Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Bubut: Pengertian, Jenis, Cara Kerja & Rekomendasi Merek Terbaik

pengertian mesin bubut dan rekomendasi merek terbaik
Pembubutan merupakan proses penting dalam industri. Perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur yang membuat komponen mesin atau berkaitan dengan pemotongan atau pemboran pada material logam pasti sudah tidak asing lagi dengan proses bubut. 

Salah satu pemotongan dapat dilakukan dengan cutting plasma, yaitu pemotongan dengan menggunakan obor plasma. Mesin akan mengeluarkan gas inerf dan udara terkompresi ditiup dengan kecepatan tinggi dari nozzle sehingga tercipta busur listrik yang dapat memotong benda. 

Teknik pembubutan merupakan proses manufaktur dengan memotong benda menggunakan alat potong sehingga membentuk produk sesuai yang diinginkan. Cara kerjanya dengan memutar benda di sekitar sumbu benda utama dan alat potong bergerak sejajar dengan sumbu putar. Alat potong yang digunakan pada proses ini dinamakan mesin bubut. 

Apa itu Mesin Bubut? 

Pengertian mesin bubut sederhananya adalah mesin yang digunakan pada proses pembubutan atau pemotongan benda dengan akurasi tinggi. cara kerja mesin bubut adalah memotong benda dengan presisi dengan memutar benda tersebut sehingga menghasilkan berbagai komponen mesin, seperti roda gigi, poros, dan alur. 

Mesin bubut berguna untuk pembuatan komponen di berbagai industri seperti alat medis, otomotif, dan lainnya. Fungsi utama mesin bubut adalah memutar benda pada spindel lalu dipahat sesuai kecepatan tertentu yang berguna untuk mencapai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Mesin bubut dapat dipadukan dengan alat potong dan mata bor berbagai diameter agar hasil potong lebih presisi. 

Jenis Mesin Bubut 

Mesin bubut dapat dibedakan jenisnya berdasarkan mode kontrol, struktur mesin, penggunaan, dan bahan pemrosesan. Mari kita bahas masing-masing jenis mesin bubut tersebut. 

Metode Kontrol 

Berdasarkan metode kontrol, mesin bubut dapat dibedakan menjadi konvensional dan CNC. Secara umum, mesin bubut konvensional masih digerakkan manual oleh pekerja, mulai dari menyetel kecepatan, menggerakkan gigi, mengangkat tuas, sampai memahat benda yang ingin dipotong. Walaupun manual, mesin bubut konvensional masih memiliki pasar untuk industri kecil dan tempat pemeliharaan. 

Mesin bubut CNC menggunakan komputer untuk pengoperasiannya, memiliki bentuk yang sama dengan mesin bubut konvensional tapi mesin digerakkan menggunakan program sehingga dilakukan secara otomatis. Komputer mikro pada mesin bubut ini melakukan kalkulasi terhadap pemotongan untuk mendapatkan hasil yang presisi. 

Struktur Mesin 

Dilihat dari struktur mesinnya, mesin bubut dapat dibedakan menjadi mesin bubut horizontal, vertikal, dan tempat tidur miring. Mesin bubut horizontal memiliki sumbu utama sejajar dan cocok benda ringan, tidak besar diameternya, dan panjang (750mm, 1000mm, 2000mm, 3000mm, 4000mm atau bahkan 8000mm). 

Kebalikannya adalah mesin bubut vertikal yang spindelnya tegak lurus dan cocok untuk benda yang berdiameter besar tapi pendek. Mesin bubut ini dapat dibagi menjadi mesin bubut vertikal satu kolom dan kolom ganda. 

Penggunaan 

Berdasarkan penggunaannya, mesin bubut dapat dibagi menjadi mesin bubut poros engkol, mesin bubut roda, mesin bubut roll dan mesin bubut ingot, peralatan mesin bubut dan penggilingan, mesin bubut benang pipa. 

Bahan Pemrosesan 

Mesin bubut menurut bahannya dapat dibagi menjadi bubut kayu dan bubut logam. Perbedaan keduanya terletak pada struktur tempat pisau, sifat benda, dan alat pemutar. Pengerjaan logam biasanya homogen dengan kepadatan dan kekerasan yang sama, alatnya juga dapat dipindahkan secara otomatis. Di sisi lain, kayu gampang sobek. 

Cara Kerja Mesin Bubut 

Mesin bubut melakukan pemotongan dengan menggunakan beberapa prinsip, yaitu: 

Operasi Facing 

Operasi facing melakukan pemotongan ujung benda secara datar agar mendapatkan dimensi yang diinginkan. Operasi ini bertujuan meratakan dan menghilangkan kekasaran permukaan benda. Keberhasilan operasi ini tergantung pada pemilihan alat potong, kecepatan pemotongan, dan pemantauan yang cermat. 

