Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Nyaman Berolahraga di Rumah

Pilihan Alat Olahraga di Rumah
Tak terasa sudah setahun lebih kita berada di masa pandemi, bagaimana kondisi kesehatan mental dan fisik teman-teman? Semoga tetap baik-baik saja. Berbicara mengenai kesehatan, keterbatasan kegiatan di rumah saja bukan berarti pola hidup sehat berhenti. Banyak kegiatan olahraga di rumah yang bisa dilakukan dan malah saat di rumah saja, kita bisa mencoba berbagai resep makanan sehat yang ada. 

Tetap Sehat di Kala Pandemi 

Mau pandemi atau tidak, sebenarnya banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Mungkin orang-orang menganggap olahraga hanya lari, bersepeda, atau bulutangkis di ruangan tertutup. Nyatanya yoga dan senam ringan di matras atau air tumble mat pun dapat membuat tubuh lebih prima. Terus di rumah tanpa berkegiatan malah akan memperparah keadaan atau menurunkan kondisi tubuh. 

Lalu, agar bisa tetap menjaga kondisi tubuh di kondisi sekarang, apa saja yang perlu disiapkan? 

Sediakan Tempat Khusus 

Tidak perlu ruangan luas yang memang disediakan untuk berolahraga. Tiap sudut rumah bisa menjadi tempat berolahraga asalkan ada niat. Hal yang penting adalah pastikan tempat tersebut cukup leluasa paling tidak untuk menaruh beberapa alat olahraga sederhana seperti inflatable tumble mats. Tidak familiar dengan alat itu? Tenang, akan dijelaskan di bagian selanjutnya. 

Pilih Pakaian yang Tepat 

Pakaian ketika berolahraga ternyata berpengaruh terhadap semangat kita. Ada perasaan berbeda yang hadir saat memakai pakaian khusus olahraga dibandingkan olahraga dengan pakaian sehari-hari. Apalagi ini olahraga yang dilakukan di rumah, perlu ada pembeda agar bisa memantik semangat. Selain itu, pakaian olahraga tentunya lebih nyaman dipakai daripada memakai pakaian biasa. Tidak perlu yang mahal, cukup celana training dan baju olahraga seperti jersey atau semacamnya. 

Pakai Alat yang Tepat 

Tiap jenis olahraga memiliki karakteristik sendiri. Pemilihan alat yang tepat terutama ketika berolahraga di rumah perlu diperhatikan. Tapi bukan berarti harus membeli alat-alat gym yang mahal atau segede gaban. Maksud alat yang tepat disini adalah alat yang sesuai dengan jenis olahraga yang kita lakukan. 

Salah satu pilihan alatnya adalah…. 

Air Tumble Mat sebagai Alat Olahraga di Rumah
Salah satu alat yang bisa dipakai untuk olahraga di rumah adalah air tumble mat. Alat ini mirip seperti matras tapi diisi dengan udara. Material yang digunakan terbuat dari Double Wall Fabric (DWF) yang terdiri dari 2 lapis vinyl berlapis dengan ribuan benang yang menghubungkan kedua lapisan. Matras berisi udara ini dikelilingi material Plato PVC yang intensitasnya mencapai 1000D dan edging strip-nya dikombinasikan dengan superglue dari Korea Selatan. Air tumble mat memiliki tiga tipe yang dibedakan dari tingkat ketebalannya. Tipe P1 dengan ketebalan 10 cm, tipe P2 dengan ketebalan 20 cm, dan tipe P3 yang memiliki ketebalan 30 cm. Tingkat ketebalan ini juga berpengaruh terhadap seberapa besar pantulan yang dapat dihasilkan. 

Air tumble mat for sale

Tertarik buat beli alat satu ini? Kalian bisa beli di Tumblemat dan bebas request sesukanya. Mulai dari ukuran, bentuk, warna panjang bahkan penambahan nama dan logo juga bisa. Ketika beli di tempat ini, mereka menyediakan garansi 2 tahun dan ada kit perbaikan gratis. 

