Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Dapat Cuan dari Laundry

Aplikasi Kasir iReap POS untuk Meningkatkan Cuan Laundry
Hidup di era sekarang udah gak ada lagi istilah males nyuci, toh ada penatu. Hah penatu? Menurut KBBI, penatu adalah usaha atau orang yang bergerak di bidang pencucian (penyetrikaan) pakaian alias yang kita kenal sebagai laundry. Manusia semakin banyak, mode fashion juga menjamur di sana sini, akhirnya kegiatan mencuci pakaian jadi hal yang bisa dilakukan oleh orang lain. Di sisi lain, ini dapat menjadi ladang cuan. 

Membuka jasa laundry cukup mudah, modalnya hanya tinggal mesin cuci, setrika, dan kemampuan melipat baju dengan rapi. Sisanya tinggal mencari parfum pakaian yang wangi dan mempelajari teknik mencuci pakaian yang tepat berdasarkan jenisnya. Kalau sudah semua, tinggal buka deh jasa laundry. 

Eits, tapi sini dulu deh, ojo kesusu (jangan terburu-buru) langsung buka. Perhatikan dulu nih beberapa hal agar dapat cuan dari usaha jasa laundry yang dibuat. 

Perhatikan Alat dan Bahan

Aplikasi Kasir untuk Bisnis Laundry
Pertama dan utama tentu saja terkait dengan peralatan tempur. Beberapa diantaranya adalah mesin cuci, setrika, parfum, dan salah satu yang cukup penting dalam bisnis adalah aplikasi kasir. Walaupun bukan seperti kasir toko, bisnis apapun tetap perlu pencatatan yang bagus agar nantinya lancar. 

Terkait dengan mesin cuci, bagi usaha laundry disarankan untuk menggunakan tipe bukaan depan atau front loading karena berbagai kelebihannya, seperti putaran mesin yang tinggi dan hemat air. 

Wilayah yang Strategis

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah lokasi untuk membuka usaha. Biasanya usaha laundry akan maju pesat di daerah dengan banyak pekerja kantoran dan mahasiswa. Ini karena mereka pasti menghabiskan banyak waktu di kampus dan tempat kerja sehingga ada yang tidak sempat untuk mencuci pakaian.

Berbeda dengan wilayah yang banyak dihuni oleh keluarga, terutama dengan istri yang menjadi ibu rumah tangga. Di tempat seperti ini usaha laundry akan kesulitan mendapatkan pelanggan. Kalaupun ada, kemungkinan hanya akan ramai ketika musim hujan karena warga yang kesulitan mengeringkan pakaian.

Pencatatan

Setelah siap dengan modal alat tempur dan wilayah yang tepat, waktunya untuk jualan jasa. Tujuan jualan adalah mencari untung, untung berkaitan dengan uang. Maka arus kas harus dijadikan perhatikan dalam berbagai usaha termasuk bisnis laundry. Kalau ditanya rahasia sukses bisnis laundry, pencatatan ini adalah salah satu yang penting.

Di era digital, sudah ada aplikasi POS atau Point of Sale yang memudahkan dalam melakukan pencatatan. Aplikasi ini sering disebut sebagai kasir online. Seperti namanya, ia berfungsi sebagai kasir tapi dengan lebih banyak fitur seperti penerima pembayaran. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk bisnis laundry adalah aplikasi kasir iReap POS. Apa saja fiturnya? 

Fitur iReap POS untuk Bisnis Laundry

Keuntungan bisnis laundry diambil dari biaya jasa dari cuci dan setrika pakaian pelanggan. aplikasi kasir iReap POS menyediakan penjualan jenis jasa seperti ini sehingga pencatatan akan rapi. 

Lalu, ketika bisnis berkembang dan mempunyai karyawan, iReap POS sebagai aplikasi Point of Sale juga dapat memonitor performa tim dan dijadikan sebagai alat untuk absensi. Beberapa fitur ini disediakan oleh iReap POS Pro yang bisa digunakan oleh UKM ke atas. Bagi UMKM dapat menggunakan iReap POS Lite. Apa bedanya? Nanti kita bahas. 

Bisa diakses Offline

Konektivitas internet adalah salah satu kendala yang dialami oleh kasir toko yang menggunakan aplikasi POS. iReap POS memberikan solusi dengan menyediakan penyimpanan sementara ketika kasir offline. Nantinya saat sudah terhubung dengan internet, data tersebut akan langsung terhubung ke penyimpanan cloud. 

Metode Pembayaran Lengkap

Pembayaran lengkap dengan iReap POS tanpa perlu banyak EDC

QRIS adalah salah satu metode cashless yang saat ini sering digunakan, pelanggan cukup scan di layar dengan aplikasi mobile banking atau dompet digital mereka untuk bayar, tidak perlu kartu lagi dan tidak perlu banyak menyiapkan EDC seperti ini. iReap POS mendukung metode pembayaran ini dan otomatis melakukan rekonsiliasi. 

Cara Menggunakan iReap POS

Lalu, bagaimana menggunakan aplikasi POS ini? Unduh aplikasi kasir iReap POS di Google Play Store lalu daftar di aplikasi tersebut. Setelahnya isi data master berupa barang atau jasa dan harga dari aplikasi ataupun situs iReap POS. Udah deh, tinggal jualan. 

Perbedaan iREAP POS LITE vs iREAP POS PRO

Sebelumnya sudah sempat disinggung mengenai iReap POS Lite dan iReap Pos Pro. Apa perbedaan dua jenis aplikasi POS ini? Mari kita mulai dari iReap POS Lite. Aplikasi ini diperuntukkan bagi bisnis mikro alias UMKM. Aplikasi ini gratis dan tanpa batasan terkait master data dan transaksi serta tanpa iklan.

iReap POS Lite dapat menggunakan perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) dengan rumus rata-rata dan standar. Aplikasi ini menyediakan user single hanya untuk pemilik toko. Database disimpan dalam device secara offline dan master data diinput manual per toko.

iReap POS Lite cocok bagi pengusaha yang baru memulai usaha karena fitur yang disediakan sudah cukup bagus. iReap POS Pro dapat digunakan bagi pengusaha yang ingin mendapatkan fitur yang lebih expert.

 Aplikasi iReap POS Pro memiliki semua fitur dari iReap POS Lite ditambah dengan fitur lain, yaitu: 

  • Transfer barang antar toko
  • Menyediakan Sales Bill of Material
  • Piutang dan Penerimaan Pembayaran
  • Biaya-Biaya Toko
  • Absensi Karyawan
  • Web Dashboard Report
  • Multiple Toko
  • Multiple User
  • Penyimpanan Data Cloud
  • Laporan Transaksi Konsolidasi
  • Customer Price List
  • Special Price per Store
  • Pencatatan transaksi per user untuk laundry

Berbagai fitur ini dapat didapatkan secara gratis selama 14 hari lalu biaya berlanggan mulai dari Rp41.667 per bulan. 

Jadi, sudah siap dapat banyak cuan dari bisnis laundry dengan aplikasi kasir iReap POS?

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

25 komentar untuk "Cara Mudah Dapat Cuan dari Laundry"

  1. Melihat dari keunggulannya, aplikasi iReap POS memang cocok untuk bisnis yang satu ini, yaitu: laundry. Bisnis ini memang sepertinya akan selalu ada, karena mencuci dan menyetrika itu pada dasarnya sangat melelahkan. Orang maunya praktis, tinggal bayar, selesai. Apalagi parfum laundry itu sangat wangi, membuat yang pakai jadi lebih percaya diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, laundry pasti bakal banyak banget yang minat apalagi kalau tempatnya strategis

      Hapus
  2. bisnis laundry sempat booming dan sepertinya sekarang juga masih banyak diminati. di lingkungan rumah saya aja, jarak antar usaha laundry cukup dekat. wajar sih ya karena emang daerah kampus,hehehe. ternyata iReap bisa juga untuk usaha laundry ya. iReap emang aplikasi kasir yang bisa untuk segala usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu kalau deket kampus pasti banyak banget yang minat, apalagi kan sekarang udah pada masuk kampus lagi para mahasiswa

      Hapus
  3. Waw, bagus banget nih aplikasi iReap POS Lite dengan manfaat dan fitur2nya yang oke banget. Bagus juga untuk pengembangan usaha dan disiplin karyawan perusahaan/sekolah. Aplikasi yang praktis dan efisien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, aplikasi iReap POS ini praktis banget buat dipakai mulai dari UMKM sampai yang bisnis gede

      Hapus
  4. Deket rumah ada laundry. Kami langganan sih buat nyuci selimut, bedcover, smp kasur palembang. Kayanya laundry ini udah pakai POS deh (baru perhatiin...hehe). Soalnya udah ada database pelanggan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya kak? Wah, udah mempratikkan tips disini dong itu pemilik bisnis laundrynya

      Hapus
  5. Manfaat dan fitur aplikasi kasirnya bagus dan gak main-main. Sangat membantu sekali bagi penjual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, ini ngebantu banget untuk penjual dalam menjalankan bisnisnya

      Hapus
  6. Meski pake iReap Lite udh cukup buat usaha tapi kayake klo mindsetnya buat terus berkembang sekalian pake yg versi Pro biar bisa manage beberapa toko n ada fasilitas cloud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, kalau udah yakin dengan bisnisnya pakai versi Pro bisa banget sih, lebih lengkap fiturnya

      Hapus
  7. Kalau mau bisnis laundry, udah bener laundry pakaian begini deh, bukannya money laundry >.< Btw itu aplikasi kasirnya bagus, jadi membantu mengontrol dan mengembangkan usaha sejak masih skala kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh aduh aduh, setuju kalau bisnis laundry baju kan membantu juga para karyawan, pelajar, dan orang-orang yang gak sempet nyuci baju biar punya baju yang harum dan licin

      Hapus
  8. salah satu bisnis yang menjanjikan banget nih, secara kebutuhan cuci mencuci pasti ada setiap hari apalagi musim hujan. Udah pasti paling dicari banget sih ini. asal pencatatannya jelas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, selama manusia pake baju gak bakal mati sih ini bisnis laundry

      Hapus
  9. Seandainya semua laundry tau ya keunggulan aplikasi iRep POS ini. Jadi lebih rapi lagi administrasi usahanya. Kayaknya laundry langgananku perlu di infokan aplikasi ini deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, cobain infokan ke laundry langganannya kakak deh, pakai yang iReap POS Lite gratis lo, bisa banget dipakai tuh sekalian diajarin biar bisnis laundrynya next level

      Hapus
  10. Laundry ini bisnis yg ga ada matinya. Sekarang juga ada laundry koin dan laundry premium. Pakai aplikasi ireap memudahkan pemilik laundry ya

    BalasHapus
  11. Baru tahu banget nih ternyata bisnis laundry tuh secuan itu juga ya, bisa jadi pilihan buat temen-temen yang mau mulai berbisnis nih karena sustainable juga

    BalasHapus
  12. Pencatatan di segala bidang usaha sepertinya penting, termasuk bisnis laundry ini. Jangan sampai bisnis yang dijalankan malah bikin bingung karena pencatatan amburadul.

    BalasHapus
  13. Kalau buka usaha laundry di sekitar wilayah kampus gitu biasanya banyak peminatnya. Atau pekerja kantoran yang kadang pulang larut dan malas mencuci maka laundry adalah jalan ninja agar pakaian cepat bersih

    BalasHapus
  14. Bisnis laundry memang membantu rumah tangga merasakan manfaat bisnis tersebut. Bisnis laundry strategis akan menjadi peluang pemberdayaan ekonomi keluarga.

    BalasHapus
  15. Enaknya zaman sekarang ya mau buka usaha seperti bisnis laundry gak perlu rempong lagi dengan urusan pencatatan keuangan dan lain sebagainya karena sudah terbantu banget dengan kecanggihan teknologi berupa mesin kasir seperti iReap ini

    BalasHapus