugikan banget kalau posting cp

    BalasHapus
  2. Wah sharing nya bermanfaat sekali bang,iya Untungnya sampai saat ini belum ada masalah dengan template-trmplate gratis yang aku pakai juga, ngambil aman nya aja heheh kalaunudah berurusan dengan ini mayan riweh y bang hehhe

    BalasHapus
  3. Hadeuuuuh... aku tuh paling pusing kalo udah urusan pasang template blog, apalagi kalo kudu ngotak-atik. Kayaknya mendingan dapat hadiah traveling aja deh *ehgimana 😅

    BalasHapus
  4. Aku tuh paling pengen pegang kepala banget kalau untuk urusan pasang template dan la la la la nya. Aku mendingan pakai yang sudah tersedia aja deh.

    BalasHapus
  5. Infonya bermanfaat. Walaupun belum pernah (semoga tidak) menjumpai kesulitan komen di blog. Paling sih pilihan antara akun google atau pakai url aja sih yang sering. Dan chaptchanya ituuu….

    BalasHapus
  6. Wah ini brt setting bawaanya kak atau hanya berlaku d blog kak Rifqi? Bisa nih cc ke mas sugengnya biar nggak manual lagi hihi. Tp ini helpful bagi oengguna sesama template ini, smg blognya makin makin lancar jaya ya kak

    BalasHapus
  7. meski saya bukan pengguna template viomagz, dengan adanya informasi ini paling tidak bisa menjadi referensi untuk blog personal (blogspot) milik saya. Dan pengen coba trial error di template bawaan, siapa tahu bisa diterapkan juga. Thanks a lot ms,

    BalasHapus
  8. Emang sih rada-rada panik kalau ada yang eror atau ada beberapa komponen blog tidak berjalan dengan baik. Pengin ganti template tapi aduuh pasti mager banget harus otak atik lagi dari awal, nyocokin nya itu bisa seminggu. Tapi kalau ada bagian komentar dari template Viomagz aku akan rekomendasikan artikel ini. Thanks for sharing mas :D

    BalasHapus
  9. Saya juga pakai template Mas Sugeng, Mas Rifqi. Hanya versi lain. Dan memang templatenya bagus, saya suka.
    Dan yang saya suka lagi, karena banyak yang pakai, maka kalau ada masalah, maka bisa cepat dapat solusinya dari sesama teman yang pakai template Mas Sugeng.
    Misalnya pernah judul di postingan tertutup. Nah, saya cari dan dapat solusinya di blog teman. Keren ini Mas Rifqi karena langsung berbagi solusinya.

    BalasHapus
  10. Kemarin pas ngotak-ngatik, komentar ilang. T.T terus ganti template dan ngatur lagi. Baru tahu ada cara ini. Solusi banget ini.

    BalasHapus
  11. Wow, saya masih belum berani utak atik blog, pernah punya pengalaman tiba-tiba malfungsi blog nya,, jadinya kapok deh

    BalasHapus
  12. Hihihi..aku pernah tuh lagi enak-enak baca eh pas mau komen ga ada kolom komennya. Ternyata pengaruh ya template itu ke performa blog kita. Aku gak bisa seh gonta ganti template sendiri, mending kasih ke yg ahlinya.

    BalasHapus
  13. Artikel bermanfaat, kalau pakai platform wordpress apakah caranya sama mas?

    BalasHapus
  14. Hiks,aku kenyang banget nih urusan utak atik kode. Aku suka banget ganti template, zaman masih newbie akut, hahaha. Akhir pusing sendiri karena eror, ga bisa keluar related post lah, ganti body text lah, GA ga jalan lah, tulisan mevet lah, kenyang banget pokoknya. Ujung2nya paati ke blognya Mas Sugeng juga, samaaaa... ��

    BalasHapus
  15. Viomagz ini template sejuta umat ya mas. Saking praktis dan enak aksesnyaa

    Tapi bener kapan hari pernah bw di blog yg pake template viomagz tapi kok susah di komen. Ternyata bisa diatasin begini too

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel