Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Tidak Salah Memilih HP Baru

Cara Agar Tidak Salah Pilih HP Samsung Terbaru
HP adalah kebutuhan yang dewasa ini sudah menjadi hal primer. Apalagi di masa pandemi yang membatasi pergerakan, komunikasi dilakukan secara virtual yang membuat hp sangat diperlukan. Bagi teman-teman yang ingin membeli hp baru, jangan sembarang membeli hp. Banyak komponen yang harus diperhatikan sebelum membeli hp baru. Apa saja itu? 

Tentukan Budget 

Ini hal paling penting, budget untuk membeli hp. Jangan sampai memilih hp dulu baru melihat uang di dompet. Pastikan sejak awal sudah menentukan berapa harga yang mau dibayar untuk membeli sebuah hp, jadi ketika nanti sudah menemukan beberapa pilihan hp, langsung seleksi pertama yang dilakukan adalah harga. Kalau memang kemahalan, jangan paksakan. Alternatif lain adalah langsung mencari informasi hp dengan rentang harga yang diinginkan. 

Tentukan Tujuan Pembelian 

Setelah menentukan harga, selanjutnya adalah perlu dipikirkan untuk apa membeli hp. Menunjang pekerjaan, ingin komunikasi lancar, atau sekadar gengsi. Hal ini perlu diperhatikan agar nantinya tidak menyesal ketika hp sudah dibeli. 

Ketika sudah menentukan harga dan tujuan, misalnya ingin memperlancar komunikasi dengan hp samsung terbaru dan budgetnya diantara 2 juta sampai dengan 3 juta, jangan lupa perhatikan komponen-kompen ini. 

Kamera 

Bagi yang ingin lancar dalam komunikasi, terutama kalau ingin video call, fitur kamera penting sekali diperhatikan terutama kamera depan. Selain itu, bagi yang ingin memakai hp untuk mengabadikan berbagai momen indah, kamera perlu diperhatikan. Bukan cuma besaran megapixel, berbagai hal lain perlu diperhatikan. Disarankan menonton beberapa review tentang kamera suatu hp sebelum membelinya agar tidak tertipu dengan iklan megapiksel yang ditawarkan. 

Desain dan Fungsi 

Teman-teman yang ingin mencari hp baru untuk gengsi, desain hp harus diperhatikan. Selain untuk gengsi, desain juga penting karena akan berpengaruh kepada kenyamanan kita saat memakai. Selain itu, fungsi juga jangan sampai dilupakan. Misalnya bagi yang di perkotaan cari hp dengan fitur NFC yang berguna dalam pengisian e-money dan teman-temannya. 

Ukuran Layar 

Kalau yang sering menonton video menggunakan hp, ukuran layar wajib diperhatikan. Ada berbagai ukuran layar dan juga jenis layar yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk yang memakai hp untuk video call pun hal ini bisa jadi salah satu pertimbangan karena akan berpengaruh pada tampilan muka lawan bicara. Ukuran layar akan berpengaruh kepada besarnya hp, jadi perlu diperhatikan agar nantinya tidak menyusahkan untuk membawa hp ketika bepergian. 

Prosesor 

Prosesor adalah komponen penting dalam hp. Komponen ini berperan sebagai penggerak hp dalam bekerja. Sebelum membeli, pastikan untuk riset prosesor yang terbaik. Banyak menonton review hp adalah salah satu cara untuk bisa menentukan hp yang cocok. Perhatikan juga kelebihan dan kekurangan tiap prosesor dan sandingkan dengan kebutuhan kita karena tiap prosesor pasti punya ranahnya masing-masing. 

RAM 

Hal yang penting juga adalah RAM. Sekencang apapun prosesor, kalau kapasitas RAM tidak memadai, bukannya membuat hp lancar malah jadi ngadat. Di era sekarang, dengan berkembangnya banyak aplikasi, disarankan memilih hp dengan RAM minimal 4 GB ke atas. 

Baterai 

Beli hp mahal-mahal tapi harus sering di-charge sepertinya kurang nyaman, apalagi kalau kita sering bepergian. Walaupun sekarang ada powerbank, tentunya ada batas dayanya juga. Kapasitas baterai ini berkaitan erat dengan berbagai hal seperti prosesor dan RAM, sehingga lagi-lagi disarankan untuk melihat review hp di berbagai sumber karena kekuatan baterai tiap hp bisa saja berbeda walaupun kapasitas yang tertera di spesifikasi sama. 

Kapasitas Penyimpanan 

Terakhir adalah kapasitas penyimpanan, penentuan tujuan pembelian hp bisa jadi penentu berapa besar kapasitas yang kita butuhkan. Hp yang hanya digunakan untuk komunikasi semata tentu berbeda dengan hp yang ingin digunakan untuk menyimpan berbagai kenangan. Selain itu, kalau ingin memakai hp untuk bermain gim, kapasitas tentunya harus dipertimbangkan karena gim memakan memori yang cukup besar. 

Pilihan HP Samsung Terbaru 

Kalau sudah mengetahui berbagai hal yang harus dicek ketika membeli hp baru. Salah satu brand yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk membeli hp adalah Samsung. HP Samsung terbaru memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Teman-teman bisa mulai melihat berbagai review hp Samsung dan silahkan cari yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencari hp!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

2 komentar untuk "Cara Agar Tidak Salah Memilih HP Baru"

  1. Untung jaman sekarang banyak hp murah dengan kualitas yang udah bagus, asal ga nurutin gengsi udah cukup

    BalasHapus
  2. Duh, bang rifqi mah... Bikin keinget sama hp yg bikin ngiler tapi tak sesuai dengan kapasitas keuangan diri. wkwk

    Makasih ya bang sarannya. Hp lebih ke kebutuhan rom, ram dan kualitas kameranya sih sekarang, soalnya dipake buat ngonten, ngedit video, foto, dll. wkwk

    BalasHapus