Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skill Untuk Masa Depan Lebih Baik

Kurikulum internasional di Sampoerna University

Era globalisasi membawa banyak perubahan di berbagai lini kehidupan, salah satunya di dunia kerja. Saingan untuk mendapatkan pekerjaan tidak hanya datang dari dalam negeri, tapi juga dari luar. Selain itu, kompetensi bekerja yang diharapkan pemberi kerja juga berbeda dari zaman dulu. Digitalisasi membawa pekerjaan ke arah yang berbeda, kegiatan administratif yang repetitif sekarang banyak digantikan oleh mesin. Tenaga kerja manusia lebih dibutuhkan untuk hal lain yang tidak bisa diselesaikan oleh mesin. 

Lalu, untuk bisa bersaing di era globalisasi, skill apa saja yang wajib dimiliki? 

Kemampuan Pemecahan Masalah Rumit 

Hadirnya big data membuat manusia era kini mendapatkan informasi yang berlimpah sehingga tidak kekurangan solusi untuk suatu masalah. Masalah baru muncul, solusi mana yang paling tepat dan efisien untuk menyelesaikan masalah yang ada? Penyelesaian untuk hal ini membutuhkan kemampuan complex problem solving. 

Kita harus bisa berpikir jernih dalam menghadapi suatu masalah lalu melakukan identifikasi sehingga bisa menentukan opsi terbaik sebagai solusi. Tidak hanya berhenti sampai disitu, solusi tersebut harus bisa kita evaluasi dan memastikan apakah tepat dan efisien. 

Berpikir Kritis 

Kompetensi bekerja selanjutnya yang harus dimiliki adalah berpikir kritis. Pola pikir kritis harus diasah. Bagaimana caranya? Pendidikan internasional adalah salah satu pilihannya. Mengeyam pendidikan di tempat dengan kurikulum internasional dapat mengasah critical thinking kita. 

Atmosfer pendidikan internasional juga dapat melatih peserta didik untuk memberikan umpan balik dengan alasan yang logis. Ditambah kemampuan bahasa inggris yang ada membuat peserta didik dapat menyampaikan umpan balik tersebut dengan bahasa yang dipahami masyarakat internasional. 

Kreativitas 

Dua kompetensi bekerja di atas ada kaitannya dengan kreatif. Kemampuan otak ini tidak melulu menghasilkan sesuatu yang baru, tapi unik dan original sudah cukup sekalipun itu berasal dari pengembangan sesuatu yang sudah ada. 

Kurikulum internasional memberikan ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengembangkan diri. Kebebasan adalah kunci kemunculan kreativitas. Walaupun di zaman sekarang sudah banyak AI yang memudahkan dalam menciptakan sesuatu, namun ide dasar tetap dari manusia. AI tersebut hanya mengembangkan ide yang dicetuskan oleh manusia. 

Skill Kreativitas pada pendidikan internasional untuk Bekal Kompetensi Bekerja

Seperti gambar ijo-ijo ini, mungkin bagi kebanyakan orang itu hal yang biasa. Kalau disodorkan ke AI tanpa perintah apa-apa, tetap hanya akan menjadi gambar biasa. Tapi di mata seorang yang punya kreativitas akan menjadi sesuatu. Jadi apa kira-kira?

Cognitive flexibility 

Era disrupsi teknologi membawa arus perubahan yang begitu cepat. Banyak hal berubah sedemikian cepatnya sehingga kita harus memiliki kompetensi ini. Kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan untuk bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada. 

Pendidikan internasional yang dipakai di berbagai negara di dunia dapat menjadi jalan awal untuk mendapatkan kemampuan ini. Sampoerna University adalah salah satu kampus yang menerapkan standar kurikulum internasional. Bekerjasama dengan University of Arizona, lulusannya bisa mendapatkan gelar internasional dengan kuliah secara penuh di Indonesia. 

Lebih dari 70% anggota fakultas Sampoerna University memiliki gelar doktor. Ini artinya ilmu kepakaran dari kampus ini sudah dapat dipertanggungjawabkan. Lulusannya dipastikan sudah menyerap berbagai ilmu yang diajarkan oleh para doktor di fakultas. 

Kepemimpinan 

Jiwa kepemimpinan dapat diasah oleh setiap orang, karena pada dasarnya masing-masing manusia ditakdirkan menjadi pemimpin, paling tidak bagi dirinya sendiri. Tapi untuk bersaing di era global, kita harus memiliki kemampuan bekerjasama dengan orang lain. 

Orang lain bukan hanya warga lokal tapi internasional. Sampoerna University dengan pendidikan internasionalnya dapat memberikan pemahaman mengenai cara memimpin di dunia internasional, salah satunya dengan menguasai bahasa inggris. 

Negosiasi

Komunikasi adalah kemampuan yang tidak akan lekang oleh zaman. Kemampuan untuk melakukan negosiasi dalam aspek pekerjaan, sangat diperlukan. Bahasa adalah pelajaran utama yang harus dipahami untuk memperlancar komunikasi termasuk negosiasi. 

Studi pendidikan internasional yang memakai bahasa internasional memudahkan peserta didik untuk terbiasa menggunakan bahasa inggris dalam komunikasi. Tentunya ketika berada dalam kondisi di antara warga yang berbeda negara, bahasa internasional lah yang harus dipilih. 

Kecerdasan Emosi 

Tingkatkan kompetensi bekerja melalui kecerdasan emosi
Salah satu bagian yang bisa memuluskan kemampuan-kemampuan di atas adalah kecerdasan emosi. Ilmu pengetahuan dapat diasah lebih mudah daripada emosi. Pengelolaan emosi merupakan kemampuan yang memerlukan perjalanan yang lebih panjang. Misalnya ketika melakukan problem solving, berpikir dengan kepala panas hanya akan memperumit keadaan dan tidak dapat menemukan solusi. 

Di keadaan lain misalnya ketika bernegosiasi, apabila berada dalam situasi terdesak dan memerlukan keputusan cepat serta tepat, pikiran jernih merupakan suatu keharusan. Komunikasi yang baik akan terjalin ketika pemberi pesan menyampaikan informasi dengan tenang tanpa emosi berlebihan. 

 Emosi tidak hanya marah. Sedih dan bahkan senang termasuk salah satu bagian dari emosi. Kecerdasan emosi disini termasuk mengelola berbagai emosi tersebut, tidak hanya mempunyai kemampuan mengelola amarah. 

Itu tadi beberapa skill yang harus dimiliki untuk bersaing di dunia kerja dengan kompetensi global. Masih banyak lain skill yang bisa diasah agar bisa survive dengan di dunia kerja sekarang ini, misalnya kemampuan di bidang teknologi seperti Data Science atau pengelolaan Big Data. 

Banyak jalan untuk mencapai ke arah sana, salah satunya dengan mengeyam studi di pendidikan internasional seperti Sampoerna University. Pendidikan dengan kurikulum internasional tidak melulu mahal, apalagi Sampoerna University memberikan gelar internasional dengan berkuliah secara penuh di Indonesia. Ini dapat menghemat biaya pendidikan sampai 75%. 

Selain itu, 94% lulusan Sampoerna University mendapatkan pekerjaan dalam jangka waktu 3 bulan. Tidak perlu waktu lama bagi lulusan untuk mendapatkan pekerjaan karena banyak perusahaan nasional maupun internasional yang memerlukan seorang lulusan dengan gelar internasional.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

37 komentar untuk "Skill Untuk Masa Depan Lebih Baik"

  1. Terima kasih info skill yang dibutuhkan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Cerdas emosional masih harus dijaga selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak, benar banget kak kita harus bisa menjaga kecerdasan emosi

      Hapus
  2. Enak nih beban orangtua berkurang karena bisa hemat biaya kuliah kalau sekolah di Sampoerna universitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, bisa kuliah dengan kurikulum internasional tapi dengan biaya lokal

      Hapus
  3. Banyak sekali softskill yang harus dimiliki saat ini untuk menunjang pekerjaan. Semuanya bisa menambah poin plus dalam persaingan global. kudu dipilih sekolahan yang bagus dan punya kurikulum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, harus dipilih betul sekolahnya yang memang bisa mengembangkan softskill yang sesuai dengan kompetensi bekerja sekarang

      Hapus
  4. Asah skill memang perlu terus digali buat generasi muda, agar saat nanti bekerja lebih mantap lagi menghadapinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak, harus bisa mengasah berbagai kemampuan para generasi muda

      Hapus
    2. Dan hal tersebut dilakukan dengan mengikuti pendidikan informal maupun formal dengan kuliah di kampus keren seperti Sampoerna University ini

      Hapus
  5. Sekarang tuh kayanya emang penting banget deh mengasah kecerdasan emosi anak-anak maupun remaja bahkan orang dewasa, suka ngeri baca komen netijen, kalo gak bisa mengontrol emosi tuh ampun deh bisa stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan kak, kecerdasan emosi jadi salah satu cara agar hidup bisa lebih tentram

      Hapus
  6. Penting buat terus melatih skil-skil diatas supaya soft skil dan hardskill terpacu dan hidup lebih baik. semangat untuk kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, harus bisa mengasah berbagai kemampuan sesuai dengan kompetensi bekerja yang ada

