Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Kesehatan yang Bisa Dipecahkan oleh Garam

Garam Obat Sakit Gigi
Salah satu bumbu dapur yang sudah dipastikan ada di dapur tiap rumah adalah garam. Bumbu yang rasanya asin ini berguna bagi berbagai jenis masakan mulai dari telur ceplok sampai sayur dengan kesulitan setara internasional pasti terdapat garam di komposisinya. Tapi, garam juga mempunyai banyak manfaat selain digunakan sebagai penyedap rasa dan menjaga pola hidup sehat.

Apa Saja Itu?

Garam bagi tubuh hanya diperlukan sedikit. Kebanyakan mengonsumsinya malah akan berbahaya. Di sisi lain, kekurangan garam pun bisa menjadi suatu masalah. Ini bukan berarti kita hanya memerlukan sedikit bahan makanan ini di dapur. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari bahan yang berbutir seperti pasir tapi tidak manis seperti gula ini. Bahkan, garam bisa digunakan sebagai obat sakit gigi! Bagaimana caranya?

Solusi atas Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejala yang dirasakan penderita biasanya adalah sakit saat proses menelan. Saat kondisi belum parah, garam bisa jadi solusi sementara untuk pengobatan di rumah. Cukup dengan berkumur menggunakan larutan air garam maka sakit akan mereda. Larutan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi amandel. Apabila merasa kesulitan menelan, coba lakukan cara di atas, mungkin saja nantinya akan ada perubahan yang dirasakan.

Solusi atas Kutu Air

Penyebab kutu air adalah infeksi jamur menular pada kulit kaki. Infeksi ini bisa menyebar ke kuku kaki bahkan tangan. Walaupun tidak berbahaya, memiliki kutu air tentunya sangat tidak nyaman. Garam yang berada di dapur bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Caranya adalah dengan melakukan perawatan merendam kaki dalam larutan air garam. Selain garam, bisa juga memakai cuka encer sebagai alternatif. Sebelum memakai berbagai obat, cara alami ini bisa jadi solusi ketika kita mengalami masalah kutu air.

Solusi atas Kotoran Telinga

Biasanya pembersihan kotoran telinga dilakukan dengan cotton bud. Bagi yang merasa tidak memiliki alat tersebut, air garam bisa menjadi solusinya. Cara membersihkannya adalah dengan menyemprotkan air atau larutan garam ke telinga dengan lembut. Tidak bisa sembarang semprot, ada alat khusus yang harus digunakan dalam proses ini. Aliran tersebut nantinya akan mendorong kotoran telinga keluar. Kotoran telinga merupakan salah satu masalah yang serius apabila dibiarkan. Ini karena ketika menumpuk bisa menyebabkan kerusakan pada gendang dan saluran telinga.

Solusi atas Masalah Gigi dan Mulut

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu manfaat yang bisa didapat dari garam ini adalah obat sakit gigi tepatnya pereda nyeri dan mempercepat proses saat penyembuhan gigi tanggal. Selain itu, air garam dapat digunakan untuk mengatasai masalah pendarahan di mulut, gigi rusak, lidah tergigit dan bahkan gusi sering berdarah. Bagi yang mencari obat sakit gigi yang gampang dicari saat pandemi seperti ini, bisa mencoba air garam ini. Cara untuk membuat air garam cukup mudah, yaitu cukup masukkan satu sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat. Aduk hingga merata dan segera kumur setelah makan.

Di masa kita dibatasi untuk pergi keluar rumah, masalah-masalah kesehatan tentunya perlu penanganan cepat agar tetap bisa produktif di masa pandemi. Rumah sakit ataupun dokter praktik sebaiknya hanya didatangi saat memang benar-benar membutuhkan bantuan. Garam yang selalu tersedia di dapur bisa menjadi solusi berbagai masalah yang dihadapi. Air garam bisa menjadi pengobatan sementara untuk masalah-masalah di atas. Selain masalah Kesehatan, garam juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk perawatan wajah.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

1 komentar untuk "Masalah Kesehatan yang Bisa Dipecahkan oleh Garam"