Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengasah Kemampuan Otak Bersama Zenius dengan ZenCore

Fitur ZenCore untuk Mengembangkan Kapasitas Otak
Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki. – Bung Hatta 

Petuah Bung Hatta di atas banyak dimaknai bahwa integritas adalah hal wajib dimiliki setiap insan manusia. Namun, ada hal lain yang mungkin banyak luput diresapi banyak orang, yaitu kata-kata di awal kalimat. Kecerdasan dan kecakapan adalah hal yang bisa dilatih. Kita memang tidak bisa memilih dilahirkan di keluarga yang seperti apa atau dari gen siapa, tapi perlu diingat bahwa Bung Hatta mengatakan hanya integritas yang susah dipoles, tidak dengan kecerdasan dan kecakapan. 

Banyak orangtua mengeluh dengan adanya PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) di kala pandemi, tugas mengajar yang biasanya diserahkan kepada guru, mau tidak mau sekarang harus dibantu dengan orangtua di rumah. Kenapa orangtua baru mengeluh sekarang, bukannya harusnya memang mereka adalah rekan guru di rumah bahkan tanpa adanya PJJ? Lalu harus #mulaidarimanaaja untuk bisa mendidik anak

Pendidikan Dasar untuk Masa Depan Cemerlang 

Rumah adalah sekolah pertama anak, sedini apapun seorang anak disekolahkan, tetap kata pertamanya diajarkan oleh orang rumah, terlepas dari siapa yang mengajarkannya. Dalam mendirikan bangunan, fondasi adalah hal yang penting, begitu juga dengan mendidik seorang anak, pendidikan dasar adalah hal yang berperan besar dalam tumbuh kembang anak ke depannya. 

Anak yang mempunyai bekal cukup tentu bisa lebih kuat dalam menghadapi tantangan pendidikan ke depannya. Bukan tidak mungkin makin banyak anak cerdas Indonesia yang mengharumkan nama bangs ajika pendidikan dasar yang kuat menjadi fondasi. 

Orangtua Berperan Penting

Disinilah peran orangtua, terlepas dari apapun pekerjaannya, tanggungjawab orangtua adalah mendidik manusia yang sudah dititipkan Tuhan kepadanya. Anak bukan sebuah investasi yang harus dilatih dengan memasukkan di berbagai les sana sini berharap akan memberikan “imbal hasil” besar kepada orangtua, anak adalah seorang manusia yang ditakdirkan memiliki peran dalam kehidupan dunia. 

Perlu diperhatikan bahwa peran orangtua adalah membimbing anak agar bisa menghadapi dunia dengan kedua tangannya di masa depan. Ini tentunya tidak bisa diserahkan begitu saja pada guru atau pendidik lain. Anak harus bisa mendapatkan dasar dari baju perangnya di rumah dengan orangtua. Pendidikan 

Bukan Sekadar Mata Pelajaran

Apakah ini artinya orangtua harus memahami semua mata pelajaran yang ada di sekolah? Tentu tidak. Kecuali orangtua adalah guru sekolah, itu lain cerita. Pendidikan bisa dibagi menjadi kemampuan fundamental dan wawasan yang luas. Kemampuan fundamental berguna untuk melatih cara pikir agar bisa mengambil keputusan yang tepat dan wawasan luas tentunya penting agar bisa melihat dunia dari berbagai sudut pandang. 

Semuanya Bisa Belajar di ZenCore 

Kemampuan Fundamental (Fundamental Skills) dan Wawasan Luas (Insightful Knowledge) ini oleh Zenius dikategorikan sebagai ZenCore. Kemampuan dan pengetahuan ini menurut Zenius harus dikuasai oleh siapapun apapun latar belakangnya. 

Apa Itu ZenCore

ZenCore untuk Solusi Kecerdasan Anak

ZenCore adalah fitur baru dari Zenius Education yang memiliki basis kecerdasan buatan sehingga bisa meningkatan pengetahuan umum penggunanya. Bisa dicoba download aplikasi Zenius dulu untuk bisa menggunakan fitur ZenCore ini. 

