Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban atas Rambut Berminyakmu

cara mengatasi rambut berminyak yang ampuh

Rambut adalah salah satu aset yang penting baik bagi pria maupun wanita. Hadirnya bagian tubuh yang satu ini bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian dan menjadi daya tarik tersendiri. Muka memang menjadi bagian penting dalam penampilan, tapi gaya rambut yang berbeda pun dapat menjadi penentu dari gaya menarik seseorang. Orang dapat terlihat berbeda hanya dari gaya rambut yang berlainan. Bisa menjadi lebih menarik, tapi tak jarang malah tidak dilirik. 

Rambut Berminyak dan Solusinya

Rambut berminyak menjadi salah satu masalah yang banyak dihadapi orang-orang di luar sana. Pertanyaan cara mengatasi rambut berminyak banyak ditanyakan. Bukan hanya wanita yang menginginkan rambut berkilau, para pria pun memerlukan rambut sehat agar bisa ditata rapi dan terlihat lebih percaya diri. Apabila rambut berminyak, percaya diri menurun dan rambut pun menjadi tidak enak dilihat. Lalu, apa solusinya?

Shampo dan conditioner harus tepat! 

Minyak berlebihan dapat membuat beban tambahan pada akar rambut. Hal ini tentunya menjadi keluhan bagi kepala. Solusi yang bisa diberikan agar minyak di rambut tidak berlebih adalah memilih shampoo dan conditioner yang tepat. Sesuaikan dengan kondisi rambut, mencari saran dari pemilik rambut dengan tipe sama pun dapat menjadi pilihan. Dekati teman yang memiliki rambut indah berkilau dan tanyakan perawatan rambut yang ia gunakan. 

Keramas dengan Air Dingin

 Kalau kalian punya masalah dengan rambut berminyak, coba diingat-ingat berapa kali mandi air hangat dalam seminggu. Atau jangan-jangan tiap hari selalu mandi air hangat? Memang mandi air hangat menyegarkan, namun hal ini ternyata dapat mempercepat produksi minyak. Imbangi mandi air hangat dengan air dingin atau paling tidak sama dengan suhu tubuh. Coba rutin lakukan ini dan lihat perbedaan yang dihasilkan dalam satu atau dua minggu. Tidak ada larangan untuk mandi air hangat namun sekali lagi, imbangi. Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, bukan? 

Langsung Keringkan setelah Keramas 

Mengeringkan rambut adalah hal yang krusial. Banyak yang malas melangeringkan rambut dengan sempurna karena berbagai alasan. Ada yang bilang tidak sempat, ada yang mengatakan bahwa ia terlalu malas dan alasan lainnya. Padahal rambut yang lembab menjadi penyebab rambut berminyak yang sering tidak disadari. Mengeringkan dengan hairdryer terlalu sering tidak disarankan sehingga sebisa mungkin dapat mengeringkan rambut secara alami. Agar tidak tergesa-gesa, pola disiplin dapat diterapkan dalam mandi. Selain nantinya rambut berminyak akan hilang, dengan disiplin tentunya kegiatan di pagi hari akan lebih tertata dan keseharian pun menjadi lebih bergairah dan produktif.

Sisir Rambut ke Atas 

Bagi yang bingung tentang cara bersisir, begini salah satu saran untuk menyisir rambut. Saat rambut dalam keadaan basah, sisir rambut ke arah atas sampai akar rambut terangkat. Lakukan hal ini dengan sisir yang bergigi jarang dan tidak usah terlalu bersemangat agar tidak ada rambut yang tersangkut apalagi patah. Akar rambut yang terangkat akan membuat rambut terlihat lebih bervolume dan tidak lepek saat kering. Ini dapat menjadi keuntungan karena nantinya lebih mudah mengikuti gaya rambut. Bisa lebih banyak referensi gaya rambut tentunya kekerenan pun mengikuti. 

Itu tadi beberapa cara mengatasi rambut berminyak yang bisa jadi referensi untukmu. Kalau ada yang mempunyai cara lain silahkan tuliskan di kolom komentar. Mari kita berbagai tips dan trik agar rambut menjadi lebih berkilau dan keren!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

1 komentar untuk "Jawaban atas Rambut Berminyakmu"