Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mempromosikan Produk Lokal Desa dengan Internet

Tips Promosi Produk Lokal Desa menggunakan Internet IndiHome
Kita semua tahu bahwa produk lokal desa memiliki kualitas yang tak bisa diragukan. Mulai dari makanan, kerajinan tangan, hingga produk pertanian, semuanya memiliki ciri khas dan daya tariknya sendiri.

Sayangnya, masih banyak produsen produk lokal desa yang kesulitan dalam mempromosikan hasil karyanya. Padahal sekarang zaman sudah maju dan semua serba digital sehingga pemasaran produk melalui internet menjadi hal yang sangat penting.

Tips Mempromosikan Produk Lokal Desa

1. Identifikasi Target Pasar

Mengetahui target pasar yang tepat adalah kunci sukses dalam mempromosikan produk lokal desa. Untuk melakukan hal ini, hal yang perlu dipelajari adalah perilaku konsumen dengan menggunakan teknologi analitik. Hal ini dapat membuat pelaku usaha dapat menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengan preferensi konsumen.

2. Membangun Brand Awareness

Untuk memperkenalkan merek, harus ditentukan identitas merek lalu meluncurkannya melalui kampanye di media sosial.

Gunakan SEO untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Hal ini akan membantu penjualanmu tumbuh secara signifikan.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini, media sosial seperti TikTok, Instagram, Twitter, dan lain-lain memungkinkan kamu untuk mempromosikan produkmu dengan mudah. Buatlah konten menarik, mulai dari foto produk hingga kisah sukses pelangganmu. Berbagi cerita tentang kesuksesan dalam menjalankan bisnis lokal desa bisa menarik perhatian calon pelangganmu.

Promosi Produk Pasar dengan IndiHome

Terbukti bahwa memanfaatkan internet seperti media sosial untuk berjualan dapat meningkatkan pendapatan, hal ini juga disampaikan oleh situs media teknologi. Data yang diperoleh dari katadata.com, menyebutkan akun Eat Sambal mampu menghasilkan pendapatan rata-rata per hari di angka Rp 90 jutaan dari satu konten TikTok.

Atau masih dari sumber data yang sama, ada akun TikTok yang bernama sohibcemilan menghasilkan pendapatan rata-rata sekitar Rp 115 juta per hari. Amazing bukan? Suatu perjuangan yang berat untuk mencapai ke sana, namun jangan patah arang karena siapa pun bisa maju asal tetap mau berusaha.

4. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah kunci sukses dalam bisnis apa pun. Kamu bisa membuat komunitas online untuk pelanggan dan calon pelanggan. Gunakan media sosialmu untuk menyapa dan merespon pertanyaan mereka. Tawarkan dukungan pelanggan yang terbaik dan pastikan bahwa mereka merasa dihargai. 

5. Mengoptimalkan Situs Web

Membuat situs web yang ramah pengguna dan menarik menjadi penting agar pelanggan dapat berinteraksi dengan brandmu. Dengan cara ini, kamu akan memudahkan pelanggan potensial untuk berbelanja produkmu secara online. Jangan lupa untuk mengoptimalkan pencarian agar mudah ditemukan oleh pelanggan potensial.

6. Menggunakan Iklan Digital

Menggunakan iklan digital seperti Google AdWords atau Facebook Ads dapat membantu meningkatkan penjualan produkmu. Kamu perlu menentukan target pasar dan biaya iklan yang efektif. Selain itu, pastikan kamu memiliki konten kampanye yang menarik untuk menarik minat konsumen.

7. Mengukur Keberhasilan

Melacak penjualan dan trafik situs web merupakan hal penting dalam memantau keberhasilan kampanye pemasaranmu. Kamu bisa menggunakan analitik web untuk memahami bagaimana pelanggan berinteraksi dengan situs web dan media sosialmu. Dengan cara ini, kamu akan tahu apa yang harus ditingkatkan dan diubah dalam kampanye pemasaranmu. 

Menghubungkan Bisnis Ke Internet

Namun, terlepas dari semua tips di atas, kamu tetap perlu memperhatikan faktor lainnya seperti infrastruktur untuk menghubungkan bisnismu ke internet. Nah, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan provider internet IndiHome.

Ada berita baik untuk pengguna IndiHome di pedesaan bahwa program Sobat IndiHome (SOBI) memberikan kesempatan kepada masyarakat di pedesaan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini, dapat ditemukan di situs SOBI.

Banyak promosi yang diberikan oleh IndiHome dari Telkom Indonesia, karena menyediakan layanan internet cepat dan stabil hingga 100 Mbps hingga ke pelosok daerah. Dengan kecepatan internet yang dihadirkan oleh IndiHome, kamu dapat lebih mudah memasarkan produkmu secara online tanpa hambatan.

Kita juga sudah paham bahwasanya sumber daya alam desa memang menjadi pasokan utama ke kota, tanpa melewati calo-calo, pengusaha di desa bisa memasarkan langsung usahanya. Di desa sudah terbiasa dengan hasil sumber daya alam sebagai bahan baku produksi.

Contohnya, jika kamu memproduksi makanan khas dari desamu, kamu bisa menggunakan bahan-bahan organik yang diperoleh dari sumber daya alam sekitarmu. Pastikan bahwa semua bahan yang digunakan adalah berkualitas dan berasal dari daerah setempat. Hal ini akan meningkatkan citra produkmu di mata konsumen.

Dalam menjalankan bisnis lokal desa, kamu juga harus memperhatikan aspek lingkungan agar tidak merusak keindahan dan kelestarian alam sekitarmu. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dalam produksimu.

Mempromosikan produk lokal desa dengan internet memang bukan pekerjaan mudah, tetapi dengan strategi yang tepat, kamu bisa mencapai kesuksesan dalam pemasaran produkmu.

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

13 komentar untuk "Mempromosikan Produk Lokal Desa dengan Internet"

  1. Bagus nih memromosikan produk lokal desa, jadi kan ekonomi lebih merata jadinya. Bener banget jangan melupakan pelestarian lingkungan dan pengolahan limbah. Sayang banget kalau kayak di kota, pencemaran tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, harus bisa nih promosi produk lokal desa biar ekonominya juga berjalan

      Hapus
  2. Semua bisa maju dengan internet. Kalau udah tahu cara risetnya bagaimana, tentu promosi jadi lebih mudah.

    BalasHapus
  3. Jaman sekarang memang beda dari jaman dulu. Kalau jaman dulu door to door atau jualan keliling kampung, eh jaman now cuma tinggal sekali klik sudah bisa dilirik oleh orang sedunia. Internet sudah jadi kebutuhan primer sih menurut saya saat ini.

    BalasHapus
  4. memang perlu juga ya sebuah bisnis untuk selalu update perkembangan zaman, kayak melek trend teknologi. Semuanya sekarang serba internet, mau belanja, browsing suatu produk, konsumen mesti nyari via internet dulu
    mereka yang tinggal di pedesaan dan kurangnya pembinaan bisa-bisa malah tertinggal, seneng kalau bisa membantu pemilik produk lokal desa untuk semakin berkembang

    BalasHapus
  5. Bener banget itu walaupun di desa kita harus bantu dengan nya internet tentu akan membuat pemasaran nya lebih mudah

    BalasHapus
  6. Yup, sebenarnya desa itu punya banyak potensi. Produk lokalnya beraneka ragam, tapi emang kelemahannya di pemasaran sih. Di tempatku aja Kak, ada yang namanya petis Madura. Tidak jauh dari desaku, ada desa sentra tali agel dan batik Madura juga. Nah kalau yang tali agel ini sudah terkenal sih. Dan beberapa pedagangnya memang sudah ada yang memanfaatkan internet untuk pemasarannya. Makanya bisa mengirim sampai ke luar kota.

    BalasHapus
  7. Penting nih "tidak melalui calo"...bakalan rugi banget deh. Untung ada internet bisa jualan via media sosial seperti Tik-tok, langsung ke konsumen deh...

    BalasHapus
  8. Mantap IndiHome membuka peluang bagi masyarakat di pedesaan untuk lebih berkembang, banyak kearifan lokal yang bisa dipromosikan nih nantinya lewat digital marketing

    BalasHapus
  9. Bener banget nih, untuk menghilangkan perekonomian di Desa harus mempromosikannya lewat media digital 👍👍

    BalasHapus
  10. perihal produk hasil desa emang udah saatnya dibantu untuk berkembang ya apalagi setelah semakin canggihnya internet. insyallah masyarakat desa semakin berdaya ya

    BalasHapus
  11. Betul sekali kak Mempromosikan produk lokal desa dengan internet memang bukan pekerjaan mudah, tetapi dengan ketekunan semua pasti bisa ya

    BalasHapus
  12. Ayo majukan UMKM dengan internet super cepat agar mudah mempromosikan produknya. Tidak seperti dahulu dengan kekuatan informasi dari mulut ke mulut sekarang mah dari review konten ke review konten dengan mudah.

    BalasHapus