Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Apa dengan Blogwalking Asik?

Gimana sih Serunya Blogwalking di Blogwalking Asyik
Blogging adalah salah satu aktivitas yang sudah kulakukan sejak lama. Sejak awalnya memakai nama blog yang tidak sudi kusebutkan sampai akhirnya memakai domain yang sekarang. Walaupun belum mencapai puncak karier sebagai seorang bloger, perjalananku sebagai bloger tentunya jauh lebih baik daripada diriku di awal mengenal apa itu blogger.com. Toh, daripada terus bersedih karena tidak bisa mencapai puncak, kita harus mengapresiasi pencapaian yang sudah diraih sejauh ini, bukan? 

Tulisan kali ini tidak bercerita mengenai perjalanan dari situs ini atau kenapa aku suka menulis, namun ini akan menjadi salah satu apresiasi dari grup blogwalking yang kuikuti. Di sisi lain, ini salah satu cara agar aku tidak dikeluarkan dari grup, hehe. 

Apa itu Blogwalking? 

Blogwalking itu apa sih? Berdasarkan definisiku, blogwalking itu terdiri dari kata ‘blog’ yang merujuk ke blog itu sendiri dan ‘walking’ yang artinya berjalan. Jadi, kalau kita gabungkan seperti Goku dan Vegeta yang melakukan fusion, blogwalking adalah berjalan-jalan di blog. Sederhananya kegiatan para bloger untuk mengunjungi blog orang lain. 

Blogwalking bisa dijadikan salah satu cara untuk menambah pengunjung di blog seseorang namun bagiku, blogwalking merupakan cara untuk menjalin silaturahmi dengan blog blog lain. Dulu, banyak kolom komentar blog yang bisa diibaratkan sebagai ruang tamu bloger karena para pengunjung bukan sekadar meninggalkan jejak tapi benar-benar berinteraksi disitu. Ini tentu berbeda dengan komentar dari pembaca yang bukan berasal dari kegiatan blogwalking. Lewat blogwalking ini juga aku mendapatkan banyak relasi bloger. 

Kalau kita mempunyai kenalan baru, biasanya perlu waktu untuk bisa mengenal orang tersebut. Kadang, bagi orang-orang tertentu tidak mudah untuk memulai pembicaraan dengan orang yang baru kenal, kebingungan biasanya berasal dari topik yang akan dibahas. Hal ini tentunya tidak terjadi bagi kalangan bloger yang rutin blogwalking karena tiap kali mereka mengunjungi blog orang lain, hal pertama yang dia lakukan tentu adalah membaca cerita orang tersebut. Bahkan sebelum mereka kenalan, para bloger yang berinteraksi di kolom komentar sudah mendengar cerita dari pemilik blog. Makin sering blogwalking berarti makin banyak cerita yang dibaca. Jadi, ketika nantinya para bloger bertemu, pasti sudah tahu topik yang harus dibicarakan. 

Grup Blogwalking 

Bagaimana cara bloger blogwalking? Apakah mereka random memilih blog yang dikunjungi lalu meninggalkan jejak disana berharap akan dikunjungi balik? Ya, beberapa bloger memakai cara ini. Namun ada juga yang membentuk komunitas atau sekadar grup di sosial media seperti Whatsapp atau Facebook untuk bertukar link. Aku sendiri mengenal blogwalking melalui grup. 

Ada banyak grup blogwalking yang sudah kuikuti, salah satu yang masih aktif sampai sekarang adalah Blogwalking Asik. Seperti namanya, grup ini tidak punya aturan yang kaku untuk blogwalking. Bukan hanya itu, kata asik di grup ini menurutku juga berkaitan dengan suasana grup yang memang menyenangkan. 

Kesan Pesan di Blogwalking Asik 

Jujur, kalau ditanya kapan aku mulai masuk grup ini, aku juga lupa. Ikut nimbrung di dalamnya pun aku jarang. Tapi, yang membuatku betah di grup ini adalah berbagai obrolan dari bloger di dalamnya. Banyak cerita menarik yang bisa kudapatkan dari obrolan di grup ini. Tips yang paling kuingat di grup ini adalah mengenai cara untuk menang lomba blog karena tiap kali ada pengumuman lomba blog, pasti selalu ada nama bloger yang diucapkan selamat. 

