Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Manfaat Lidah Buaya yang Tidak Disadari

cara meluruskan rambut secara alami dengan lidah buaya
Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang banyak dicari belakangan ini. Apalagi sejak tanaman ini banyak dipakai untuk kecantikan. Banyak orang yang mengetahui lidah buaya hanya berguna untuk kecantikan padahal banyak manfaat lain yang dimiliki oleh tanaman dari genus aloe ini. Mulai dari Kesehatan mulut sampai rambut.

Apa Saja Manfaatnya?

Tanaman ini berasal dari jazirah arab dan sekarang sudah menyebar di daerah tropis. Beberapa produk di pasaran sebenarnya berbahan dasar lidah buaya. Mungkin kebanyakan hanya berfokus pada produk kecantikan, padahal masih banyak produk di bidang lain yang mempunyai kandungan tanaman ini. Tentunya ini berkaitan dengan banyaknya manfaat yang dimiliki. Berikut adalah beberapa manfaat yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Pelancar Pencernaan

Manfaat pertama dari tanaman ini adalah untuk melancarkan pencernaan. Lidah buaya memiliki antrakuinon yang mempunyai efek pencahar. Ini bisa jadi solusi bagi yang memiliki masalah pada pencernaan. Tanaman ini bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Bisa jadi salah satu alternatif pilihan jenis jus yang bisa dipilih untuk dikonsumsi. Bagi orangtua bisa menjadikan lidah buaya salah satu menu makanan sehat terutama ketika mereka mengalami gangguan pada saluran pencernaan.

Penyembuh Luka Bakar

Luka bakar merupakan luka yang cukup serius. Bagi yang memiliki luka bakar, tidak perlu bingung tentang obat yang digunakan untuk menyembuhkannya, lidah buaya bisa menjadi salah satu solusinya. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat oles pada luka bakar dari derajat satu hingga derajat dua yang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan.

Pelurus Rambut

Bagi yang ingin mengetahui cara meluruskan rambut secara alami, lidah buaya bisa jadi solusinya. Gel yang berasal dari tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut. Cara penggunaannya mudah sekali. Gel yang berbahan lidah buaya digunakan pada rambut lalu tunggu 30 menit. Setelah itu bilas memakai sampo.

Penjaga Kesehatan Rongga Mulut

Mulut adalah salah satu bagian yang penting apalagi berkaitan dengan komunikasi sehari-hari. Memakai produk pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Ini tentunya kabar baik bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan plak. Produk yang mengandung lidah buaya juga dapat mencegah infeksi jamur di rongga mulut serta radang gusi. Lidah buaya dapat dijadikan salah satu referensi ketika mencari produk-produk kesehatan mulut.

Obat Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang banyak diderita terutama para remaja. Ini karena masa pubertas membuat kulit mengalami perubahan yang signifikan. Lidah buaya bisa menjadi solusi dari masalah satu ini. Kandungan anti-inflamasi yang dimilikinya dapat mengobati jerawat yang meradang.

Pelembab Kulit

Ini adalah manfaat yang sudah diketahui oleh masyarakat luas. Lidah buaya memang sedang ramai dicari untuk perawat kulit. Hal ini karena gel tanaman ini dapat diserap dengan baik oleh kulit. Gel ini baik untuk kulit berminyak dan juga kering. Salah satu pengaplikasiannya dalam kulit adalah sebagai pelembab setelah mandi.

Masih banyak manfaat lidah buaya lainnya. kalian bisa menuliskan manfaat lain yang diketahui lewat kolom komentar. Beragam manfaat inilah yang menjadikan nenekku menyarankan lidah buaya menjadi satu dari tiga tanaman yang wajib ada di pekarangan rumah. Tidak perlu membeli, saat kita menanam lidah buaya di rumah artinya bisa bebas berkreasi dengan berbagai olahan. Ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang produktif di kala pandemi.
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

Posting Komentar untuk "Berbagai Manfaat Lidah Buaya yang Tidak Disadari"