Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimanakah Cara Gosok Gigi yang Benar?

Tata Cara Gosok Gigi yang Benar agar Bau Mulut Hilang
Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang penting. Bagian tubuh yang memiliki indra perasa ini memiliki tugas yang berarti untuk keseharian, bahkan saat pandemi yang mengharuskan kita memakai masker ketika berada di luar, fungsi mulut masih sangat penting. Ini artinya mengetahui cara gosok gigi yang benar tetap perlu diperhatikan walaupun nafas kita terhalang masker. 

Gosok Gigi adalah Penyelamat Kehidupan

 Saat situasi normal, bau mulut menjadi hal krusial ketika mengobrol dengan lawan bicara. Aroma yang dikeluarkan ketika berbicara akan menentukan kesan seseorang. Di saat pandemi yang mengharuskan kita memakai masker, bau mulut menjadi krusial bagi diri sendiri. Biasanya orang lain yang risih ketika bau mulut yang berbicara tidak sedap, sekarang kita sendiri yang akan mencium bau mulut itu selama memakai masker. Kalau tidak menjaga kebersihan mulut, bisa saja kejadian tidak terduga terjadi pada diri sendiri. Inilah alasan pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gosok gigi adalah cara sederhana untuk menjaga bau mulut tetap sedap terutama saat beraktivitas. 

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyikat gigi? Berikut tata cara sikat gigi yang benar: 

Cek Posisi Sikat Gigi 

Pertama-tama, genggam sikat gigi dengan erat. Ingat, jangan sampai genggaman terlepas sampai prosesi penyikatan gigi selesai. Selanjutnya letakkan bulu sikat pada permukaan gigi di dekat gusi. Posisikan sikat sedikit miring dengan bentuk sudut 45 derajat. Silahkan bawa penggaris sudut jika perlu untuk memastikan sudut yang benar. Bisa juga dengan cara lebih mudah yaitu memastikan tidak seluruh permukaan bulu sikat menempel di gigi. 

Setelah paham posisi yang tepat untuk sikat gigi, silahkan basahi sikat gigi anda lalu oleskan pasta gigi secukupnya. Ingat, secukupnya karena pasta gigi yang terlampau banyak bisa mengakibatkan busa berlebih sehingga ingin segera menyelesaikan penyikatan gigi. 

Langkah Menyikat Gigi yang Sesuai 

Ini bagian paling krusial dalam persikatgigian. Langkah untuk menyikat gigi adalah: 

1. Sikat gigi yang sudah siap dipertemukan dengan mulut perintahkan untuk menggosok bagian luar gigi geraham. Ini tepatnya di perbatasan gusi dan gigi. Lakukan gerakan memutar kira-kira 20 detik. Lanjutkan menggosok gigi geraham dari atas ke bawah dari batas gusi sampai ujung gigi. Ini sebagai bentuk pemusnahan plak dan sisa makanan di permukaan dan sela-sela gigi. Sama seperti tadi, lakukan selama 20 detik. 

2. Setelah gigi geraham, kita berlanjut ke gigi depan bagian luar. Gerakan kali ini adalah memutar, tepatnya dengan membuat gerakan sikat melingkar dan perlahan di permukaan gigi depan hingga semua bagiannya bertemu sikat. Ini berguna menyapu sisa makanan dan plak yang menempel. Selanjutnya bagian dalamnya digosok dengan gerakan vertikal seperti mencangkul baik pada bagian atas maupun bawah. Langkah ini dilakukan 2-3 kali di masing-masing bagian. 

3. Gigi geraham memiliki permukaan yang lebar dan agak cekung karena digunakan sebagai sisi menguyah. Efeknya adalah makanan mudah untuk menempel sehingga perlu disikat dengan gerakan memutar untuk mengangkat sisa makanan tersebut. 

4. Ingat untuk menyikat dengan lembut, apabila terlalu keras akan membuat lapisan email gigi terkikis. Efek jangka panjang dapat menimbulkan gigi sensitif. 

Jangan Lupakan Lidah 

Selain gigi, lidah juga bagian yang perlu dibersihkan karena berpengaruh terhadap kebersihan mulut. Bersihkan bagian ini menggunakan pembersih lidah atau bagian belakang sikat gigi. Cara membersihkannya cukup dengan menaruh alat di bagian belakang lidah dan tarik sampai ke ujung depan lidah. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga lidah terlihat bersih. Bagian dalam sisi pipi pun perlu dibersihkan. Agar hasil dari gosok gigi lebih maksimal, disarankan membersihkan sela gigi menggunakan benang gigi. Alat ini mampu mengangkat sisa makanan yang kemungkinan tidak terjangkau sikat gigi karena berada di bagian sela yang sempit. 

Hal-Hal yang Perlu Diingat

Setelah mengetahui cara gosok gigi yang benar, ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan untuk menunjang bau mulut yang sedap dan kesehatan mulut. Pasta gigi adalah hal yang paling penting selain sikat gigi dalam proses gosok gigi sehingga pemilihan pasta gigi harus dilakukan dengan selektif. Perhatikan kandungan yang ada dalam pasta gigi pilihanmu dan pastikan kandungan tersebut memang berguna untuk gigi. 

Penggantian sikat gigi juga hal yang penting. Walaupun masih terlihat bagus, disarankan mengganti sikat gigi tiap 3-4 bulan sekali terutama saat bulu sikat terlihat kotor atau sudah berubah bentuk. Konsultasi dengan dokter gigi secara teratur 6 bulan sekali dapat pula dilakukan sebagai langkah pemantauan kondisi gigi.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Bagaimanakah Cara Gosok Gigi yang Benar?"