Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Kurikulum Internasional di Indonesia

Peran Kurikulum Internasional di Indonesia
Pada UUD 1945, disebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Inilah yang membuat ada gerakan wajib belajar 12 tahun. Pendidikan adalah salah satu tonggak dari berbagai hal seperti pembangunan karakter dan persiapan kompetensi bekerja peserta didik. Orang tua adalah sekolah pertama anak-anak namun pendidikan dasar adalah tempat mereka akan menghabiskan sebagian besar harinya di masa kecil. Ini artinya penting untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan tumbuh kembangnya. 

Indonesia sudah memasuki era globalisasi, persaingan yang terjadi sekarang bukan hanya antar sesama penduduk Indonesia tapi dunia. Pendidikan juga harus menyesuaikan tantangan ini sehingga pendidikan internasional adalah hal yang harus dimiliki oleh sistem pendidikan Indonesia. Memiliki kurikulum internasional akan membuat peserta didik memiliki kompetensi bekerja yang setara dengan saingan mereka di belahan dunia yang lain. 

Apa itu Kurikulum Internasional? 

Kurikulum merupakan seperangkat “alat” mata pelajaran yang dipakai guru dalam proses pembelajaran. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi mencapai tujuan pendidikan. Menurut Mauritz Johnson, kurikulum merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi, serta proses pendidikan. 

Kurikulum internasional merupakan kurikulum yang dipakai oleh banyak negara. Indonesia menerapkan kurikulum internasional yang dikombinasikan dengan kurikulum lokal

Kondisi Sistem Pendidikan Indonesia Saat Ini 

Tingkat pendidikan Indonesia dibandingkan negara lain di dunia menurut salah satu survei berada di peringkat 54 dari 78 negara. Ini artinya negara kita berada di tengah-tengah dalam urutan pendidikan. Tidak jelek pun tidak bisa dibilang bagus. Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan tingkat pendidikan ini adalah dengan menerapkan kurikulum internasional. 

Contoh dari Pendidikan Internasional di Sampoerna University

Kenapa Harus ada Kurikulum Internasional 

Berada di era globalisasi membuat pendidikan internasional menjadi sebuah keharusan. Salah satu cara agar masyarakat Indonesia dapat bersaing pada kompetisi dunia adalah belajar menggunakan cara yang sama dengan mereka. 

Ini bukan berarti kita harus meniru cara mengajar mereka, namun kita dapat mengadaptasi cara positif tersebut. Memakai pendidikan internasional dalam pendidikan dapat menanamkan pola pikir internasional pada peserta didik sehingga cara pandang mereka bisa sejalan dengan cara pandang global. Lalu, keuntungan apa saja yang didapat dari kurikulum internasional? 

Mendapatkan Gelar Internasional 

Peserta didik yang memilih untuk mengeyam pendidikan di kurikulum internasional bisa mendapatkan keuntungan berupa gelar internasional. Misalnya peserta didik di Sampoerna University yang menerapkan pendidikan internasional bekerja sama dengan University of Arizona. Sebagai satu-satunya universitas dengan standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas, dan operasional Amerika Serikat di Indonesia, kampus ini menawarkan Program Gelar Ganda. 

Ini artinya peserta didik dapat belajar belajar selama 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan lulus dengan 2 gelar: Gelar Sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar Sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna University. 

Apa keuntungan gelar internasional? Pertama adalah membuat CV menjadi lebih cantik. Ketika mencari pekerjaan, lulusan gelar internasional pasti dianggap memiliki kemampuan untuk bersaing di era global. Selain itu, ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master dan ingin memilih kampus luar negeri, gelar internasional dapat memuluskan jalan menuju ke sana. 

Mengasah Bahasa Inggris 

Selain gelar internasional, bahasa yang digunakan pastinya bahasa internasional pula, yaitu bahasa inggris. Kemampuan reading, listening, speaking, dan writing pasti akan terasah ketika berkuliah dengan kurikulum internasional. 

Kemampuan bahasa inggris ini sangat dibutuhkan untuk mendapat sertifikat profiensi bahasa inggris seperti IELTS atau TOEFL. Sertifikat ini menjadi syarat dalam berbagai hal seperti melanjutkan pendidikan di luar negeri atau melamar pekerjaan di sektor tertentu. 

Di sisi lain, dengan berada di era globalisasi, komunikasi menjadi tidak terbatas. Belajar bahasa inggris sebagai bahasa internasional adalah kewajiban agar tetap dapat bersaing dan mendapatkan ilmu dari berbagai tempat. 

Mempunyai Kemampuan Internasional 

Institusi pendidikan dengan kurikulum internasional terbukti menciptakan lulusan berkualitas. Sampoerna University misalnya, 94% lulusannya dapat bekerja dalam jangka waktu 3 bulan. Alumninya tidak tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan nasional tetapi juga perusahaan internasional. Selain itu, Lebih dari 70% anggota fakultas Sampoerna University memiliki gelar Doktor sehingga dari sisi keilmuan dapat dipertanggungjawabkan. 

Kelebihan Kurikulum Internasional untuk menguasai kompetensi bekerja
Pendidikan internasional memberikan pembelajaran berstandar global yang telah diakui oleh negara-negara di dunia. Selain itu, ada pula pembelajaran multikultural sehingga peserta didik mengenali dan memperluas wawasan internasional. Hal ini sangat membantu ketika nantinya melanjutkan studi di universitas luar negeri. 40% dari 200 universitas terbaik di dunia berada di Amerika Serikat. University of Arizona sebagai mitra Sampoerna University berada di peringkat nomor 46 di dunia, menurut Council of World University Rankings (CWUR) untuk tahun 2020 – 2021.

Kompetensi bekerja di era globalisasi membutuhkan pola pikir internasional yang produktif. Salah satu cara tercapainya hal tersebut adalah mendapatkan studi di tempat pendidikan internasional. Sampoerna University dapat menjadi salah satu pilihan. Kelebihan mengeyam pendidikan di kampus tersebut adalah fleksibilitas terkait pendidikan. Lulusannya mendapatkan gelar internasional tanpa harus pergi ke luar negeri. 

Fleksibilitas ini membuat peserta didik dapat menghemat hingga 75% dari biaya pendidikan internasional. Tantangan ke depan akan semakin mudah dipahami apabila masyarakat Indonesia dapat menempuh pendidikan internasional.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

39 komentar untuk "Peran Kurikulum Internasional di Indonesia"

  1. Keren banget nih, Sampoerna University, tanpa harus ke luar negeri bisa mendapatkan pendidikan dengan kurikulum internasional. Sebab sudah memiliki kurikulum internasional sudah barang tentu ijazah pun demikian. Bermodalkan ini semoga karir anak-anak muda gemilang hingga mencapai kancah internasional ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, benar banget Kita bisa kuliah full di Indonesia tapi mendapatkan gelar internasional. Keren kan

      Hapus
  2. waaah indonesia menempati ranking 54 dari 78 negara itu artinya PR kita banyak banget ya. semoga sistem pendidikan di indonesia bisa segera menerapkan kurikulum internasional yaaa, yang sekarang juga udah bagus sih tapi masih banyak yang harus dibenahi baik dari guru maupun ortunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Amin, perlu kerjasama di berbagai bidang sih untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik ke depannya

      Hapus
  3. Tingkat pendidikan di Indonesia masih berada di tengah-tengah ya peringkatnya. Masih perlu banyak dibenahi ya Kak.

    Kurikulum internasional saya baru dengar. Wah bisa dapat 2 gelar sekaligus ya, kuliah di Indonesia tapi bisa dapat gelar internasional. Semoga bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini ya, jika diterapkan.
    Makasih Kak sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. PR banget ya kak untuk indonesia meningkatkan taraf pendidikan. PR kita bersama sih sebetulnya. apalagi saya sebagai orangtua. semoga ada banyak lembaga pendidikan yang mengikuti langkah sampoerna university yang menyediakan pendidikan berkualitas internasional

      Hapus
    2. Setuju banget kak, banyak yang harus dibenahi dari pendidikan kita agar kita bisa bersaing. PR kita bersama termasuk orangtua juga setuju banget, karena orangtua adalah madrasah pertama anak

      Hapus
  4. Benyak dampak positif kurikulum internasional yang bisa mengantarkan kesuksesan sang anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget kak, di era globalisasi ini pendidikan internasional adalah hal yang penting banget biar nanti anak bisa berkembang dan bertahan di situasi global

      Hapus
  5. wah beruntung sekali ya kak Sampoerna University ini ada kurikulum internasional agar dapat bersaing pada kompetisi dunia global seperti saat sekarang ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kalau mau dapet gelar internasional bisa nih dipilih Sampoerna University sebagai tempat melanjutkan studi

      Hapus
  6. Kalau negara ingin bisa bersaing di era globalisasi memang harus siapkan armada yang berdaya saing global juga ya. Its so obvious kalo kurikulum internasional salah satu jawaban mempersiapkan generasi muda berdaya saing global. Untungnya sudah ada lembaga pendidikan yang punya kurikulum internasional bahkan memberi kesempatan peserta didiknya mendapat double degree ya seperti Sampoerna University. Langkah yang tepat dalam menyongsong persaingan global, semoga bisa di tiru oleh lembaga pendidikan lain terutama sistem pendidikan Indonesia secara keseluruhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget kak, ini tepat banget langkah kalau kita bergabung di Sampoerna University untuk bisa bersaing di persaingan global

      Hapus
  7. Keren sih ini Sampoerna University, anak jadi semakin meningkat kemampuannya. Mahir bahasa inggris sangat penting di masa sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, bahasa inggris kan sebagai bahasa internasional harus banget bisa kita pelajari

      Hapus
  8. Gelar sarjana internasional jadi dambaan banyak orang yang ingin mengejar karier bagus. Kalau sudah ada di Indonesia, wah, harus dimanfaatkan benar, nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar kak, dengan gelar sarjana internasional pasti bisa menarik HRD

      Hapus
  9. betul sekali kak peran kurikulum international saat ini memang sangat penting ya untuk mencetak generasi Indonesia yang lebih gemilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, kurikulum internasional membawa pemikiran baru kepada peserta studi

      Hapus
  10. Banyak ya yang bahas kurikulum internasional ini. Biar pada ngeh jika penting untuk pendidikan di negeri kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting sekali memang kurikulum internasional ini bisa diadaptasi dengan pendidikan kita agar generasi masa depan bisa bersaing dengan kompetensi bekerja internasional

      Hapus
  11. Kehadiran kurikulum internsional ini memang penting banget ya di masa sekarang, apalagi buat kita yang fokusnya ingin kejar karir internasional. Mengingat zaman sekarang juga persaingan kerja makin ketat

    BalasHapus
  12. Wah ternyata keren banget ya Sampoerna University, saya baru tahu. Saya juga sering merasa kecewa dengan kurikulum kita di sini karena saya rasa kok tak efektif ya pembelajarannya. Sekarang diterapkan pola belajar mengajar merdeka, nah tergantung cara gurunya. Kalau gurunya bagus, muridnya jadi pintar juga. Keren banget dah kalau bisa gabung dengan Sampoerna University, tanpa keluar negeri juga bisa dapat kurikulum internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, kolaborasi dengan kurikulum internasional ini pasti akan memudahkan guru dan murid untuk meningkatkan skill mereka

      Hapus
  13. Kurikulum internasional memang banyak memberikan inspirasi untuk pendidikan Indonesia. Salah satu keunggulannya adalah kita semakin terasa dalam penguasaan bahasa asing. Sampoerna University bisa menjadi pilihan untuk lanjut ke pendidikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, salah satu kelebihan kurikulum internasional adalah kemampuan bahasa inggris peserta didik yang pasti akan meningkat

      Hapus
  14. Kurikulum internasional menurut saya juga penting karena di masa depan nanti akan ada persaingan atau kompetisi global. Jadi memang perlu sih buat meningkatkan kompetensi SDM Kita juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepenting itu memang kita mempunyai kurikulum internasional di tengah persaingan global ini

      Hapus
  15. Punya skill berbahasa Inggris di era sekarang ini memang penting, ya, kak. Salah satu usaha kita adalah sekolah di tempat yg berbasis kurikulum internasional seperti Sampoerna university. Kereen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai warga internasional, tentunya bahasa internasional alias bahasa inggris penting banget kak

      Hapus
  16. Karena persaingan kerja sekarang emang ketat banget ya dan ke depannya juga bakal sesuai dengan standar global gitu jadi memiliki kompetensi global itu penting banget. Well saya jadi tertarik untuk membekali anak saya agar memiliki kompetensi tersebut dengan memasukkannya di sekolah yang menerapkan kurikulum internasional

    BalasHapus
  17. Di Indonesia, huruf yang jadi gelar bisa jadi sangat sakti ketika masuk ke dunia kerja. Kalau bisa sekolah di negeri sendiri dengan kurikulum dan gelar internasional, mending ya ke Sampoerna University saja

    BalasHapus
  18. Iyaya, gelar di Indonesia termasuk diperhatikan dan perhitungkan saat memasuki dunia kerja. Pastinya ada nilai plus kalau punya gelar internasional

    BalasHapus
  19. Kemampuan bahasa Inggris wajib banget, beasiswa LPDP mensyaratkan itu agar lulus di kampus2 bonafid dunia, jadi abis S1 di Sampoerna University, bs lanjut ke luar negeri.

    BalasHapus
  20. Kurikulum internasional memang bagus banget, apalagi di masa sekarang ini dimana dunia global terasa semakin dekat dalam keseharian kita

    BalasHapus
  21. sepakat denengan tulisan ini, kurikulum internasioanal ini sangat penting segera diterapkan di lembaga-lemnbaga pendidikan di Indonesia. karena saat ini momentumnya sangat tepat. selain itu juga nilai2 pancasila juga harus diajarkan

    BalasHapus
  22. Kurikulum internasional kayak gini mesti diterapkan ke banyak institut agar maju semua pendidikan di negeri kita. Bisa bersaing secara global

    BalasHapus
  23. Keren nih jika kurikulum Internasional dapat diterapkan ke semua sekolah ya. Semoga aja bisa terlaksana dgn baik. Aamiin

    BalasHapus