Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Istilah Ask.fm


Profil ask.fm



pap ootd? pap selfie? likers get like? describe? Tau di mana kata-kata itu sering muncul? Yaps, Ask.fm! Buat para user Ask.fm (yang sudah lama maenin ini sosmed) pasti udah pada kenal dan (pasti) tau dari istilah-istilah di atas kan? Buat user baru, kayak aku, mungkin masih bingung, apa sih arti pap? Terus likers get itu apa? Dan masih banyak pertanyaan seputar istilah-istilah yang digunakan di Ask.fm. Nah, maka dari itu di sini #CoQi pengen ngeshare tentang arti dari istilah-istilah di Ask.fm alias bikin Kamus Istilah Ask.fm

1) PAP = Post a Picture. Nah, jadi kalau ada yang bilang gini, kita tinggal post alias share games eh gambar kita. Biasanya setelah kata PAP ditambahin sesuatu biar jelas maksudnya, kayak Pap Selfie (pasti tau arti selfie kan :P), Pap OOTD (Outfit of The Day alias pakaian yang kamu pakai hari itu), Pap Quote (Quote = kata mutiara), dll.(dan lain-lain :P)
Contoh PAP kayak gini :

2) Thought/D/Desc = Describe. Maksudnya kamu disuruh mendeskripsikan alias menjelaskan hal-hal yang kamu tau tentang dia. Jadi, kalau ada yang nanya Desc atau Describe, tinggal jelasin aja yang kamu tau tentang dia.
3) I/Impersonate/impers = Tirukan, intinya kalau ditanya kayak gini si penanya pengen kamu niruin alias sebutin segala kelakuan yang sering dilakuin penanya.
4) dear (name), contohnya "dear mama, terima kasih udah merawatku selama ini." artinya kita berterima kasih pada ibu kita yang telah merawat kita. Biasanya yang ditanya orang kayak gini "dear ayah?" kita jawabnya sesuatu hal yang pengen kita katakan sama ayah.
5) A-Z gue dong!, kalau ini nyuruh describe dari kamu buat dia dari huruf A sampai Z, contoh
"A = anak baik
B = berbudi
C = Cantik
D = Dermawan
E = Enak diliat
dan seterusnya sampai Z"'
6) Pick up line = rayu aku dong, paham kan? Kayak gini
7) Likers get = likers dapat reward. Maksudnya orang nanya ini ke kamu adalah "gue udah ngelike nih answer (jawaban) punya lu, lu mau ngasih apa ke gue?". Dan ada berbagai macam jawaban yang bisa kamu beri :
*) Likers get question, orang yang ngelike dapat pertanyaan.
*) Likers get like, setiap orang yang ngelike dapat like (juga)
*) Likers get truth or dare, orang yang ngelike disuruh milih truth atau dare (kalau gak tau truth or dare tanya ama yang tau) dan selanjutnya diserahkan kepada penjawab.
*) likers get ship, yang ngelike harus kamu kasih couple/pasangan yg cocok buat dia. Terserah mau masangin sama siapa
Nah, selain 2 macam itu bisa juga ngasih 'imbuhan' likers get di depan (beberapa) istilah-istilah berikut ini tapi bisa juga (dan lebih sering) dipakai buat nanya :)
*) pc/photo challenge (tantangan foto), misalnya "pc : 1. senyum, 3.gila, 4.sedih" nah kalau ditanya kayak gitu jawabnya ya tinggal kasih foto kalian dengan 3 ekspresi tersebut.
*) tbh (To be Honest = Gue ungkapin jujur dari hati yang paling dalam), contohnya kalau ada yang nanya "tbh : kamu imut deh" artinya dia mau bilang (dari lubuk hati paling dangkal eh dalam) bahwa kamu itu imut, terserah responmu kayak gimana.
*) fi (fi = first impression/kesan pertama), kalau ada yang nanya kayak gini, "fi : kamu ini cuek, tapi jadi keliatan cool, keren deh!" artinya kesan pertama sang penanya saat liat kamu kayak gitu.
*) li (li = last impression/kesan terakhir), ehem, pasti paham ._.
*) bf (bf = boyfriend eh salah best feature/kekerenan dia). Misalnya, "bf : hidung mancungnya bikin pengen gigit" artinya ... pasti tau kau :P
*) get pbcs (pbcs = perfect, beautiful, cute, sexy) kalau ada kata-kata "pbcs : cute" artinya kamu imut dan kalau "pbcs : semuanya deh :D" artinya kamu itu imut, cantik, sempurna, plus seksi.
*) stdt (stdt = song to describe them/lagu yang cocok buat jelasin kayak gimana dia) Contohnya ada yang bilang, “stdt: cause your amazing just the way you are (Bruno mars-just the way you are)” artinya kamu itu amazing kayak Spiderman eh menakjubkan maksudnya ._.
*) date/pass (tau kan arti date? Bukan tanggal tapi kencan :P) kalau ada yang nanya "date" artinya ngajakin kencan/jalan/kenalan (walau kadang cuma buat JFF alias just for fun) dan kalau kamu mau ya tinggal jawab "ok" dan kalau gak mau jawab aja "pass"
*) rate (rate = nilai/berapa nilai gue di mata lu) ,biasanya rangenya dari 0-100, tergantung yang jawab sih. Ini penilaiannya terserah mau dari aspek apa, bisa dari personality (personal/diri) atau yang lain.
*) honest opinion (honest opinion = opini atau pendapat jujur/mirip kayak tbh)
*) hh dong? (hh = honesty hour/jam kejujuran), kalau ditanya kayak gitu artinya kamu ditanya "mau gak jawab jujur?" kalau mau jawab "yes" dan kalau gak mau jawab aja "no" atau terserah. Intinya kayak truth (jujur-jujuran) dan sebisa mungkin jawabnya harus jujur (bohong itu dosa lo)
*) lt (lt = long thought/penjelasan panjang), mirip kayak describe tapi lebih panjang. Kayak "kamu itu cantik, putih, pinter, rajin menabung, tidak sombong, cantik (lagi), bla bla bla" pokoknya harus panjang!
*) ow (ow = one word/satu kata), intinya apa 1 kata yang mewakili kamu, kalau "ow : pinter" artinya kamu pintar. Kalau three word? Ya tulis aja 3 kata :)
*) Fmk  (Fmk = fuck/pasti tau, kill/bunuh, marry/nikah). Jadi kamu dikasih 3 pilihan, contoh " fmk: a,b,c." dan jawabannya mau apa terserah, (f for a, m for b, k for c)
*) DIP (DIP = Describe, Impersonate, PAP/post a picture), jadi maksudnya kalian harus memberikan jawaban dengan tiga hal itu, gak paham maksud ketiganya? Di atas udah ada penjelasannya tuh :D *Thank's Laila*
*) OD (OD = Our Difference), ini artinya apa perbedaan antara yang ditanya dan kalian. Misalnya nih :
"Kamu cantik aku nggak.
Kamu baik aku nggak.
Kamu kurus aku gendut
Kamu lucu aku nggak." Yang gitu2 loh
*Thank's to Anonymous dan Almiftahur Rizqi
*) slr (slr = sorry late reply), maksudnya maaf jawabnya telat, pasti paham ini dipakai buat apa kan? *Thank's to Anonymous*
*) Best view, Best view itu hal terbaik dari orang yang nge ask alias nanya. Misalnya dia lucu jawab aja lucu, atau mungkin dia cantik, ganteng, tinggi, gemesin, dan yang lain. Pokoknya yang menurutmu terbaik dari dia gitu, penampilannya, tingkah lakunya atau apapun :)
*) ans (ans = answer), jadi ini maksudnya answer alias jawaban
*) Q (Q = Question), jadi ini artinya pertanyaan. Biasanya ini ditanyakan kalau orang lagi pengen ditanya, mungkin nanti bisa :
- Tukeran 3Q = Artinya saling bertanya 3 pertanyaan
- dll.
*) Free Ask (Free Ask = Bebas Nanya), sama seperti Q, pertanyaan ini diajukan juga untuk alasan pengen ditanya. Jadi jawabannya bisa ok atau langsung saja kasih pertanyaan kalian sebagai jawaban.

*) dan masih banyak lagi yang lainnya, berapa lapis? Jutaan (korban iklan)

Nah, kayaknya segitu dulu deh. Eits, 1 lagi, arti anon/anonymous itu artinya tanpa nama, ini biasanya buat yang mau nanya tapi dia gak mau orang tau kalau dia nanya. Tapi kalau minta follback jangan pakai anon ya, nanti gak tau siapa yang minta follback. Ngomong-ngomong soal follback, follow ya akun Ask.fm aku nanti pasti aku follback, sekalian kita kepo-kepoan soalnya aku jarang dikepoin, hahaha.

Udahan dulu ya, makasih udah baca :D. Kalau ada yang mau ditanyain/ditambahin silahkan isi kolom komentar atau bilang di Ask.fm aku ;)

Sumber :
http://dewikelianti.blogspot.com/2014/01/istilah-di-askfm.html
http://valleryviolila.blogspot.com/2013/12/bahasa-aneh-di-ask-fm.html
yohanna-frnsska.blogspot.com/2014/02/cara-menggunakan-askfm.html
Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

68 komentar untuk "Kamus Istilah Ask.fm"

  1. bener bener dah istilahnya , ada beberapa yg maksa juga lagi. mungkin ask.fm mau nyaingin istilah istilah yang ada di kaskus kali haha:D

    BalasHapus
  2. Aku punya Ask.fm tapi jarang dibukan. Masih kikuk pakenya :D

    BalasHapus
  3. Istilahnya banyak banget ya, bikin bingung. Dan belum punya juga akun ask.fm. Menyedihkan

    BalasHapus
  4. banyak amat.ane udah punya ask tapi nggak pernah kupake lagi

    BalasHapus
  5. DIP = Describe, Impersonate, PAP(post a picture)

    BalasHapus
  6. Kalau ada yg nanya gini"meme galau" jawabnya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu jawab aja pakai image yang isinya tentang meme galau. Banyak di internet, search aja 'Meme Galau', atau kalau mau keren, bikin dulu aja memenya ;)

      Hapus
  7. Gue udah pake Ask.fm dari tahun lalu, dah di hari ini akhirny gue baru tahu istilah2 aneh yang gue ngak ngerti sebelumnya :D

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. OD itu kyk gini loh contohnya "Kamu cantik aku nggak.
      Kamu baik aku nggak.
      Kamu kurus aku gendut
      Kamu lucu aku nggak." Yang gitu2 loh

      Hapus
    2. kalo yg gt2 ud paham tp arti kata od nya sendiri apaan donk? Justru krn ad kata2 bgituan emg awalnya itu dr mana sih? hahahaa.. *mnrt q agak aneh..

      Hapus
    3. Yap, Our Difference alias perbedaan kita gitu.

      hehehe, itulah yang bikin seru, ada istilah-istilah tersendiri yang gak ada di sosmed lain ;)

      Hapus
  9. Balasan
    1. Slr itu kamera yang kalo buat foto cakep banget

      Hapus
    2. ya bener sih, slr itu kamera --
      tapi kalo bahasa gaul, slr = sorry late reply

      Hapus
    3. Yap, Sorry late reply, kalau dalam bahasa Indonesia sih kira-kira gini, "Maaf ye telat," gitu :P

      Hapus
  10. Kalau mau buat istilah kayak gitu. Langsung ketik di post yah? Trus gue baru pake ask.fm gimana post gambar? -_-
    Anon itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tanda gambar kok(tanda foto gt)
      Anon tuh kyk orang yg ask kita tapi gak ngasih nama dia, jd kita gak tau dia siapa.

      Hapus
    2. Tinggal ask aja kak alias nanya ke temen. Kan ask.fm ini sosmed yang dibikin buat saling bertanya.

      Anon itu anonymous alias orang yang nanya tapi gak ada profilnya gitu. Bisa jadi penggemar rahasia tuh :P

      Hapus
  11. gila...ini sosmed bikin bingung :D
    sabar.......

    BalasHapus
  12. kak, 'UST or FEU for UAPP' apaan yak? gue nemu itu di ask.fm

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Best view itu hal terbaik dari orang yang nge ask alias nanya. Misalnya dia lucu jawab aja lucu, atau mungkin dia cantik, ganteng, tinggi, gemesin, dan yang lain. Pokoknya yang menurutmu terbaik dari dia gitu, penampilannya, tingkah lakunya atau apapun :)

      Hapus
  14. Wuuh banyak banget istilah istilahnya ya.. seselumnya aku tau istilah" itu ngga banyak tapi setelah baca ini aku jadi tau..
    Aku punya ask.fm udah lama tapi kok followersku masih segitu aja yaa

    BalasHapus
  15. Best momen itu kaya, momen yang paling indah gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya momen terbaik gitu, dan momen paling indah salah satunya dan semacamnya

      Hapus
  16. Ada yg tau nggak cara ngerubah pertanyaan acak ke bindonesia?

    BalasHapus
  17. kalo ada yang nanya "Likers get : dp rate 7/10" itu cara ngeratenya gimana ._. ?

    BalasHapus
  18. Follow nih @tita_ra .. thanks ����

    BalasHapus
  19. Kalau ada yang nanya " tukeran 3Q ayok " maksudnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan Q itu Question alias pertanyaan. Jadi kalau nanya kayak gitu artinya tukeran 3 pertanyaan gitu. Kamu ngasih nanya dia 3 pertanyaan, begitu juga, dia nanya kamu 3 pertanyaan

      Hapus
  20. Balasan
    1. Done = sudah. Artinya dia sudah menyelesaikan sesuatu yang kita tanyakan

      Hapus
  21. wkwk ini tulisan tahun lalu yah
    lumayan membuka wawasan, walau telat.

    sebernya gue sering bgt sih nemu istilah-istilah geje kayak gini bertebaran di temlen, tapi kalo sekarang-sekarang kayaknya udah mulai ditinggalkan yah..

    btw nice infoh

    BalasHapus
  22. Balasan
    1. Ship me with = Pasangkan aku dengan...

      Ship itu sama kayak pasangan

      Hapus
  23. Balasan
    1. What do you think about (blablabla)
      Ex : wdyt about me? (Menurut kamu aku gimana)
      Km jawab sesuai yg km mau hehe

      Hapus
  24. klo "bet" ama "cem" itu artinya apa yaa?

    BalasHapus
  25. wahh thanks ini, aku kudet banget gak tau istilah2 itu hehehe makasihnya membantu bangettt

    BalasHapus
  26. Kalo ada yang ask bef af itu maksudnya apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bef = before, af = after. Jadi gimana pandanganmu terhadap orang sebelum dan sesudah kenal

      Hapus
  27. Balasan
    1. Sama seperti stdt (stdt = song to describe them/lagu yang cocok buat jelasin kayak gimana dia) Contohnya ada yang bilang, “stdt: cause your amazing just the way you are (Bruno mars-just the way you are)” artinya kamu itu amazing kayak Spiderman eh menakjubkan maksudnya ._.

      Hapus
  28. Ada yang minta best view, tapi dianya anon. Gimana dong?

    BalasHapus
  29. Every loan payment you make will contain a minimum of two components, interest and principal. canada mortgage calculator Therefore, credit at 6%, with monthly obligations and compounding simply requires by using a rate of 0. mortgage payment calculator

    BalasHapus
  30. Aku kira AFK ternyata ask

    Jasa pembuatan Lift Barang Murah aman dan Bergaransi.

    BalasHapus