      Hapus
  7. Wah keren nih, lulusan di Sampoerna University bisa mendapatkan pekerjaan setelah 3 bulan lulus kuliah, dan kalo biayanya bisa hemat sampe 75%, udah pasti inceran para orangtua dong, buat anaknya. Makasih infonya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, bisa jadi salah satu pilihan bagi anaknya untuk melanjutkan studi

      Hapus
  8. Setuju banget sama postingan blog kak Rifqi, skill masa kini emang lebih variatif dan emang perlu "lebih diperhatikan" ya. Dan keren banget nih Sampoerna University melek sama kebutuhan pekerjaan jaman now

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, skill makin banyak dan harus bisa kita mencari skill-skill yang emang dibutuhkan untuk kompetensi bekerja zaman sekarang

      Hapus
  9. Untuk kuliah di Sampoerna University pastinya harus jago bahasa Inggris deh. Supaya kalo lulus bisa bersaing secara global...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya dengan kuliah nanti kemampuan bahasa inggris akan terasah kak karena adanya kurikulum internasional

      Hapus
  10. Penting banget menguasai softskill di era sekarang terutama bahasa Inggris karena mau g mau udah harus berpikiran global

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, salah satu cara untuk bisa bersaing di era global ya dengan bahasa inggris

      Hapus
  11. Ngga banyak yang tau soal ini ya. Padahal kalau dikuasai, kita malah bisa bersaing secara global ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, skill skill ini penting banget buat bisa dikuasai agar bisa bersaing

      Hapus
  12. Ini tuh penting bgt ya Kak, terutama untuk bisa bersaing di dunia karir. Kalau sudah dewasa, bisa punya karir cemerlang itu tidak mudah. Itu berkaitan dengan kebutuhan dapur juga, hehe... Bahkan, bisa memperjuangkan hak sederhana sebagai manusia aja perlu skill di atas, lho. Banyak orang menyerah karena tidak memiliki keberanian memilih, menentukan keputusan, dll.

    BalasHapus
  13. Keren loh ini masa tunggu lulusan Sampoerna University hanya 3 bulan. Rata-rata 1 semester/ 6 bulan tuh udah bagus. Pastinya harus pinter bahasa Inggris juga supaya bisa bersaing secara global...

    BalasHapus
  14. Seneng banget kalau baru 3 bulan lulus udah langsung dapat pekerjaan bagus. Orangtua juga pasti bahagia banget kalau anaknya kerja di tempat yang bagus dengan gaji besar, halal, dan berkah.

    BalasHapus
  15. Dunia terus berubah, begitu pula dengan tren dunia kerja. tentunya harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Dengan mengetahui skill dan pekerjaan apa yang sedang dibutuhkan dapat membantu membuat keputusan dalam rencana studi.

    BalasHapus
  16. Kesiapan dalam membangun kepercayaan diri untuk membantu masa depan cerah dengan membangun dan kemampuan di Sampoerna universitas.

    BalasHapus
  17. Sayang program RSBI dibubarkan padahal manfaatnya banyak.
    Emang bener loh skills ini penting bangets utk zaman now. Pendukung kesuksesan kita. Tambah keren lulus dari universitas Sampoerna

    BalasHapus
  18. Menarik banget tentang gelar internasional dari Sampoerna University ini. Generasi mendatang semoga bisa bersaing secara global.

    BalasHapus
  19. PR yang nggak mudah bagi kita menerapkan pada generasi muda sat ini, di mana mereka lebih banyak dapat sesuatu secara instan. Meski sulit bukan nggak mungkin bisa terwujud asal ada usaha yang terus menerus

    BalasHapus
  20. Berbagai karakter yang dituliskan dalam struktur ini memang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan di masa globalisasi. Tantangan ke depan yang semakin kompetitif maka kita harus menyiapkannya.

    BalasHapus
  21. hebat nih Sampoerna University yang mampu mencetak 94% lulusan langsung dapat kerja dalam jangka waktu 3 bulan. auto nabung dong untuk kampus pilihan anak-anakku nanti

    BalasHapus
  22. Yap ke depannya tantangan semakin sulit ya jadi harus bisa menguasai banyak skill seperti yang disebutkab di atas biar kitanya juga nggak kalah bersaing

    BalasHapus
  23. Ini dia nih yang harus dimiliki oleh anak2 dan orang dewasa,skill negosiasi. Karena dengan cerdas dalam bernegosiasi akan mudah dalam menjalankan segala urusan ya.

    BalasHapus
  24. Wah mantep ya kualitas dosen di Sampoerna university 70% gelarnya doktor emang g kaleng2 sih

    BalasHapus
  25. Bener banget, soft skill sangat diperlukan untuk mendukung hard skill supaya semakin membentuk karakter yang kuat

    BalasHapus