Setengah Hari Pertama Pembekalan CPNS DJP: Integritas Harga Mati!

Pembekalan CPNS DJP 2019
Kemarin malam, jantungku tiba-tiba deg-degan. Rasa gugup merayap ke seluruh tubuh. Oh, apakah ini cinta? Bukan, ini bukan tentang cinta pada manusia. Ini tentang pengabdian pada negara.

Setelah melewati perjuangan berkuliah selama tiga tahun di Politeknik Keuangan Negara STAN, sebentar lagi aku akan memasuki fase hidup yang baru. Bukan hanya babak baru, tapi langkah maju yang sangat berbeda dari sebelumnya: Bekerja.

Sebelumnya aku sudah pernah merasakan dunia kerja dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan), namun kala itu hanya sebagai pengamat. Memang ikut membantu, tapi tentu rasanya berbeda dengan bekerja sebenarnya. Kala itu masih berstatus mahasiswa, kali ini sebagai bagian dari suatu instansi: Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Hari ini adalah setengah hari pertama dari total satu setengah hari pembekalan dan CPNS DJP Tahun 2019. Dimulai sejak tengah hari dan berakhir sekitar pukul setengah enam sore. Besok acara dimulai dari pagi hingga sore.

Acara hari ini lumayan santai. DJP adalah organisasi yang hebat, aku merasa bangga menjadi bagian dari institusi ini. Pembawa acara yang berasal dari pegawai DJP dan juga lulusan STAN mampu mencairkan suasana, layaknya pembawa acara profesional. Atau memang mereka sudah terlatih?

Di setengah hari pertama ini, kami dibekali tentang perjalanan yang akan dilalui ke depannya. Mulai dari OJT Latsar, DTU, sampai DTSD. Ada juga penjelasan mengenai hak dan kewajiban sebagai PNS. Materi dilanjutkan dengan organisasi di lingkup kementerian keuangan. Materi ini mirip seperti mata kuliah OTK di semester lima, jadi ini hanya seperti review materi sambil meng-update pengetahuan.

Setelah ishoma, materi terakhir sebelum penutupan di hari ini adalah tentang berbagai penegakan hukum terkait pelanggaran dan juga internalisasi nilai-nilai kementerian keuangan. Hal yang disoroti dari materi terakhir ini adalah tentang integritas. Bekerja sebagai ASN di lingkup DJP sangat rawan terhadap kasus fraud, Gayus adalah contoh nyata yang menjadi masa lalu kelam DJP. Diharapkan para calon CPNS yang berada di Gedung G PKN STAN tetap bisa menjaga integritas agar mampu menjaga nama baik diri dan instansi. Di tahap selanjutnya, hal tersebut akan membuat kesejahteraan rakyat meningkat karena bekerja sesuai dengan amanah.

Acara dilanjutkan esok hari selama satu hari penuh lalu lusa akan ada pengarahan langsung dari Dirjen Pajak, Suryo Utomo di Kantor Pusat DJP. Ini pertama kalinya aku akan pergi ke tempat yang berada di Gedung Mar'ie Muhammad Lantai 2 ini. Setelah berkunjung ke KPP Jakarta Gambir Tiga di Jakarta dan PKL di KPP Banjarmasin Selatan, merasakan berada di kantor pusat pasti akan menyenangkan.

IBX59EADF1D9DDBB

Award

Blogger Energy
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Ikuti lewat Email

Yang Mau Kontak-Kontakan

Nama

Email *

Pesan *