Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Tanaman yang Wajib Ada di Rumah

Tanaman Wajib di Rumah
Komunikasi di tengah pandemi tentunya tetap harus berjalan. Sebagai pasangan yang harus menjalani kisah cinta jarak jauh, baik pandemi atau tidak, masa ini tidak jauh berbeda. Hanya saja waktu bertemu kami yang sebelumnya sudah terjadwal harus diatur ulang. Kuharap celengan rindu yang kami tanam begitu banyak, semoga tidak tumpah dan bisa cepat-cepat dipecah.

Obrolan kami hari ini mengenai tanaman. Bercocok tanam jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan kala semuanya harus berada di rumah. Menyiram tanaman dan menghirup udara segar di pagi hari tentunya lebih sehat dibandingkan sekadar bercumbu dengan kasur dan guling seharian. Berjemur yang menjadi tren akhir-akhir ini juga bisa dilakukan sambil bercocok tanam.

Petuah Eyang

Pasanganku bercerita tentang petuah yang didapatkan dari eyangnya. Petuah itu adalah tentang tanaman yang harus ada di rumah. Beliau mengatakan kalau di rumah pun memiliki tanaman-tanaman ini karena berbagai khasiat yang dimiliki. Ada tiga tanaman yang disebutkan, yaitu Palma, Pandan, dan Lidah Buaya. Kenapa ketiganya harus ada di rumah?

Palma untuk Ibadah

Umat katolik memiliki ibadah yang berkaitan dengan daun palma di minggu palma. Ini adalah alasan utama Eyang menyarankan tanaman ini ditanam di rumah. Teringat ketika dulu ingin mencari daun palma di Bintaro cukup menyita waktu, untungnya gereja menyediakan walaupun daun palma sudah didapatkan.

Bisa dibayangkan saat pandemi seperti ini, berburu daun palma atau mengharapkan gereja tentunya tidak mungkin karena ibadah pun dilakukan secara daring. Menanam sendiri di rumah bisa membuat kita tidak perlu mengkhawatirkan daun palma. Kita pun bisa berbagi kepada tetangga dekat rumah.

Pandan untuk Memasak

Pada zaman dahulu, memasak di rumah menjadi suatu yang biasa. Belum adanya mekanisme pesan antar seperti sekarang dan sedikitnya restoran cepat saji yang tersedia membuat kegiatan memasak adalah kewajiban. Ini makin terasa ketika tinggal di perkampungan. Begitulah yang dirasakan oleh Eyang sehingga menyarankan untuk menanam pandan.

Banyak ragam panganan yang bisa dibuat dari daun yang mampu membuat olahan makanan menjadi wangi. Menanam sendiri tanaman ini tentu membuat koki di rumah bisa bebas memakai sebanyak yang diinginkan. Menanam pandan juga bisa diartikan sebagai “paksaan” agar pemilik rumah memasak berbagai jenis makanan bagi orang rumah. Salah satu cara produktif di tengah pandemi.

Lidah Buaya dengan Jutaan Manfaat

Tanaman terakhir adalah lidah buaya. Tanaman satu ini sedang ramai digunakan dalam produk kecantikan. Skincare berbahan dasar lidah buaya tentu sering dilihat di pasaran. Teman-temanku pun banyak yang memakainya. Lidah buaya sebenarnya memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan hanya sebagai produk kecantikan.

Orang yang ingin meluruskan rambut bisa memakai lidah buaya sebagai pelurus rambut. Penderita luka bakar pun bisa memanfaatkannya sebagai obat agar mempercepat proses penyembuhan. Jerawat dan masalah mulut pun bisa disembuhkan dengan tanaman satu ini. Begitu banyak manfaat yang membuat tanaman ini harus ada di rumah.

Masih ada beberapa tanaman yang sebenarnya bisa dengan mudah ditanam di rumah tapi tiga tanaman di atas adalah rekomendasi utama Eyang. Teman-teman yang punya rekomendasi lain bisa dituliskan di kolom komentar. Selain tanaman obat, tanaman buah pun bisa jadi hal yang menyenangkan ketika ditanam di rumah. Rumahku punya papaya dan jambu air yang ada di depan rumah. Tidak perlu bingung ketika ingin makan buah, cukup petik saja yang ada di hadapan mata. Jadi, ayo bercocok tanam!
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

2 komentar untuk "Tiga Tanaman yang Wajib Ada di Rumah"