Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

beberapa pilihan obat sakit gigi paling ampuh
Ada yang bilang sakit gigi lebih baik daripada sakit hati, tapi tetap saja sakit gigi itu sakit sesuai Namanya. Bahkan ada kalanya saat sudah parah sakit gigi bisa merembet ke sakit-sakit yang lain. Jadi, walaupun sakit hati (katanya) lebih menyiksa daripada sakit gigi, mencari pilihan obat sakit gigi paling ampuh tetap diperlukan saat sakit satu ini melanda. Sekalipun sakit gigi tidak selamanya merambah ke sakit yang lain, tentu beraktivitas ketika ada bagian tubuh yang sakit tidak akan optimal. 

Apa Saja Obat Sakit Gigi Paling Ampuh? 

Lalu, apa saja obat-obat yang dapat dipilih untuk mengatasi sakit gigi? Berikut adalah beberapa obat yang bisa menjadi pilihan ketika sakit ini melanda. Tentunya apabila sakit berlanjut harus dikonsultasikan dengan dokter, namun untuk pertolongan pertama atau sebagai pereda awal dapat dicoba beberapa pilihan ini. 

Kompres Air “Adem” 

Saat sakit gigi biasanya disertai dengan bengkak pada gusi. Ini tentu saja mengganggu saat berbicara dan ketika menguyah makanan. Air “adem” alias air dingin terutama es dapat menjadi pilihan untuk mengurangi bengkak dan meredakan nyeri. Ini merupakan cara yang cukup mudah karena hanya memerlukan es batu dan handuk. 

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan es batu ke dalam handuk bersih lalu taruh di samping pipi yang terdapat gusi bengkak atau bagian gigi yang sakit. Hal ini dilakukan selama 20 menit dan diulang beberapa kali sampai bengkaknya mereda. 

Garam 

Selain menggunakan es batu, air garam juga bisa menjadi solusi atas sakit gigi. Garam terbukti sebagai disinfektan alami sehingga mampu mengurangi radang akibat sakit gigi sekaligus membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel. Cara ini juga dapat dilakukan dengan mudah karena hanya membutuhkan air dan garam. Barang-barang yang kemungkinan besar ada di dapur dan mendapatkannya pun gampang. 

Mengobati sakit gigi dengan garam bisa dilakukan dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air putih hangat lalu berkumur. Ingat, hanya berkumur jangan ditelan karena asin. Alangkah lebih baiknya sebelum berkumur, lakukan flossing gigi terlebih dahulu agar sisa makanan yang menempel di gigi menghilang. 

Bawang Putih

Bahan masakan satu ini mengandung senyawa allicin yang bersifat antibakteri dan antimikroba sehingga dapat mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Ini karena kandungan yang ada pada bawang putih dapat mematikan bakteri dan mikroorganisme penyebab sakit gigi. Tentunya bagi yang mempunyai dapur akan terdapat persediaan bawang putih atau anak kos bisa minta kepada pemilik kos untuk mendapatkan bahan masakan satu ini. 

Cara mengobati dengan bawang putih adalah menghancurkannya hingga halus lalu ditempelkan di bagian gigi yang sakit. Bagi yang suka “nyemil” bawang putih, bisa dicoba dengan menguyah bawang putih segar. Tapi ini hanya bagi mereka yang kuat akan bau dan rasanya, jangan dipaksakan. Menempelnya pada gigi saja sudah cukup. 

Obat Medis 

Bila cara-cara di atas belum membuahkan hasil, obat medis dapat menjadi pilihan. Paracetamol adalah salah satu jenis obat yang bisa dibeli di apotik tanpa resep dokter saat merasakan sakit gigi. Dosis umum untuk orang dewasa adalah 1-2 tablet 500 mg setiap 4-6 jam sekali. Selain itu ibuprofen atau naproxen dapat menjadi alternatif lain. Tapi ingat, pastikan dulu mematuhi dosis umum dari obat tersebut dan aturan sebelum minum obat. Ada obat yang harus diminum setelah makan seperti ibuprofen atau bisa sebelum makan seperti paracetamol.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

1 komentar untuk "Pilihan Obat Sakit Gigi Paling Ampuh"

  1. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    BalasHapus