Karena alat ini bisa request ukuran sesuka hati, penyimpanan pun bisa lebih mudah. Kita bisa mengukur agar nantinya alat ini bisa disimpan dengan mudah dan tidak memakan banyak ruang. Ketika tidak ingin dipakai dalam waktu lama atau mau dibawa ke suatu tempat, udara di dalamnya dapat dikeluarkan sehingga lebih praktis dalam penyimpanan. 

Manfaatkan Ponsel Pintar 

Setelah menentukan alat yang ingin dipakai, jangan lupa untuk memanfaatkan ponsel pintar dan jaringan internet di rumah. Kalau merasa bingung ingin olahraga apa atau merasa bimbang takut salah dalam melakukan berbagai gerakan, internet dapat menjadi solusi. Banyak tutorial yang bisa dijadikan referensi, apalagi di masa pandemic makin banyak praktisi yang memberikan arahan secara daring baik langsung ataupun melalui situs berbagi video. 

Membeli alat-alat tidak perlu langsung ke tempatnya, seperti air tumble mat yang bisa dibeli daring melalui Tumblemat. Bisa dipilih-pilih juga mau yang mana sesuai dengan keinginan. Untuk harga ukuran normal mulai dari $249 dan akan dapat tas khusus gratis untuk melindungi barang saat pengiriman dan ketika ingin dibawa ke berbagai tempat. 

Jangan Lupakan Urutan! 

Saat sudah punya alat dan menemukan tutorial yang tepat, pastikan untuk melakukannya sesuai urutan. Kadang ketika sudah menentukan salah satu jenis olahraga, kita melewatkan beberapa bagian karena terlalu susah atau malah mengganti-ganti video untuk mencari gerakan-gerakan yang disukai atau terlihat mudah. Ini adalah hal yang keliru. Bukannya sehat, melakukan olahraga tidak sesuai urutan malah akan berakibat buruk kepada kesehatan. Jangan sampai keinginan menjadi sehat dengan olahraga malah berbalik sakit karena asal dalam melakukan olahraga. Tidak perlu persis sama dalam tiap gerakan tapi paling tidak untuk urutan jangan diganggu. Kalau memang merasa tidak sanggup lebih baik mencari gerakan olahraga lain yang lebih ringan daripada melanjutkan namun tidak sesuai urutan.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

8 komentar untuk "Cara Nyaman Berolahraga di Rumah "

  1. Benar sekali kenyamaan berolahraga saat di rumah perlu diperhatikan . Begitu pula uruatan gerakan agar tak ada cidera. Dan yang jelas jika ditunjang keberadaan matras yang aman begini pasti makin nyaman olahraganya

    BalasHapus
  2. Pengin banget deh rutin olahraga biar badan bisa banyak gerak. Pas WFH gini, jadi jarang gerak. Duduk di depan laptop terus. Hikss.

    Sintia
    https://sintiaastarina.com/

    BalasHapus
  3. Saya kepengen punya matras seperti itu.. pasti olahraga pun jadi lebih aman dan nyaman kalau alatnya safety kaya itu

    BalasHapus
  4. berolahraga di rumah ternyata malah bagus buat mengajak seluruh anggota keluarga ikutan olahraga, apalagi si kecil malah happy banget dia ikutan.. matras ini jadi salah stu wishlist sih

    BalasHapus
  5. biasanya kalo pake alat2 yg unik olahraganya jadi lebih semangat ya. mudah2an gak di awal doang sih, hehe

    BalasHapus
  6. Saya nih termasuk paling urusan olahraga. Hehe.. Jangan ditiru yak. Paling yaa keliling sekitar kompleks jalan2 aja sambil mampir ke bazaar takjil. Hihi

    BalasHapus
  7. Kalau olahraganya nggak urut pasti ada efek sampingnya ya. Hahaha.. Kalau saya sama kayak mbak santi. Olahraganya muterin jalan di sekitaran rumah. Tapi kalau di rumah ada air tumble mat pasti lebih memudahkan banget ini

    BalasHapus
  8. Yoga, lompat tali juga bisa. Tapi kalau lompat tali sebaiknya rumah harus luas biar lebih bebas dalam bergerak.

    BalasHapus