Dasar materi dari ZenCore ini adalah matematika, logika verbal, dan bahasa inggris. Banyak orangtua yang bingung harus #mulaidarimanaaja untuk bisa membimbing anaknya, tiga materi fundamental ini adalah jawabannya. Kebanyakan siswa terlalu fokus pada ilmu-ilmu spesifik padahal belum memiliki fondasi yang kuat. ZenCore untuk menutupi celah ini. 

Kenapa Harus Memilih ZenCore

Hadirnya ZenCore tidak hanya berguna bagi pengembangan diri siswa. Para orangtua murid juga sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Seperti yang dikatakan di awal, bahwa rumah adalah tempat pertama untuk menanamkan fondasi bekal masa depan untuk anak menghadapi dunia. Orangtua yang merasa belum bisa memberikan bekal tersebut bisa mempersiapkan diri dengan belajar di ZenCore. 

ZenCore dirancang bisa dipakai oleh berbagai latar belakang. CorePractice – bagian dari ZenCore yang dijadikan tempat untuk melatih fundamentall skills – didesain dengan adaptive learning. Ini artinya soal-soal yang dihadirkan akan disesuaikan dengan kemampuan pengguna sesuai dengan jawaban yang diberikan. Semuanya mulai di garis yang sama, tapi perkembangan masing-masing orang akan berbeda sesuai dengan kemampuan yang dia miliki. 

Pentingnya ZenCore Bagi Kehidupan di Masa Depan

Orangtua sekarang kebanyakan berfokus pada nilai yang ada di kelas, padahal tiap anak punya kecerdasan masing-masing. Tidak mungkin tiap anak bisa cerdas di semua mata pelajaran. Platform ZenCore dapat dijadikan alat untuk pengembangan diri anak agar bisa melatihnya pada kemampuan fundamental. 

Adanya ZenCore dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak dan juga pola pikir orangtua. Anak yang memiliki fondasi kuat bisa lebih mudah dalam beradaptasi di lingkungan yang mungkin juga memudahkannya dalam menyerap pelajaran di sekolah. Bagi orangtua, ZenCore bisa menjadi salah satu dasar untuk memberikan pelajar bagi anak dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Pola pikir yang terasah karena hadirnya ZenCore dapat menciptakan masyarakat yang dapat menangkal hoax dan kondusif dalam berdiskusi. Ah, indahnya Indonesia apabila ini terjadi. 

Cara Memakai ZenCore

Tertarik untuk mencoba ZenCore? Pertama, silahkan download Aplikasi Zenius di playstore atau app store. Selanjutnya silahkan buat akun Zenius. 

Setelah verifikasi akun selesai, silahkan masuk lagi ke aplikasi Zenius dan cari tulisan “Coba ZenCore!” dan klik. 

Cara Download Aplikasi Zenius dan Memakai Fitur ZenCore
Nantinya akan muncul tampilan seperti ini dan silahkan klik mulai di salah satu materi fundamental pada CorePractice. 

Cara Meningkatkan Kecerdasan dengan Aplikasi ZenCore

ZenCore menggunakan sistem gamifikasi yang artinya akan ada sistem poin yang didapat oleh tiap pengguna. Adanya sistem ini diharapkan dalam menghadirkan jiwa kompetitif sehingga pengguna terus berusaha menjawab soal dan secara tidak langsung mengasah kemampuan fundamentalnya di matematika, verbal logika, dan bahasa inggris. Jadi, sudah siap untuk meningkatkan kemampuan otak dengan ZenCore?

Muhammad Rifqi Saifudin
Muhammad Rifqi Saifudin Abdi masyarakat yang senang menangkap momen dalam bentuk cerita. Bisa dihubungi di: - rifqimu@gmail.com - @m_rifqi_s (Instagram) - @mrifqi_s (Twitter)

87 komentar untuk "Mengasah Kemampuan Otak Bersama Zenius dengan ZenCore"

  1. Kataku nih Zencore bener-bener paket lengkap yang mendasar namun yang nantinya membangun pondasi berpikir secara benar. Paduannya verbal logi, math, sama bahasa Inggris. Belum lg ada tambahan insightful knowledge, dan yg menyenangkannya lg accessible mau untuk anak-anak usia dini, pelajar, atau malah yg uda mahasiswa juga utk mengasah otak :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, tiga fundamental materi itu emang penting banget kak buat ngasah otak

      Hapus
  2. ZenCore, fitur baru dari Zenius ini udah banyak yang ngerasain manfaatnya, ya. Aku pun pengen coba juga, buat asah otak selama WFH ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik ya buat dicoba ..buat anak-anak apalagi..karena fitur ini bisa bikin anak-anak seneng belajar... caranya itu loh... menyenangkan banget

      Hapus
    2. Penting banget kak ini buat segala umur emang, gak cuma buat anak-anak doang.

