Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia! Peralatan untuk Jadi Konten Kreator Masak

Untuk menjadi konten kreator di bidang masak memasak, kamu harus punya kemampuan untuk menyajikan konten yang menarik dan profesional. Nah, ada banyak peralatan masak yang bisa kamu beli untuk bikin konten ini. Semua bisa kamu beli dengan menggunakan kartu kredit online. 

Artikel ini akan membahas alat-alat penting yang kamu perlukan untuk membuat konten masak berkualitas tinggi. Jadi kalau kamu ingin menjadi konten kreator masak, bukan hanya memperhatikan resep, tapi alat-alat ini juga harus kamu penuhi. 

Alat untuk Membuat Konten Masak 

Ada beberapa alat yang bisa kamu beli untuk mendukung hobi dan pekerjaan kamu sebagai konten kreator masak-memasak. Apa saja? Lihat daftar berikut: 

● Kamera 

Kamera adalah alat paling esensial dalam pembuatan konten masak. Pilihlah kamera dengan kualitas tinggi yang bisa merekam video dengan resolusi minimal Full HD (1080p). Dengan begitu, gambar kamu bisa jernih dan tidak pecah. 

Kamu bisa memilih DSLR/Mirrorless yang menawarkan kualitas gambar jernih dan fitur video yang jelas. Apabila anggaran kamu terbatas, smartphone dengan kamera yang kualitasnya tinggi juga bisa menjadi alternatif kok. 

Tapi dengan catatan, kalau kamu mau memakai smartphone, pastikan memiliki penyimpanan yang besar. Hal ini dikarenakan video masak pasti membutuhkan memori yang cukup besar. 

● Tripod 

Tripod adalah peralatan yang wajib dimiliki untuk menjaga kamera tetap stabil saat merekam. Tripod yang baik harus kokoh dan mudah disesuaikan, supaya kamu bisa melakukan perekaman tanpa takut peralatan jatuh. 

Biasanya untuk beberapa metode perekaman, kamu membutuhkan tripod yang bisa berputar 360 derajat. Sehingga proses perekaman bisa dari segala arah dan jauh lebih detail. 

Kamu bisa membeli beberapa jenis tripod sekaligus untuk membuat konten. Dengan begitu, kamu bisa lebih maksimal untuk mendapatkan konten yang baik. 

● Lighting 

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk mendapatkan hasil video yang jernih dan menarik. Untuk itu, sebaiknya pilih lampu atau peralatan pencahayaan yang hasilnya bagus. Beberapa jenis lighting yang dapat digunakan adalah: 

  1. Softbox: Softbox bisa membantu menyebarkan cahaya secara lebih merata dan mengurangi bayangan di video kamu. 
  2. Ring Light: Ring light ini bentuknya bulat. Dapat memberikan pencahayaan yang lembut dan sangat efektif untuk video yang sifatnya close-up. 
  3. LED Panel: Kalau lampu yang satu ini, untuk pencahayaan portabel dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. 

● Mikrofon 

Audio yang jernih juga jadi hal yang penting dari video berkualitas. Kamu bisa menggunakan mikrofon eksternal, yang akan meningkatkan kualitas audio secara signifikan dibandingkan mikrofon internal kamera. 

Kamu membutuhkan mikrofon ini jika harus berbicara di depan kamera, maupun voice over. Beberapa pilihan mikrofon yang bisa kamu beli seperti: 

  1. Lavalier Microphone: Mikrofon ini ukurannya kecil dan bisa ditempel di pakaian. Alat ini sangat ideal untuk merekam suara dengan jelas tanpa mengganggu kualitas visual.
  2. Shotgun Microphone: Kalau jenis ini dapat dipasang di atas kamera dan sangat baik untuk menangkap suara dari jarak yang lebih jauh. Biasanya digunakan untuk rekaman outdoor. 
Pilih mikrofon yang kualitasnya bagus. Beberapa merek yang harganya tinggi, biasanya karena kualitasnya juga bagus. Kamu bisa membelinya dengan kartu kredit online

● Alat Masak

Sebagai konten kreator masak, peralatan dapur yang baik juga tidak kalah penting lho! Beberapa alat masak yang sering digunakan adalah: 

  1. Pisau Chef: Pisau ini biasanya berkualitas tinggi karena dipakai chef. Kemampuannya mampu memotong dengan tajam dan juga presisi. 
  2. Talenan: Talenan kayu atau plastik yang besar dan stabil bisa jadi pilihan terbaik kamu. 
  3. Peralatan Masak: Wajan, panci, spatula, sendok kayu, dan pengukur bahan adalah peralatan dasar yang harus ada di dapur. 
  4. 4. Stand Mixer: Untuk konten baking, stand mixer sangat membantu dalam mengaduk adonan. 

Peralatan masak ini bisa kamu beli lebih banyak jenisnya. Sebab selain untuk masak, kamu juga bisa membutuhkannya sebagai dekorasi video. 

● Editing Software 

Editing adalah tahap krusial dalam pembuatan video. Software yang baik akan membantu menyatukan potongan video, menambahkan efek, musik, dan teks. 

Ada banyak software video yang gratis. Namun biasanya fitur yang mereka miliki juga terbatas. Jika kamu ingin menggunakan banyak fitur, sebaiknya pakai editing software yang berbayar. Beli langganan per tahun atau per bulan, sesuaikan dengan preferensi kamu. 

● Dekorasi 

Dekorasi yang cantik dan elegan akan meningkatkan estetika video dan membuatnya lebih menarik bagi penonton. Ada beberapa elemen dekorasi yang bisa kamu pilih untuk dapur cantikmu, kayak: 

  1. Background: Sebaiknya pakai latar belakang yang bersih dan rapi. Kamu bisa menggunakan backdrop kain, wallpaper, atau setting dapur yang tertata dengan baik. 
  2. Peralatan dan Perlengkapan Dapur: Gunakan alat dan peralatan dapur yang estetik dan serasi dengan tema video kamu. 
  3. Aksesoris Dekoratif: Tanaman hias, kain meja, dan aksesoris lainnya bisa menambah keindahan tampilan video kamu.

Menjadi konten kreator masak yang sukses memerlukan lebih dari sekadar keterampilan memasak. Kamu butuh kamera yang berkualitas, tripod yang kokoh, pencahayaan yang baik, dapur yang estetik dan lain sebagainya. Kebutuhan ini biar konten kamu jadi lebih profesional dan menarik. 

Investasi dalam peralatan yang tepat akan membantu kamu meningkatkan kualitas video dan menarik lebih banyak penonton. Nah, untuk melengkapi peralatan tersebut, kamu bisa daftar kartu kredit online. 

Kamu bisa mengandalkan Kartu Kredit Digital digibank. Ini adalah kartu kredit digital pertama di Indonesia yang tentunya memiliki banyak keunggulan. 

Tiga keunggulan kartu kredit online ini di antaranya yaitu approval kilat 60 detik, kemudahan pengubahan transaksi menjadi cicilan sampai 60 bulan, dan limit belanja yang bisa diatur dan disesuaikan melalui Aplikasi digibank by DBS. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera apply Kartu Kredit digibank agar bisa membuat konten masak dengan lebih canggih! Untuk mendapatkan informasi detail tentang kartu kredit online ini, kamu bisa klik di sini!

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Ini Dia! Peralatan untuk Jadi Konten Kreator Masak"