Blogwalking Asik bagiku bukan sekadar grup untuk menambah jumlah pengunjung dan komentar di blog, berbagai kisah di dalamnya banyak yang membuatku semakin termotivasi untuk menulis dan meningkatkan skill blogging. Ditambah aturan yang ada untuk blogwalking tidak terlalu kaku sangat bagus karena aku sendiri bukan full-time blogger, masih ada pekerjaan utama yang harus diprioritas. Apalagi sekarang aku masih belum bisa mengatur waktu dengan baik antara blog dan pekerjaan utama. Salah satu PR yang sampai saat ini belum terselesaikan. Selain bercerita mengenai blog, grup ini juga sering membahas hal lain di luar blog namun tetap menarik untuk diikuti. Kadang hasil obrolan di grup ini bisa jadi ide untuk menulis konten baru. 

Harapanku untuk blogwalking asik, buat para adminnya tetap semangat menjaga grup ini. Semoga bisa tetap bertahan di tengah gempuran berbagai grup-grup blogwalking lain. Buat para anggotanya semoga tetap konsisten ngeblog karena salah satu hal yang bikin grup blogwalking ‘mati’ tentunya warga di dalamnya yang sudah tidak update blog lagi sehingga list blogwalking sepi. Semoga blogwalking asik tidak pernah sepi. 

Aku juga mohon maaf kalau selama ini jarang ikut nimbrung kalau sedang ada obrolan menarik, bahkan ikut nge-list aja jarang. Alasan utamaku adalah manajemen waktu, sampai saat ini masih belum bisa membagi waktu karena tempatku bekerja sering sekali berubah, baru mulai beradaptasi dengan pekerjaan baru, dipindah lagi ke pekerjaan berikutnya. Ini yang membuat kadang blog terbengkalai dan tidak sempat blogwalking. 

Tapi, ke depannya aku berusaha akan lebih baik lagi. Sukses terus untuk blogwalking asik!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

19 komentar untuk "Ada Apa dengan Blogwalking Asik?"

  1. Satu Server kak jarang nimbrung tapi suka nyimak. Memang asyik banget obrolannya ditambah lagi orang-orangnya ramah lucu lagi.

    BalasHapus
  2. Memang kita butuh ada grup blogwalking yang aktif ya dalam blogwalking. Meskipun mungkinkitanya yang kurang aktif hanya jadi pengamat, kita bisa dapat informasi dan wawasan juga di dalamnya.

    BalasHapus
  3. Setuju banget kalo di grup BWA ini banyak master lomba. Siapa tau ya kita bakalan ketularan menang lomba. Kan udah sering dishare juga gimana pengalaman mereka ngikutin lomba. Apa aja ikhtiarnya. Jadi minimal kita bisa mengikuti jejak beliau

    BalasHapus
  4. Kalo aku sendiri punya grup BW tuh ada 3, hihi.. Ya orang-orangnya itu-itu juga padahal. Tapi seru sih.

    Btw, ini lomba kecil-kecilan dari BWA atau apa ya, kak? Soalnya beberap nemu tulisan yg sama tentang BWA, hehe.. jadi kepo.

    BalasHapus
  5. Suka jalan-jalan ke blog teman, meskipun tema tulisannya sama tapi sudut penulisan yg berbeda, jadi banyak ilmu yg didapat dari teman-teman

    BalasHapus
  6. Ternyata Blogwalking Asik ini nama sebuah grup blogwalking ya. Asik sekali grupnya, karena bahasan di sana pun banyak yang bermanfaat.

    Iya, dengan blogwalking, selain bisa kenalan sama teman sesama bloger, bisa sesekali dapat ide juga dari apa yang dituliskan lebih dulu sama teman bloger tadi.

    BalasHapus
  7. makin banyak aja yaa grup blogwalking.. aku juga ikut beberapa sih Kak, kalo kebanyakan suka bingung sama grup wa yang selalu ramai hihi yang penting tetap berusaha konsisten ikut aja

    BalasHapus
  8. Sesungguhnya aku kangen Blogwalking organik, alias BW yang datang sendiri tanpa nulist di daftar WAG hehehe :) Enak rasanya dan aku pun membalas mereka tentuuuu :) Kalau yang di list seru juga sih terutama buat nambah pageview :) Asik2 aja lah yang penting komentarnya positif dan ga menjatuhkan supaya sama2 support :D

    BalasHapus
  9. Aku bertanya-tanya lho, kenapa nama blog yang awal nggak sudi menyebutkan. Hehehe

    Tapi emang iya sih. Grup blogwalking asik memang asyik. Ada banyak perbincangan seru yang bermanfaat banget.

