Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Beragam Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

Manfaat temulawak untuk obat alami
Temulawak mempunyai nama latih curcuma xanthorrhiza dan mempunyai bentuk yang mirip dengan kunyit. Tanaman ini sendiri merupakan tanaman asli dari Indonesia dan mempunyai bentuk silinder dengan diameter sekitar 6 cm. Temulawak mempunyai kulit dengan warna kuning muda, tidak mempunyai akar tunggang tetapi rimpang, dan biasanya mempunyai rimpang ke samping dan kecil dengan jumlah 3 hingga 7 buah. Temulawak sendiri merupakan bahan alami yang menawarkan banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Manfaat temulawak tersebut tentu saja tidak terlepas dari kandungannya yang lengkap dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan. 

Dimana temulawak mempunyai kandungan lengkap seperti berikut ini: 

  1. Rimpang temulawak mempunyai kandungan kurkuminoid, minyak atsiri, protein, lemak, selulosa, dan juga mineral.
  2. Selain juga mempunyai kandungan abu, karbohidrat, kurkumin, kalium, dan natrium. 
  3. Di dalam temulawak juga mempunyai kandungan kalsium, magnesium, zat besi, mangan, dan kadmium. 
  4. Di dalamnya terdapat tiga kandungan zat aktif yaitu germakron yang merupakan antiradang. Selain itu juga mempunyai kandungan temuron yang mempunyai sifat antimikroba. Terakhir terdapat p tuloilmetillkarbinol dan seskuiterpen d kamper yang dapat meningkatkan produksi dan empedu. 

Berbagai kandungan yang dipunyai membantu temulawak untuk memberikan manfaat terbaik untuk kesehatan. Dimana hal tersebut bisa didapatkan apabila mengkonsumsi temulawak dengan dosis yang tepat dan dilakukan secara rutin. Mendapatkan temulawak sekarang ini juga sangat mudah karena bisa membeli produk yang mempunyai kandungan estrak temulawak di dalamnya. Seperti pada produk Herbana Relief Sari Temulawak yang kaya akan xhanthorrihizol dan kurkumin. Produk yang mempunyai ekstrak temulawak dan kaya akan antioksidan ini bisa memberikan berbagai manfaat terbaik untuk kesehatan. Dimana manfaat temulawak yang mempunyai kandungan sifat antivirus, anti inflamasi, dan antibakteri dapat memberikan manfaat kesehatan terbaik seperti berikut ini: 

  1. Perlindungan liver
    Manfaat utama dari bahan temulawak adalah dapat untuk perlindungan liver. Sehingga bagi yang ingin mencari liver agar tidak mengalami masalah kesehatan bisa untuk mengkonsumsi temulawak dengan rutin. Temulawak merupakan kandungan terbaik untuk melindungi hati dari hepatotoksin. Karena hepatotoksin dapat menyebabkan efek buruk pada hati sehingga membuat organ yang penting ini dapat bermasalah. Oleh karena sifatnya yang penting ini, maka temulawak bisa menjadi salah satu bahan alami yang dikonsumsi secara rutin agar mempunyai organ liver yang tetap sehat dan bekerja secara maksimal.

  2. Pereda nyeri otot
    Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan ketika dikonsumsi secara rutin adalah dapat meredakan nyeri otot. Bagi Anda yang ingin sering merasa nyeri otot dan kambuh, maka bisa untuk memanfaatkan bahan alami dari temulawak. Temulawak juga dapat mengatasi osteoarthritis yang dapat untuk mengatasi masalah sendi degeneratif. Sehingga ketika mengalami sendi yang kaku dan sakit bisa untuk diobati dengan temulawak yang mempunyai efek yang lebih baik dibandingkan mengkonsumsi ibuprofen ketika mengalami masalah osteoarthritis.

  3. Mencegah kanker
    Manfaat temulawak terakhir yang bisa didapatkan adalah dapat mencegah kanker. Penyakit kanker merupakan sakit yang berbahaya dan bisa mematikan. Sehingga agar dapat menghindari penyakit ini bisa untuk melakukan pencegahan yang ampuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi temulawak dengan dosis yang tepat. Manfaat dari temulawak untuk menghambat pertumbuhan kanker ini pernah dikemukakan dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2001. Manfaatnya dapat dirasakan terutama untuk kanker prostat yang memberikan manfaat untuk mencegah perkembangan dan pertumbuhan kanker prostat.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Inilah Beragam Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami "