Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Sarapan Pagi Sehat Agar Tubuh Lebih Berenergi

Bayar Makanan dengan QRIS
sumber: https://img.freepik.com/free-photo/crop-hands-holding-bowl-with-muesli_23-2147758209.jpg?t=st=1718148017~exp=1718151617~hmac=84f48f10f84404b91f2427c4f8917c5113279a3a0fab0fbdc08c9fab60e166ba&w=740
Bagi sebagian orang, menyantap sarapan yang tidak sehat merupakan pilihan tercepat sebab makanan tersebut sudah tersedia atau siap saji. Apalagi di zaman sekarang makanan ini sangat mudah ditemukan dan bisa kamu beli dengan metode pembayaran digital berupa QRIS

Padahal kalau dipikir-pikir, daripada menyantap sarapan ini, mengonsumsi makanan sehat di pagi hari lebih penting sebab bisa menambah energi, membantu konsentrasi dan bermanfaat bagi tubuh. Nah, apa saja menu makanan sehat yang sebaiknya kamu santap saat sarapan, simak hingga akhir. 

Beragam Menu Sarapan yang Sehat 

Sarapan adalah waktu makan yang menjadi kunci penting karena membantumu mengawali hari dengan penuh energi dan cukup nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pilihan menu sarapan yang sehat dapat memberikan banyak manfaat secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa pilihan menu sarapan yang sehat yang bisa kamu coba: 

1. Telur 

Merupakan sumber protein yang sangat baik dan kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, dan kolin. Nutrisi-nutrisi ini mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah, kesehatan tulang, dan fungsi otak yang optimal. Telur juga mengandung lemak sehat yang membantu menjaga keseimbangan hormon dan memberi energi yang tahan lama. 

Kamu bisa mengolah telur dengan berbagai cara, seperti direbus, digoreng, atau dibuat menjadi omelet. Bisa juga dengan menambahan kombinasi sayuran seperti bayam, tomat, dan paprika, sehingga meningkatkan cita rasa, menambah serat dan vitamin dalam sarapanmu. 

2. Kopi Tanpa Banyak Gula 

Kopi sering menjadi pilihan minuman pagi yang populer. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi yang sangat bermanfaat terutama saat memulai aktivitas atau bekerja di pagi hari. Selain itu, kopi juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. 

Namun, penting untuk membatasi penggunaan gula agar tidak menambah kalori berlebih pada sarapanmu. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah yang drastis, ini akan membuat kamu mudah merasa lelah dan lesu. 

 3. Teh 

Teh, terutama teh hijau, adalah minuman sarapan yang menyehatkan karena mengandung antioksidan yang tinggi, seperti katekin, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit kronis. Teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak, sehingga cocok untuk kamu yang ingin menjaga berat badan ideal. 

Tak hanya teh hijau saja, berbagai jenis teh herbal lainnya juga memiliki manfaat kesehatan masing-masing. Misalnya, teh chamomile dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres, sementara teh peppermint dapat meredakan masalah pencernaan. 

4. Pisang 

Salah satu buah yang praktis, bergizi dan bisa kamu konsumsi saat sarapan adalah pisang. Buah ini mengandung serat, vitamin C, dan potassium yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung serta pencernaan. Kandungan kalium dalam pisang juga membantu menjaga tekanan darah yang sehat, mendukung fungsi otot dan saraf yang baik. 

Selain itu, pisang pun mengandung karbohidrat yang mudah dicerna, menyediakan energi cepat untuk memulai harimu. Kamu bisa mengonsumsi pisang secara langsung atau menambahkannya ke dalam oatmeal, yogurt, juga smoothie. 

5. Greek Yogurt 

Merupakan sumber protein tinggi dan mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai masalah pencernaan. Greek yogurt juga mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Agar bertambah lezat, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar, seperti beri, pisang, serta madu atau kacang-kacangan untuk memberikan rasa manis alami sekaligus menambah nilai gizi. 

6. Oatmeal 

Jenis sarapan yang kaya serat satu ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan seratnya mampu membantu memperlancar pencernaan dan menjaga rasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga mengandung beta-glukan, sejenis serat larut yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatur kadar gula darah. 

Untuk membuat oatmeal yang enak dan bergizi, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar, seperti apel, pisang, atau beri. Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond atau chia seeds, juga dapat kamu tambahkan untuk meningkatkan kandungan protein dan lemak sehat. 
Bayar Minuman dengan QRIS
sumber: https://img.freepik.com/free-photo/high-angle-yoghurt-glass-with-fruits_23-2148381253.jpg?t=st=1718148282~exp=1718151882~hmac=d94a32b217a8ae15ab78c2bb82762a35f7d8e45638aac9e659c986b4da2524db&w=740

7. Smoothies Sayuran 

Smoothies sayuran adalah cara yang baik untuk mendapatkan asupan sayuran yang cukup di pagi hari. Menggabungkan sayuran seperti bayam, kale, atau wortel dengan buah-buahan seperti pisang atau beri dapat menghasilkan minuman yang lezat dan kaya akan nutrisi. Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung vitamin K, vitamin C, dan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang dan pencernaan. 

Bukan hanya mudah dibuat, smoothies ini tetapi juga dapat dikustomisasi sesuai dengan seleramu. Ini adalah cara yang cepat dan efektif untuk memulai hari dengan dosis vitamin, mineral, dan serat tinggi guna membantu menjaga energi dan fokus sepanjang hari. 

Semua jenis makanan di atas merupakan pilihan menu sehat yang bisa kamu jadikan bahan untuk sarapan setiap hari dan tersedia di pasar atau supermarket setempat. Untuk membayarnya, kamu bisa pakai metode yang praktis yakni menggunakan alat pembayaran digital berupa scan barcode yang tersedia di digibank by DBS

Scan barcode merupakan cara bayar dengan QRIS di Aplikasi digibank by DBS yang sangat mudah dan pastinya menguntungkan. Kamu bisa sat set membayar semua belanjaan untuk sarapan sehatmu dengan limit yang tinggi yakni 10 juta/transaksi/hari. Bahkan, jika berbelanja di berbagai merchant pilihan yang sudah bekerjasama dengan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa dapat promo menarik lho, double untungkan? 

Intinya, dengan memilih menu sarapan sehat yang bisa dibeli dan bayar pakai digibank QRIS, kamu akan memulai hari dengan energi yang lebih baik dan mendukung kesehatan jangka panjang. So, jangan ragu dan segera gunakan ya, informasi mengenai digibank QRIS di Aplikasi digibank by DBS lebih detail, silakan cari tau di sini.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Menu Sarapan Pagi Sehat Agar Tubuh Lebih Berenergi"