Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Jasa Pengiriman Kargo

Jenis-Jenis Jasa Pengiriman Kargo
Di masa pandemi ini, belanja daring menjadi solusi di tengah keterbatasan gerak di ruang terbuka. Berbagai barang bisa dibeli hanya dari rumah dan dikirimkan ke depan pintu. Tidak perlu keluar dan berhadapan dengan virus. Ini membuat jasa pengiriman kargo menjadi naik daun karena pastinya banyak yang menggunakannya belakangan ini. Bagi yang ingin merasa toko daring adalah ladang bisnis, perlu diketahui berbagai jenis jasa pengiriman.

Jenis-Jenisnya Adalah

Pengetahuan mengenai jasa pengiriman ini penting agar pelaku usaha bisa memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan disini mulai dari ongkos kirim, tipe jasa pengiriman yang ditawarkan, jarak kantor pengiriman, dan lainnya. Jasa pengiriman bisa dibagi berdasarkan beberapa hal, yaitu:

Pengelola Jasa

Bila dilihat dari pengelolanya, jasa pengiriman bisa dibagi menjadi jasa swasta dan “plat merah”. Pos Indonesia adalah satu-satunya jasa ekspedisi milik negara yang dimiliki Indonesia. jasa ini juga tercatat sebagai salah satu perusahaan pengiriman pertama di Indonesia. Selama ini Pos Indonesia begitu mempermudah masyarakat Indonesia dalam hal pengiriman barang baik dalam ataupun luar negeri. Selain melayani pengiriman barang, Pos Indonesia pun melayani pengiriman dokumen, surat, uang, dll.

Selain Pos Indonesia yang dikelola negara, ada beberapa perusahaan ekspedisi yang dikelola swasta. Perusahaan semacam ini semakin berkembang apalagi di zaman teknologi yang semakin pesat. Masing-masing jasa memiliki keunggulan masing-masing yang digunakan untuk menggaet pelanggan. Pelaku usaha harus benar-benar mengecek fitur-fitur yang ditawarkan agar tidak menyesal ketika memiliki salah satu jasa ekspedisi. Riset adalah hal penting sebelum memilih sesuatu termasuk dalam hal ini memilih jasa pengiriman.

Rute Pengiriman

Jasa pengiriman juga bisa dibagi berdasarkan rute yang mereka gunakan. Berdasarkan kategori ini, ada jasa pengiriman antar kota, antar pulau, dan antar negara. Antar kota disini artinya ekspedisi dilakukan antar kota di Indonesia. Di masa yang penuh dengan belanja daring ini bahkan banyak ekspedisi yang menyediakan jasa antar yang begitu dekat dengan waktu yang relatif singkat.

Kalau jasa ekspedisi antar pulau tentu bisa dibayangkan kalau barang diantar lintas pulau. Contohnya adalah barang dari Jakarta yang dikirim ke Banjarmasin atau paket yang berasal dari Medan dikirim ke Lombok. Di masa pandemi, paket-paket lintas pulau ini harus benar-benar diperhatikan. Penjual harus memastikan mengepak barang sesuai prosuder Kesehatan dan pembeli jangan asal membuka paket. Harus ada tata cara khusus yang dilalui agar tidak tertular virus.

Terakhir adalah jasa antar negara. Bukan tidak mungkin barang-barang yang langsung dari luar negeri bisa berada di depan rumah kita atau sebaliknya, kita mengirim barang ke negara nun jauh di sana. Tentunya tidak semua perusahaan memiliki fitur untuk jenis pengiriman seperti ini. Apabila kita fokus kepada penjualan ekspor atau menjual barang impor, harus dipilih ekspedisi dengan harga yang sesuai agar biaya tidak berat di ongkos kirim.

Jalur Transportasi

Jenis selanjutnya bisa dilihat berdasarkan jalur transportasi yang digunakan, yaitu darat, laut, dan udara. Kendaraan-kendaraan yang biasa dipakai di jalur darat adalah truk, tronton, colt, elf, sepeda motor, dan kendaraan lainnya. jalur darat ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk pengiriman yang jaraknya tidak terlalu jauh atau masih satu pulau.

Bagi pengiriman yang dilakukan antar pulau, transportasi laut bisa menjadi pilihan yang tepat. Ongkos yang dibebankan tentu lebih murah daripada jalur udara. Tapi ada waktu yang harus dibayar karena tidak bisa secepat jalur udara. Pada tipe ini biasanya memakai kapal laut yang meliputi kapal feri, kapal muatan, dan kapal-kapal lainnya.

Terakhir adalah transportasi melalui udara. Pengiriman antar pulau atau antar negara di masa sekarang banyak yang memakai jasa ini. Waktu tempuh yang lebih cepat daripada jalur laut menjadi salah satu pilihan. Pelanggan pun pasti mau membayar lebih asalkan barangnya bisa sampai lebih cepat. Pesawat khusus pengakutan barang adalah alat transportasi yang dipakai di jalur ini. Perusahaan biasanya bekerjasama dengan maskapai terkait pengiriman memakai metode ini.

Jadi, mana yang akan kalian pilih sebagai jasa pengiriman untuk penjualan? Daripada hanya rebahan tanpa ada perencanaan keuangan yang malah membuat makin terpuruk di kala pandemi, kita bisa produktif dengan berbagai hal salah satunya mencari ladang bisnis.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Jasa Pengiriman Kargo"