    Meski yah, aku juga jarang ikutan dalam berbincang. Atau bisa dibilang, aku adalah silenr reader gitu deh. Hehehe

    BalasHapus
  10. Wahh ak gabung grup bw khususnya jadi banyak belajar soal dunia tulis menulis, ternyata banyak juga orang-orang dengan tulisan yang bagus. Dari situ termotivasi juga menulis yang baik dan benar, dan berkualitas untuk pembaca. Kalau bisa bermanfaat dan membantu banyak orang itu rasanya bikin lega hhi

    BalasHapus
  11. jadi ingin bergabung juga dengan grup BWA, ini perlu mendaftar ke mana ya? siapa tahu jadi tertular juga ilmunya dari master-master lomba yang ada di grup juga.

    perkara blogwalking ini memang betul perlu mengalokasikan waktu, ya. karena membaca dengan berbagai topik, makin ke sini apalagi dengan kesibukan harus pandai-pandai membagi energi. kadang cuma ngeblog saja, BWnya baru akhir-akhir menyusul.

    BalasHapus
  12. Ada keseruan yang terjadi saat melakukan BW, baik dari segi manfaat yang sudah diuraikan di atas, juga buat melatih memanage waktu. Karena di situ ada deadline yang harus diikuti, dan kita dituntut disiplin, sefleksibel apapun aturan yang dibuat. Sekaligus buat melihat seberapa jauh kita bertanggung jawab pada aturan. Soalnya ada kan yang pengennya ngelist aja, tapi abai pada deadline, bahkan sampai harus dikeluarkan karena berkali2 ga komit :D

    BalasHapus
  13. saya gabung dalam beberapa grup blogwalking, Kak. Dulu aktif banget ikut ngelist di hampir semua grup, tapi beberapa bulan terakhir karena kesibukan kantor saya mengurangi intensitas ikut bewe. Insyaallah Januari nanti bisa kembali aktif bewe agar pageviews blog meningkat lagi

    BalasHapus
  14. wah mau dong gabung ke grup blogwalking asik.. kelihatannya asik seperti namanya hehe..

    BalasHapus
  15. Aku gabung di beberapa group BW juga, tapi sering ikut serta di beberapa aja. Memang yg sulit mempertahankan keseruan di group yaa mas, karena bikin group BW sih mudah tapi bikin keterlibatan anggota utk aktif di grup itu tantangam sendiri.

    BalasHapus
  16. Blogwalking bagiku adalah ajang aku belajar memahami bahasa melalui tulisan. Dan gak jarang juga mendapatkan ide luar biasa dari blogwalking. Seperti tulisan-tulisan cerdas yang simple.
    Selain itu juga belajar memberikan pendapat yang baik. Karena aku sering melihat komentar yang kurang pantas, misalnya di blog yang sedang campaign. Tapi karena massal, hampir semua list BW isinya seragam.

    Jadi kalau dihadapkan dengan masalah ini, kudu kreatif sebagai tamu. Jangan memberikan pendapat yang berlawanan dari tulisan.

    Lo..komenku gak terasa sudah panjang.
    Mohon maaf, hehhee..kalo komen suka sekalian curcol.

    BalasHapus
  17. Aku sedang menunggu biar bisa dimasukkan ke Blogwalking Asik nih. Soalnya banyak yang nulis tentang grup BW yang satu ini, aku jadi penasaran pengen ikut. Apalagi yang nulis banyak blogger hits juga. Pengen ikut gabung biar bisa belajar banyak dari blogger2 kece lainnya.

    BalasHapus
  18. bermula dari iseng2 ikut blogwalking malah jadinya ketemu dgn para suhu di dunia per blog an. jadi ketemu teman2 dari berbagai daerah meskipun masi virtual. BW juga bisa jadi jalan ninja untuk para newbie yg ingin ningkatin hits harian di blog.

    BalasHapus
  19. Blogwalking itu enak sebenernya. Kita bisa saling berkunjung ke blog lain dan blog kita pun juga akan kedatangan pengunjung. Tapi belakangan ini banyak sekali blogger yang asal blogwalking tanpa membaca tulisan secara menyeluruh.

    BalasHapus