      Dan ya, emang sangat menarik, belajar kayak main game

      Hapus
  3. Selain buat anak-anak, ZenCore juga cocok buat orang dewasa. Aku aja ketagihan push rank. Seruu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, kan... emang sistem gamifikasi ini bikin ZenCore jadi makin menarik buat dimainin dan pastinya sambil belajar juga

      Hapus
  4. Sepertinya ponakan daku boleh juga coba Zencore ini, karena memang PJJ sesuatu ketimbang belajar secara tatap muka. Jadi perlu tambahan juga biar gak gampang jemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget kak nyoba ZenCore, adanya tiga fundamental materi yang diajarin mungkin bisa bikin ponakannya lebih paham lagi sama materi di kelas

      Hapus
  5. Beuh keren nih untuk belajar online dirumah bersama aplikasi Zenius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, seru banget belajar bareng Zenius ini apalagi ada ZenCore sekarang

      Hapus
  6. dari kmaren baca seputar zencore ini aku langsung kasih tau ke sepupuku yg punya anak sd. kayanya bakal ngebantu banget buat belajar, apalagi di masa pandemi yang masih pjj terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, aplikasi ZenCore ini pasti ngebantu banget sih kalau buat PJJ

      Hapus
  7. ZenCore beneran mengasah otak ya, saya jadi refresh pikiran jadinya mempelajari kembali pelajaran sekolah dulu sama nambahin wawasan yang belum pernah saya dapat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kan kak, buat yang udah dewasa pun ZenCore ini bisa jadi tempat buat ngasah otak

      Hapus
  8. Aku juga download nih Zenius. Sumpah keren banget aplikasinya. Aku aja sampai kewalahan menjawabnya. Lupa2 ingat sih meski pelajarannya untuk kelas 3 loh. Untung jawabanku bener semua. Keren nih ZenCore, bs padukan machine learning dan AI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, keren banget ini emang ZenCore, bisa sekalian ngasah otak kita

      Hapus
  9. Anakku awalnya nggak tertarik sama ZenCore ini. Apaan sih? Eh, setelah nyoba sekali dia malah suka banget. Alhamdulillah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, adanya sistem gamifikasi ini emang bikin jadi makin asyik

      Hapus
  10. Memang betul, Kak. Kurang pintar bisa di-drill dengan latihan salah satunya lewat aplikasi Zenius ini. Sambil ditemani belajar, anak bisa diajarkan tentang kejujuran, misalnya lewat fitur logika verbal dan matematik dalam ZenCore. Belum lagi bahasa Inggris yang sekarang jadi syarat wajib kalau mau sukses di kancah global. Tinggal di rumah aja bisa dapat apa saja asalkan bisa berbahasa Inggris. Makasih ya info soal Zencore. Bisa buat memudahkan anak belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, tiga fundamental yang ada di ZenCore ini emang penting banget buat menghadapi masa depan kita, ea

      Hapus
  11. wah keren fitur zencore ini, membantu banget untuk bisa menguasai kemampuan dasar sebelum belajar lebih lanjut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kalau mau nyoba-nyoba ngasah otak, tiga fundamental yang ada di ZenCore ini bisa banget ngebantu kita buat memahami materi materi yang ada

      Hapus
  12. Beberapa waktu lalu sempet aku rekomendasikan ke sepupuku buat anaknya
    Setelah sekitar hampir sebulanan begitu beneran berasa manfaatnya dalam ngebantu proses pemahaman pembelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, testimoni langsung ke anak sepupunya ya. Emang sih ZenCore ini fundamental materi yang ada di dalamnya memang diajarkan biar kita bisa punya pola pikir yang lebih bagus