Operasi Grooving 

Operasi grooving menempatkan alat potong secara lateral pada permukaan benda sehingga membentuk alur yang diinginkan. Alur ini digunakan pada poros, cincin, atau permukaan material lain sehingga dapat mengakomodasi seal, cincin retainer, atau elemen pengunci lainnya. 

Operasi Knurling 

Operasi knurling membentuk pola gulungan kecil pada permukaan benda agar daya cengkeram permukaan benda dan penampilan estetika meningkat karena terdapat visual menarik. Operasi ini digunakan di tuas, pegangan, atau permukaan lain yang perlu tekstur. 

Operasi Pemboran 

Sesuai namanya, operasi pemboran membuat lubang dengan kedalaman dan diameter tertentu. Kecepatan putar kepala bor harus diperhatikan agar hasilnya sesuai. alat potong juga harus diperhatikan agar pemotongan maksimal dan tidak terjadi keausan berlebih. 

Las Bubut 

Mesin bubut digunakan untuk memotong dan biasanya ditemani dengan mesin las untuk merakit potongan-potongan tersebut. Las bubut adalah pengelasan dengan menggunakan mesin bubut. Las MIG adalah penyambungan dengan benda logam atau lebih melalui proses pencairan setempat. Las MIG (Metal Inerf Gas) menggunakan filler metal yang sama dengan logam dasar serta inert gas. MMA Welding atau Manual Metal Arc Welding adalah penyambungan logam menggunakan sumber panas listrik dan bahan tambah/pengisi berupa elektroda terbungkus. 

Harga dan Rekomendasi 

Industri yang sedang mencari mesin bubut dengan plasma cutting dapat memiliki Kawan Lama. Berikut beberapa rekomendasi mesin bubut plasma cutting yang dapat dipilih beserta harga mesin bubut. 

KRISBOW PLASMA CUT 100A 3P VRC10 
jenis mesin bubut
Kelebihan: 
  • IGBT Inverter technology
  • Kipas pendingin 
Fitur: 
  • Hemat energi 
  • Ringan 
  • Pemotongan 2x lebih cepat daripada pemotongan menggunakan Oxy-Cutting 
  • Cocok untuk memotong stainless steel, tembaga, besi, dan benda aluminium 
Harga: Rp 17,626,800 

KRISBOW PLASMA CUT 45A 1P VRC4 dan KRISBOW PLASMA CUT-TIG MULTI WELD 40A 1P VRCM4 
cara kerja mesin bubut krisbow plasma cut
Dua tipe ini memiliki kelebihan dan fitur yang disediakan tipe ini sama seperti KRISBOW PLASMA CUT 100 A 3P VRC10 tapi dengan tambahan Kelebihan yaitu Multi Process CUT/TIG/MMA. 

Harga: 
  • KRISBOW PLASMA CUT 45A 1P VRC4: Rp 9,321,780 
  • KRISBOW PLASMA CUT-TIG MULTI WELD 40A 1P VRCM4: Rp 11,988,000 
AOTAI PLASMA CUTTING CUT 40I W/ACCESSORIES 
pilihan alat cutting plasma kawan lama
Tipe ini memiliki Kelebihan dengan kecepatan pemotongan lebih cepat dan hemat energi. Fiturnya memiliki keandalan dan durabilitas yang tinggi, HF Touched Ignition, dan dapat digunakan portabel karena ukuran kecil dan ringan. Tipe ini dibanderol dengan harga Rp 9,205,563. 

Itu tadi adalah rekomendasi merek mesin bubut terbaik terutama plasma cutting. Kawan Lama adalah mitra terpercaya yang menyediakan mesin bubut berkualitas sesuai dengan Kebutuhan. Ayo, beli di kawanlama.com sekarang!
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

25 komentar untuk "Mesin Bubut: Pengertian, Jenis, Cara Kerja & Rekomendasi Merek Terbaik"

  1. Krisbow memang sangat melegenda ya sebagai alat yang mendukung kebutuhan industri. Bahkan untuk rumah tangga juga bisa.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Perusahaan yang bergerak di bidang pemotongan besi sepertinya harus beli mesin bubut ini nih. Soalnya bisa melakukan banyak pekerjaan dan penggunaanya bisa dilakukan secara otomatis. Jadi pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien

    BalasHapus
  4. Kalau Krisbow percaya deh, memang bagus kualitasnya kok, selain itu beberapa kali belanja keperluan kantor maupun rumah di Kawan Lama memang barangnya bagus dan berkualitas

    BalasHapus
  5. Dalam dunia pertukangan mesin bubut ini sangat dibutuhkan. Krisbow emang sudah dipercaya. Awet dan berkualitas.

    BalasHapus
  6. Saya gak paham tentang mesin bubut. Tetapi, yang saya tau, Krisbow memang merk bagus. Produk-produknya berkualitas semua.

    BalasHapus
  7. Saya tahunya kalau mesin bubut tuh buat bikin mur. Ternyata macam-macam fungsinya 🤭

    BalasHapus
  8. Mesin bubut saat ini semakin kecil dan praktis serta memiliki daya efisiensi yang tinggi.

    BalasHapus
  9. Wah Terima kasih atas penjelasannya mas. Merek krisbow ini lumayan terkenal ya dan produknya juga berkualitas

    BalasHapus
  10. Rupanya mesin bubut tidak hanya untuk memproduksi ornamen pelengkap untuk furniture ukiran. Pas kecil dulu aku tahu tentang mesin bubut, tentu yang lebih sederhana, di daerah Jepara.

    BalasHapus
  11. aku bukan anak yang bergerak dibidang kerja yang membutuhkan alat bubut ini, tapi sekarang jadi tahu fungsinya dan emang bisa membuat pekerjaan lebih gampang lagi yah. Merek Krisbow boleh banget jadi merk yang diandalkan buat digunakan

    BalasHapus
  12. Jadi lebih paham mengenai mesin bubut ini. Terimakasih penjelasanya. Pengen belajar juga tapi dimana ya?

    BalasHapus
  13. baru tahu ternyata harga mesin bubut lumayan juga, apalagi produk krisbow sering saya jumpai di peralatan di kantor saya. Karna kualitasnya yang bagus dan awet.

    BalasHapus
  14. Produk Kris dan Krisbow memang sudah memiliki nama juga kepercayaan masyarakat Indonesia. Jadi untuk mesin bubut ini juga saya rasa kualitasnya akan baik

    BalasHapus
  15. owh ternyata mesin bubut adalah mesin yang digunakan pada proses pembubutan atau pemotongan benda dengan akurasi tinggi ya kak, awalnya bertanya-tanya mesin apa itu

    BalasHapus
  16. Ternyata banyak juga ya jenis dari mesin bubut ini.
    Beruntung sekarang ada Kawan lama yang bisa menjadi solusi buta beli mesin bubut, tinggal pilih-pilih jenis mesin bubutnya, bayar, datang dah

    BalasHapus
  17. Wah kalau brand Krisbow untuk urusan teknikal memang gak usah diragukan lagi kualitasnya, sudah pasti jaminan mutu dan awet dipakai....

    BalasHapus
  18. Lihat mesin bubut ini jadi inget sodaraku deh. Dia punya dengan mesin bubut. Tapinya yang jadl gitu. Usaha beliau memang di bidang bubut-bubutan. Hehehehe. Aku jadi tahu lebih banyak deh tentang mesin bubut ini. :D

    BalasHapus
  19. Aku tu sering denger mesin bubut tapi gak pernah tahu fungsi atau cara kerjanya gimana sampai aku baca artikel ini hehe. Ternyata buat cutting2 gitu yaa.
    Ternyata harganya cukup lumayan ya, tetapi sepertinya industri2 butuh sih dan buat pabrikan sih gak terlalu mahal harga segitu.

    BalasHapus
  20. Saya belum pernah lihat mesin bubut secara langsung dan tentunya gak ngerti cara kerjanya hehehe..
    Tapi kalau Krisbow ini merek yang familiar bagi saya. Ada beberapa peralatan punya suami bermerek Krisbow

    BalasHapus
  21. Pernah ngeliat mesin bubut di rumah paklik yang buka usaha mebel dan pagar besi. Eh, betul itu mesin bubut ya? Karena bentuknya sih sama persis dengan yang di gambar, tapi agaknya aku kurang paham dengan mesin bubut ini.

    BalasHapus
  22. Ini artikelnya berguna sekali buat para pekerja teknik yaa.. aku save aja dulu sapa tau nanti butuh info yang mesin-mesin gini hehe

    BalasHapus
  23. Baru tahu kalau Krisbow juga ngeluarin mesin bubut. Di rumah ada beberapa produk Krisbow, tapi lebih ke alat rumah tangga sih. Oven listrik, penghisab debu, dll...
    Keren Krisbow...

    BalasHapus
  24. Memang sudah gak bisa diragukan lagi kalau dengan brand Krisbow, jelas berkualitas dan tahan lama. saya saja punya serok krisbow awet banget

    BalasHapus
  25. Dulu saya juga sering berlangganan ke bengekel bubut buat bikin kerajinan. Kalau untuk mesin yang buat ngebubutnya harganya 200 jutaan katanya.

    BalasHapus