Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyakit Berbahaya Yang Dapat Menyerang Sistem Imunitas Tubuh Manusia

Kenali 5 Penyakit Berbahaya Yang Dapat Menyerang Sistem Imunitas Tubuh Manusia
Tanpa disadari setiap harinya manusia berjumpa dengan berbagai macam virus dan bakteri. Setiap tahunnya tercatat ada banyak mutasi dari virus dan bakteri tersebut yang dapat membahayakan tubuh serta imunitas. Beberapa merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang sistem imunitas tubuh manusia. Sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan mampu menyebabkan hilangnya nyawa jika dibiarkan berlarut-larut. Seperti apa macam penyakit yang membahayakan tersebut, berikut ini sedikit informasi tentang beberapa penyakit berbahaya yang menyerang imunitas tubuh manusia. 

Diabetes Melitus Tipe 1 

Penyakit Diabetes Melitus merupakan jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat di dunia. Ada dua jenis tipe penyakit tersebut, pertama yaitu Diabetes Melitus Tipe 1 dan kedua yaitu Diabetes Melitus Tipe 2. Pada jenis tipe 1 dapat membahayakan imunitas tubuh, karena pada penyakit tersebut sel tubuh bekerja menghancurkan pancreas, sehingga gagal memproduksi insulin bagi tubuh. Sehingga akhirnya kadar gula darah tidak terkontrol dan menyebabkan resiko penyakit lainnya bagi tubuh tersebut. 

Penyakit Lupus 

Salah satu jenis penyakit berbahaya yang menyerang sistem imunitas tubuh yaitu penyakit lupus. Penyakit ini sering kali menyebabkan terjadinya peradangan pada beberapa bagian tubuh, terutama di area persendian. Hal ini disebabkan oleh karena jenis penyakit tersebut menyerang sistem imun tubuh dengan merusak sel dan jaringan yang ada pada tubuh. Sehingga pada akhirnya penderita penyakit lupus mengalami kerusakan jaringan dan sel tubuh secara perlahan. Gejala yang dialami oleh para penderita penyakit ini umumnya berupa demam tinggi, lalu muncul ruam merah di sekitar tubuh, mengalami kerontokan rambut yang tidak normal, hingga mudah lelah dan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. 

HIV 

Semua tentu sudah mengenali bahwa hingga detik ini penyakit HIV atau AIDS masih belum memiliki solusi pengobatan yang dapat membantu penderitanya untuk sembuh. Penyakit tersebut termasuk salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh manusia dan menyebabkan tubuh gagal berfungsi secara maksimal. Maka dari itu tidak heran jika penderita penyakit HIV pada akhirnya mengalami penurunan fungsi tubuh dan menjadi melemah, hingga akhirnya saat tidak dapat bertahan memiliki resiko meninggal dunia. 

Sindrom Guillain Barre 

Berikut ada pula penyakit yang bernama sindrom Guillain Barre yang juga menyerang sistem imun tubuh manusia. Penyakit ini berfokus menyerang jaringan saraf manusia yang ditandai dengan seringnya kondisi kesemutan pada tubuh maupun wajah. Di taraf yang membahayakan, maka kondisi ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada penderitanya. 

Multiple Sclerosis 

Terakhir ada juga jenis penyakit multiple sclerosis yang juga membahayakan sistem imunitas tubuh. Penyakit ini menyerang sistem perlindungan pada saraf manusia sehingga akhirnya menyebabkan kerusakan fatal pada saraf hingga otak. Maka dari itu penderita penyakit multiple sclerosis umumnya lama kelamaan akan kehilangan fungsi otak. 

Itulah beberapa penyakit berbahaya yang mampu melakukan penyerangan terhadap sistem imunitas tubuh manusia. Ada baiknya menjaga imunitas tubuh semaksimal mungkin untuk mencegah resiko penyakit berbahaya di atas. Misalnya dengan jalan makan makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup, hingga konsumsi suplemen tambahan penguat imunitas. Salah satu suplemen yang direkomendasikan yaitu Rhea Health Tone. Karena suplemen yang satu ini terdiri dari bahan-bahan herbal yang aman bagi tubuh dan tanpa efek samping. Dengan konsumsi
Rhea Health Tone secara rutin, tentu dapat menjaga imunitas tubuh menjadi lebih baik dan menghindari resiko serangan penyakit apapun.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

1 komentar untuk "5 Penyakit Berbahaya Yang Dapat Menyerang Sistem Imunitas Tubuh Manusia"