Pilih Waxing atau Cukur?

Waxing Ketiak
Menjadi cantik merupakan salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita. Cantik memang relatif, namun ada beberapa patokan yang bisa diambil dasar untuk menjadi 'cantik'. Salah satu diantaranya adalah ketiak mulus tanpa bulu.

Sebagian besar wanita pasti ingin memiliki ketiak mulus tanpa bulu. Apalagi bagi yang suka memakai pakaian tanpa lengan yang memperlihatkan ketiak saat melambai atau mengangkat tangan. Tentunya akan ada kepercayaan diri yang timbul ketika ketiak dengan paripurnanya nampak begitu mulus tanpa bulu. Lalu, cara apa yang bisa dilakukan untuk membuat bulu-bulu ketiak pergi dan tidak kembali?

Pilihannya Ada Dua

Dari berbagai petuah yang diturunkan di berbagai wilayah di dunia, ada dua cara yang dikenal ampuh menghilangkan bulu di ketiak. Cara tersebut adalah waxing dan cukur. Jutaan sumber yang tersebar seantero jagat mengatakan bahwa cara-cara itu dikenal ampuh untuk mengembalikan kepercayaan diri dengan kulit mulus.

Waxing dan cukur mungkin sulit dibedakan oleh orang awam. Banyak yan menganggap kedua jenis metode menghilangkan bulu ini adalah sama. Nyatanya berbeda. Salah satu perbedaan mencolok adalah alat yang digunakan. Waxing memakai alat yang berbeda dengan cukur sehingga teknik yang digunakan pun tidak sama. Mari kita bahas kedua cara ini.

Apa itu Waxing

Pertama mari membahas waxing. Metode ini memakai lilin cair yang dioleskan pada kulit. Lilin tersebut akan ditutup dengan handuk atau kain kassa di atasnya. Langkah selanjutnya adalah kulit tersebut ditekan-tekan beberapa saat. Prosesi terakhir adalah penarikan sesuai arah tumbuhnya bulu. Intinya, waxing ini merupakan cara semi permanen menghilangkan bulu atau rambut sampai ke akar-akarnya. Waxing biasanya dilakukan di salon oleh para profesional.

Bedanya dengan Cukur

Kalau cara yang satu ini pasti sudah sering dilakukan oleh sebagian besar makhluk hidup berjenis manusia di muka bumi. Bahkan sejak zaman tiktok masih berbentuk musically. Caranya tentu lebih mudah dan sederhana dibandingkan waxing. Alatnya pun cuma alat cukur yang dijual bebas di berbagai minimarket dan sebangsanya. Agar tidak merasakan sakit, ada banyak produk krim pencukur yang bisa dibeli dan dipadupadankan bersama alat cukur.

Kedua jenis cara menghilangkan bulu sudah dijelaskan. Lalu, yang mana yang kita pilih?

Apabila Memilih Waxing, maka...

Bulu di badan yang telah berpapasan dengan waxing akan tumbuh setelah kurang lebih 3-6 minggu kemudian. Waktu yang cukup lama bagi yang tidak ingin melihat adanya bulu di ketiak. Wilayah yang bisa dihilangkan dengan waxing lumayan banyak, seperti bagian wajah, kaki, ketiak, hingga sekitar area kewanitaan. Kriteria panjang bulu yang diperbolehkan di-wax adalah sekitar 0,5 cm.

Sekarang mari berbicara tentang rasa sakit. Pada saat pertama kali waxing, bisa jadi ada rasa sakit yang begitu terasa. Tapi tenang, hal ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, ada risiko kulit mengalami kemerahan disertai munculnya benjolan kecil ketika memilih teknik waxing. Infeksi pun bisa muncul di sekitar folikel rambut tempat bulu berada.

Teknik waxing memang bisa menjadikan kulit lebih halus karena hilangnya sel kulit mati. Tapi hal ini apabila dilakukan rutin akan membuat kulit kendur karena terus menerus ditarik oleh lilin. Ramuan wax yang alami dan aman di kulit pun tetap harus kita waspadai karena sulit mengetahui kualitas pita kertas dan lilin yang digunakan.

Terakhir, biaya waxing tentunya bisa dibilang tidak murah. Ini karena idealnya teknik ini dilakukan oleh terapis kecantikan berpengalaman. Sekalipun bisa dilakukan di rumah, waxing akan tetap lebih mahal daripada mencukur.

Bagaimana dengan Cukur

Kalau bercukur tentunya lebih mudah karena hanya memerlukan alat cukur. Sayangnya, hasil yang diberikan tidak permanen. Biasanya 2-3 hari kemudian bulu yang dicukur sudah mulai tumbuh. Selain itu, area kewanitaan juga tidak dianjurkan dihilangkan bulunya dengan teknik mencukur. Ini karena ada risiko iritasi akibat gesekan langsung dari alat cukur dengan kulit yang bisa membahayakan kulit di area kewanitaan yang cenderung lebih sensitif.

Selain itu, teknik mencukur bisa menimbulkan dampak berupa bulu yang tumbuh ke dalam setelahnya. Walaupun ini bukan konsekuensi yang selalu terjadi. Mencukur pun selain perlu alat cukur, juga membutuhkan sabun atau busa cukur untuk membasahi kulit agar tidak terjadi iritasi. Pisau cukur pun harus sering diganti agar tidak ada infeksi. Bagi yang memiliki kulit sensitif, disarankan menggunakan alat cukur. Tapi ingat, pilih alat cukur yang sesuai agar tidak terjadi infeksi.

Apabila waxing akan menimbulkan rasa sakit, bahkan terasa begitu besar di awal, mencukur tidak akan menimbulkan hal itu. Modal yang diperlukan ketika mencukur pun lebih hemat karena cuma memerlukan alat cukur, krim, dan kaca.

Jadi, Pilih yang Mana?

Waxing atau cukur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di atas sudah ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan. Keduanya bisa dipilih, ini tergantung pada keperluan dan juga kebutuhan. Sekarang, pilihan ada di tangan kalian: waxing ketiak atau cukur ketiak.
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

22 Komentar untuk "Pilih Waxing atau Cukur?"

  1. Kebayang kalau diwaxing sakitnya kayak apa. Lah cuma buka tempelan koyo saja sudah sakit. Karena bulu-bulu halus ikut tercabut oleh lembaran koyo ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang ada kok krim perontok bulu. di waxing pakai krim itu gak sakit sama sekali. malah adem. dan harganya sangat terjangkau

      Hapus
  2. Sebagai cowok, aku tu serem kalo liat orang di-waxing. Pernah liat d YouTube, ada cowok yang diwaxing seluruh badannya, baru separo depan doang udah ampun2 kapok. Belang deh.

    BalasHapus
  3. Saya masih milih cukur, hehe. Belum berani waxing gak kebayang sakitnya gimana haha. Tapi banyak juga yang milih waxing untuk kaki ya. Aku biarin aja kalau kaki hehe

    BalasHapus
  4. Belum pernah coba waxing, biasanya cukur manual hee

    Nah itu untuk seluruh rambut di tubuh ya?

    BalasHapus
  5. Dulu nyobain waxing cuma pas nikah, setelah itu balik ke cukur lagi. Hehehe. Emang rada 'nyiksa' sih menurutku waxing itu. Namun, jika sudah terbiasa, kayaknya asik-asik aja deh.

    BalasHapus
  6. Waxing enak pake cool sugar. Tp sayangnya mahal. Kalo cukur katanya juga bikin kulit iritasi dan menghitam. Heuheu

    BalasHapus
  7. Masih ngeri nih buat waxing takut kena kulit hehehe

    BalasHapus
  8. Haha, mending cukur ketiak deh.. dibanding waxing..
    Sakitnya itu loh mas gak nahan...

    BalasHapus
  9. Cukur aja deh. Waxing kayaknya kok sakit. Kalau krim yang perontok bulu itu, jangan deh. Karena dia melebarkan kantong rambut ya supaya rontok dengan mudah. Eh...numbuhnya malah jadi tebal dan kasar. Engga rambut halus lagi. Kakakku gitu, nyoba untuk bulu kaki. Duh...nyesel deh...

    BalasHapus
  10. Saya gak kuat kalau harus mencabutnya, jadi saya pilih mencukurnya. Itupun kalau ada niat. Eh.

    BalasHapus
  11. Ok...jadi tahu bedanya waxing dengan cukur... lebih cepat numbuh kembali kalau cukur...waxing lebih lama ya... TFS bro

    BalasHapus
  12. Sakit juga kalo diwaxing mending dicukur aja. kalau ada kelebihan rezeki bisa juga metode laser cuma biaya agak mahal.

    BalasHapus
  13. So far sih kayanya masih banyak yang pake metode bercukur ya, karena belum ada nyali untuk nyobain waxing. Takut ngeri-ngeri syedap hehehe.

    BalasHapus
  14. Kalau dicukur tuh katanya rambut barunya bakal lebih tebal ya? Eh, atau dicabut ya yang bikin lebih tebal?

    BalasHapus
  15. Memang enaknya sih waxing aja lebih praktis gitu ya tapi sejauh ini memang belum pernah cobain sih. Biasanya memang mencukur aja tapi kalo cepat banget tumbuh lagi itu yang buat sebelnya.

    BalasHapus
  16. bener bangett aku juga seringnya cukur karena lebih praktis, kalo waxing takut kaget sama harganya :O

    BalasHapus
  17. beberapa kali melihat waxing di youtube saya merasa ngeri sendiri membayangkan betapa sakitnya saat bulu rambut dicabut. jadi bila ditawari waxing atau cukur, saya pasti pilih cukur :D

    BalasHapus
  18. Gak pernah nyobain waxing. Tapi klo liat artis2 tuh pada waxing semua berarti efektif banget ya. Aku belum berani sih.

    BalasHapus
  19. sebenarnya saya ingin mencoba waxing karena mungkin lihatnya terlalu ribet jadi balik lagi deh ingin menggunakan cukur hehe

    BalasHapus
  20. Belum pernah coba teknik waxing. Cuma liat di TV. Kulit di tempelkan plester lalu ditarik dengan cepat. Dan orangnya menjerit kaget karena pastinya sakit dan panas gitu. Kalau saya pribadi lebih sering cukur karena lebih nyaman

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel