Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Berlibur di Jepang

Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan informasi seputar harga tiket Jakarta Jepang lho.

Sehingga, mempersiapkan budget untuk perjalanan liburan kamu ke Jepang sudah tidak perlu pusing lagi. 

Namun, perlu diketahui pula bahwa selain mencari tahu tentang harga tiket sesuai dengan tanggal dan bulan yang kamu inginkan, kamu juga perlu mencari tahu tentang hal-hal lainnya mengenai Negara tujuan kamu tersebut. 

Setiap wilayah tentunya memiliki aturan dan norma-norma tersendiri, yang mana aturan tersebut harus diikuti dan dipatuhi bagi siapapun yang mengunjungi wilayah tersebut, tak terkecuali Jepang. 

Selain dikenal sebagai negara yang memiliki banyak destinasi wisata indah, Jepang juga cukup dikenal dengan masyarakatnya yang mengedepankan norma, kedisiplinan, dan taat pada peraturan. 

Meskipun bagi masyarakat negara lain beberapa norma peraturan dan norma cenderung tidak biasa, namun ketika kita mengunjungi Negara tersebut, mau tidak mau kita juga wajib mengikuti peraturan yang berlaku. 

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang memiliki rencana untuk mengunjungi Jepang dalam waktu yang akan datang, selain mencari tahu informasi seputar harga tiket Jakarta Jepang, alangkah baiknya untuk turut mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi Negara Bunga Sakura tersebut. Apa sajakah itu? 

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Berlibur Ke Jepang 

Selain dianggap tidak sopan oleh warga lokal, ternyata hal-hal yang akan kita bahas berikut ini juga bisa menyebabkan kita ditangkap oleh pihak berwajib lho apabila dilakukan. 

1. Makan dengan Tangan Kosong 

Di Indonesia mungkin sudah biasa jika kita melihat orang lain makan hanya dengan menggunakan tangan. 

Namun ternyata hal tersebut dianggap kurang sopan oleh masyarakat Jepang. Oleh karena itu, biasakan untuk makan menggunakan sumpit, garpu, ataupun sendok ketika berada di Jepang jika tidak mau masyarakat lokal melihatmu dengan tatapan aneh. 

2. Makan Sambil Jalan 

Selain makan menggunakan tangan, hal lainnya yang dianggap kurang sopan oleh masyarakat Jepang adalah makan sambil jalan. 

Orang Jepang menganggap bahwa makan sambil jalan sangatlah tidak sopan. Meskipun kamu sedang membeli makanan yang dijual di pinggir jalan, pastikan kamu berhenti jalan dan mencari tempat untuk makan ya. 

3. Memetik Bunga Sakura 

Kamu pasti tahu dong bahwa Jepang juga turut dijuluki sebagai Negara Bunga Sakura. Yap! Jenis bunga satu ini merupakan kebanggaan dari Negara Jepang. 

Orang Jepang sangat menghargai bunga Sakura. Namun sayangnya, bunga ini juga hanya mekar setahun sekali, yakni ketika musim semi. 

Oleh karena itu, sangat dilarang siapapun untuk memetik bunga Sakura, agar tidak merusak keindahan dari bunga berwarna pink tersebut. 

Dari pada memetiknya, alangkah lebih baiknya jika kamu mengambil bunga Sakura yang sudah berguguran di tanah. 

4. Mengambil Foto Orang Lain Tanpa Izin 

Orang Jepang sangat menghargai privasi orang lain. Oleh karena itu, di Jepang hal-hal yang berhubungan dengan mengambil foto, khususnya untuk keperluan konten media sosial, memiliki aturan yang sangat ketat. 

Ketika berkunjung ke Jepang, alangkah baiknya jika kamu juga turut menaati norma-norma yang ada, salah satunya adalah dengan tidak boleh asal mengambil foto atau video orang lain yang tidak kamu kenal. 

Jika kamu ingin tetap mempostingnya di media sosial, maka minta izinlah terlebih dahulu atau menyamarkan wajah mereka. 

5. Bermain Ponsel dan Berisik Ketika Berada di Bioskop 

Peraturan satu ini mungkin bukan hanya berlaku di Jepang saja, tetapi juga di Indonesia. Hanya saja, di Jepang menaati peraturan ini terbilang lebih ketat. 

Jika kamu nekad untuk bermain ponsel atau bahkan berisik ketika sedang menonton film di Bioskop, maka bersiaplah semua mata akan tertuju padamu dengan pandangan sinis. 

Biasanya sebelum film dimulai, video peraturan akan diputar di layar besar, termasuk larangan bermain ponsel dan berisik selama film berlangsung. 

6. Memberikan Uang Tip pada Pelayan Restoran 

Khususnya di Indonesia, memberikan uang tip mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan. Namun bagi masyarakat Jepang, hal tersebut justru bisa dianggap sebagai penghinaan. 

Seiring berjalannya waktu, masyarakat Jepang semakin menumbuhkan budaya untuk tidak terbiasa memberikan uang tip ketika sedang berada di restoran.

Nah, sebagai gantinya, di dalam bill ketika kamu ingin melakukan pembayaran sudah tertera biaya service sekaligus harga produk. Jadi, kamu tidak perlu lagi memberikan tip. 

7. Membuang Sampah Sembarangan 

Jepang cukup terkenal dengan negara yang sangat bersih dan rapi. Hal tersebut disebabkan karena masyarakatnya yang memiliki rasa tanggung jawab untuk selalu membuang sampah di tempat yang sudah tersedia. 

Bahkan jika kamu ketahuan melakukan hal ini oleh pihak berwajib, ada konsekuensi yang harus ditanggung lho, yakni membayar denda dengan jumlah tertentu. 

8. Tidak Membungkuk Saat Bertegur Sapa 

Nah, hal terakhir yang tidak boleh kamu lakukan ketika berkunjung ke Negara Jepang adalah tidak membungkuk ketika bertegur sapa dengan orang lain. 

Membungkuk ketika bertemu orang lain merupakan suatu kewajiban di jepang, karena hal ini mencerminkan rasa hormat dan segan. 

Sebaliknya, kebiasaan bersalaman yang sering dilakukan oleh orang Indonesia justru tidak terlalu disukai masyarakat Jepang lho. 

Jadi, itulah beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika berkunjung ke Jepang. Selain mencari tahu tentang harga tiket Jakarta Jepang dengan harga yang terjangkau, jangan lupa juga membuat list untuk hal-hal yang baru kita bahas ini ya.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Berlibur di Jepang"