Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisahku Bersama Games

Permainan adalah salah satu cara untuk menghilangkan penat, sejak dahulu kala sudah banyak permainan yang dimainkan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Berkembangnya teknologi membuat permainan pun ikut berkembang, dari yang awalnya dimainkan secara bersama sama di dunia nyata sekarang bisa pula dimainkan secara virtual. Adanya pandemi membuat permainan virtual pun menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mencari hiburan kala tidak bisa bermain secara nyata karena interaksi yang harus berkurang. 

Berkenalan dengan Komputer Sejak Dini 

Aku lahir di daerah pinggiran kota yang masyarakatnya cukup tradisional. Era 200an sepertinya bukan waktu yang terlalu cepat untuk mengenal komputer, namun di tempatku lahir dan besar, komputer adalah hal yang baru di kala itu. Sepertinya aku adalah 1 dari sedikit orang yang sudah mengenal komputer sejak dini. 

Aku tidak terlalu ingat komputer pertamaku, tapi memori tentang bermain komputer sejak aku masih kecil masih tertanam di benakku. Kenangan samar diriku kala balita memainkan keyboard dan menatap layar monitor masih kuingat. Sangat bersyukur rasanya punya orangtua yang melek akan teknologi walaupun berada di tempat yang mayoritas tidak memahaminya. 

Sering Ke Kantor Bapak untuk Bermain Game 

Bapakku adalah guru SMA. Sejak SD aku sering pergi ke SMA beliau setelah dijemput dari sekolah. Setelah mengenal komputer di rumah, ketika di sekolah pun aku bermain-main di laboratorium komputer. Kebetulan bapak adalah pengelolanya, jadi aku bisa bebas bermain di dalamnya. Di beberapa kesempatan ketika bapak mengajar komputer, aku ikut mendengarkan dan mempraktikkan yang diajarkan beliau di komputer di depanku. Ya, ketika SD aku sudah ikut pelajaran komputer SMA. 

Bermula dari WiFi Sekolah 

Berbicara mengenai games, awalnya aku hanya mengenal games offline. Games yang diinstall dari VCD atau yang diberikan oleh omku yang memang suka main games. Sejak SMA bapak memasang WiFi di sekolah, aku berkenalan dengan internet. Setelah masa kecilku udah dihabiskan dengan belajar tentang fitur-fitur umum dari komputer dan beberapa aplikasi di dalamnya, aku menyelami dunia internet. Semuanya kualami saat SD. 

Mungkin bagi anak-anak ibukota di tahun 2010 ke atas, berkenalan dengan internet adalah hal biasa, namun di tempatku, sepertinya hanya segelintir anak-anak yang memiliki kesempatan bertemu dengan namanya internet. 

Pemandangan Basket dengan Laptop di Depan Mata 

Selain ketika pulang sekolah, di beberapa kesempatan aku ikut bapak ketika mengajar di sekolah saat sore hari. Tujuannya tentu satu: berselancar di internet. Tapi tentunya aku tidak langsung bisa bebas berselancar tanpa ada hal yang mesti kulakukan. Sebelumnya aku harus membantu bapak presentasi materi di depan murid-murid. Ya, aku sudah terlatih menjadi asisten sorot sejak SD. Setelah tugasku selesai dan murid-murid mengerjakan soal, barulah aku bisa memakai laptop untuk berselancar. Biasanya laptopnya kubawa keluar kelas dan bermain di tempat yang kuinginkan. Spot yang kusuka adalah di depan lapangan basket. Jadi aku bisa berselancar sekaligus melihat kakak-kakak bermain basket. Di beberapa kesempatan kakak SMA ikut melihat yang kucari. Tebak apa yang kucari ketika berselancar. Yap, GAMES! 

Memasang Modem karena Games Online 

Orangtuaku bukan programmer, aku pun baru tau mengenai coding ketika SMA. Jadi, saat kecil, yang kucari tidak jauh-jauh dari permainan alias games. Sejak mengenal internet, aku pun mencari games yang bisa dimainkan secara online. Bukan hanya di laptop, di komputer yang ada di laboratorium SMA pun aku bermain games. Bahkan, aku mengajari temanku untuk bermain games. Ya, kami bermain bersama di komputer SMA saat masih SD. 

Aku juga meracuni bapak untuk bermain games online sampai kami membeli modem untuk bisa bermain games online di rumah. Ya, dulu tidak ada WiFi yang bisa dipasang di rumah sehingga kami membeli modem. Sejak saat itu, makin banyak yang kucari di internet. 

Banyak Bermain Game Bola 

Menginjak SMP lalu SMA, permainan yang kumainkan lebih banyak games offline lagi. Ada satu games bergenre olahraga tepatnya sepakbola yang sering kumainkan baik di rumah maupun di sekolah ketika jam kosong. Tapi, di beberapa kesempatan aku masih memainkan games online. Karena tidak memiliki uang untuk membeli ponsel pinter dengan spek mumpuni untuk bermain games, aku tidak mengikuti trend games online yang dimainkan di ponsel. 

Capek Kerja, Kembali Nyari Game Santai 

Sekarang aku sudah bekerja, salah satu hal yang sangat dinantikan tentunya adalah saat bersantai. Games online adalah salah satu caraku untuk bersantai setelah kepenatan bekerja seharian. Akhir-akhir ini aku menemukan satu situs yang bisa kalian akses untuk mencari game yang santai dan bisa dimainkan online. Nama situsnya itu plays.org. ada banyak game sederhana yang bisa kalian mainkan dan beberapa merupakan game edukasi yang bisa dimainkan bersama anak atau adik. 

Tampilannya cukup menarik dan ada begitu banyak kategori games yang bisa dipilih. Satu hal yang menarik adalah adanya fitur random plays, bagi yang suka kejutan dan ingin mencoba hal baru atau bingung ingin memainkan apa, fitur ini bisa dicoba karena menampilkan game secara random. Aku sendiri pasti memakai fitur ini ketika ingin main game dan hasilnya, game-nya menarik.

Penasaran dengan game yang tersedia di situs ini? Berikut beberapa games yang sudah kumainkan, mungkin bagi yang penasaran beberapa jenis game-nya bisa dibaca beberapa game yang pernah kucoba. 

Star Wars X-Wing Fighter Flying Game 

Ini game pertama yang kucoba. Jadi kita berperan sebagai pesawat tempur yang menembaki musuh. Kalau yang pernah menonton star wars pasti paham dengan referensi dari karakter di game ini. Permainannya cukup gampang, kita tinggal menggerakkan mouse agar bisa menembah musuh dengan tepat. 

Grizzy Whack a Lemming: Quick Reaction Clicker Game 

Game selanjutnya yang kucoba berfokus pada kecepatan tangan. Intinya kita mengklik tiap kali ada lemming muncul di layar. Game sederhana untuk menghilangkan stress atau bagi teman-teman yang ingin mengurangi kegabutan. 

States of Matter: Kids Science Game 

Bagi yang kebingungan dengan game edukasi untuk anak, di situs juga tersedia game edukasi. Aku menemukan game edukasi yang mengajari tentang jenis beda seperti padat, cair, dan gas.

Masih banyak lagi games di situs plays.org. silahkan bagi teman-teman yang ingin melepas penat dengan game sederhana, situs ini bisa jadi salah satu pilihan.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

1 komentar untuk "Kisahku Bersama Games"