Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Dress Secara Online

Dress adalah salah satu jenis pakaian yang bisa dipakai dalam berbagai kegiatan. Di saat pandemi seperti sekarang, belanja dresses online menjadi hal yang sering dilakukan. Walaupun sudah sering belanja secara daring, apakah masih ada yang merasa kesulitan atau bingung ketika memilih dress secara daring? Kalau iya, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan: 

Cek Detail Baju 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah masalah detail baju. Jangan hanya terpaku pada kategori, misalnya kita mencari baju di kategori casual dresses, belum tentu semua baju cocok untuk kasual. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Membeli baju secara daring tentunya membuat kita tidak bisa melihat fisiknya secara langsung sehingga detail yang disediakan mulai dari deskripsi sampai dengan foto harus diperhatikan dengan jelas agar jangan sampai salah pilih. 

Pastikan Mengetahui Ukuran Baju

Jangan asal memilih baju apalagi secara daring, karena tidak bisa mencoba secara langsung maka size chart harus benar-benar diperhatikan. Perhatikan ukuran yang terdapat di size chart dan sesuaikan dengan tubuhmu, menyamakan ukuran dengan baju yang dimiliki sangat mungkin ada perbedaan sehingga baju terlalu besar atau kecil. Selain itu, menggunakan berat atau tinggi badan sebagai acuan adalah kesalahan karena tidak berhubungan dengan size chart. 

Bandingkan Harga dengan Kualitas

Detail lain yang harus diperhatikan adalah masalah harga dan kualitas. Ini berkaitan dengan poin-poin selanjutnya. Salah satu kelebihan belanja daring adalah keleluasaan untuk membandingkan dengan banyak aspek secara cepat termasuk harga. Harga murah bukan berarti murahan dan sebaliknya, tapi juga tidak menutup kemungkinan memang seperti itu. Makanya semuanya harus seimbang, kita perlu tahu harga wajar dress yang kita beli agar tidak mengeluarkan uang yang terlalu banyak tapi juga tidak terjebak dengan barang murah yang tidak berkualitas. 

Pilih Seller dengan Reputasi Bagus 

Setelah detail barang, selanjutnya perlu juga diperhatikan mengenai penjual. Reputasi seller adalah hal penting yang perlu dilihat selain barang yang dijual karena kualitas barang sangat ditentukan oleh kualitas seller. 

Baca Review dari Para Pembeli

Setelah reputasi dari seller sudah dirasa bagus, jangan lupa untuk membaca review dari pembeli terkait barang yang ingin kita beli. Bintang dan tulisan dari pembeli dapat menjadi tambahan informasi selain detail barang yang sudah disediakan seller. Biasanya review pembeli punya sudut pandang berbeda dari penjual yang penting untuk dibaca. 

Perhatikan Masalah Pengiriman Barang 

Belanja daring membuat kita bisa membeli barang dari seluruh Indonesia. Masalah pengiriman menjadi hal yang sangat penting. Fitur gratis ongkos kirim, asuransi, serta packing yang aman harus diperhatikan dengan baik. Pastikan juga ada fitur return agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada solusi yang diberikan. Dan dari sisi pembeli, pastikan untuk menyimpan bukti transaksi agar mudah dalam melakukan klaim. 

Belanja daring memang memberikan banyak kemudahan, misalnya ketika ingin mencari dress untuk wanita tinggal menulis dresses for girls dan muncul banyak pilihan. Tapi, banyak hal lain yang harus diperhatikan agar tidak salah beli karena tidak bisa mencoba barang yang dipakai secara langsung. Namun, sekalipun ternyata salah beli, tidak jadi masalah selama sudah memastikan sejak awal bahwa ada fitur yang mengakomodir kesalahan yang disebabkan baik dari sisi pembeli maupun menjual.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Dress Secara Online"