      Hapus
  13. Aku ketagihan banget dolanan ZenCore ini mas. Haha.
    Sampai-sampai adekku juga keracunan push rank juga di sini. Asyiknya kita jadi nambah cerdas kalo push rank di ZenCore yak wkwk.
    Keren deh mas Sabda kalo bikin fitur mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ishhh jadi penasaran sama zencore..secara bisa digunakan segala usia ya... Cobain ah...Lumayan bisa buat isi waktu denagn aktivitas berfaedah

      Hapus
    2. Haha, aku juga jadi ketagihan buat push rank disini kak, seru banget kan, gak cuma bisa dapat ranking, dapat pinter juga

      Ayo kak Diane cobain juga

      Hapus
  14. quote nya dr Bung Hatta baru denger nih. Mantab banget. Seru bgt kalo ada sistem skor itu. Kynya kita emang kurang sreg kalo ngga pake poin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sistem gamifikasi ini emang biar jadi makin terpacu buat main kak, jadi bisa lebih pinter juga deh kalau sering main

      Hapus
  15. PJJ ini sebenarnya masih PR banget karena kaya di desa tuh banyak tugasnya, gak ada penjelasan. Rasanya bersyukur karena sekarang teknologi makin oke kaya Zenius ini. Jadi bisa bantu belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, ZenCore ini diharapkan bisa bikin anak-anak jadi lebih mudah memahami materi walaupun PJJ

      Hapus
  16. siap mencoba untuk download dan belajar dari zencore ini, semoga bisa dapat tau lebih banyak dari sini

    BalasHapus
  17. saya sudah download aplikasi Zenius ini kak
    sudah mencoba fitur ZenCore
    asli seru banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, aku juga ngerasanya seru banget kak, apalagi ada sistem poin gitu kan

      Hapus
  18. Matematika, logika verbal dan bahasa inggris. Sejak dulu materi ini harus diasah sejak dini karena berhubungan dengan kegiatan sehari-hari.
    Pingin juga ah download aplikasi Zenius, pingin tau fiturnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, materi materi dasar yang kadang luput akhirnya logika berpikir kita jadi salah biasanya, makanya ZenCore ini cocok buat siapa aja, gak terbatas umur dan pekerjaan

      Hapus
  19. aaakk... jadi makin penasaran sama zencore setelah baca banyak tulisan reviewnya nih... >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan... ayo ayo daripada penasaran buruan download dan cobain ZenCore biar bisa push rank bareng

      Hapus
  20. Aku udah download buat anak yg cowok. Alhamdulillah aplikasi begini lumayan membantu ya buat belajar anak2 biar gak bosen daring

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, emang tujuan ZenCore ini bisa buat ngebantu orang-orang biar bisa makin semangat belajarnya

      Hapus
  21. Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki. – Bung Hatta

    Ini peribahasa legend banget tentang attitude...berusaha jujur di setiap kesempatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, jujur itu emang yang utama. Tapi makna tersiratnya bahwa gak ada orang bodoh, semuanya bisa kok asal mau belajar

      Hapus
  22. menarik banget ni buat dicoba buat anak-anak apalagi karena fitur ini bisa bikin anak-anak senang belajar menyenangkan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka, fitur-fitur yang ada disini menarik banget apalagi ada sistem poin gitu, bisa push rank, hehe

      Hapus
  23. saya penasaran karena banyak orang yang bahas soal zencore ini, asalnya kkira buat anak-anak ternyata bsia buat orang dewasa juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, ZenCore ini bisa buat semua umur kok, karena materi yang diujikan itu tiga materi fundamental yang emang diperluin banget oleh semua kalangan

      Hapus
  24. Semoga para siswa yang saat ini sedang PJJ benar-benar terbantu dengan kehadiran zenius. Apalagi kan produknya banyak inovasi dan pastinya mendukung kebutuhan pendidikan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... semoga ya kak adaanya Zenius dan ZenCore ini bisa membuat anak-anak yang kesusahan saat PJJ juga terbantu

      Hapus
  25. kemampuan dasar ini emang penting banget, karena jika kemampuan dasarnya sudah kuat, maka ilmu ilmu lain yang menjadi turunannya pun akan mudah dikuasai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah setuju kak, yang penting fondasinya kuat, nanti buat selanjutnya lebih gampang buat diasah

      Hapus
  26. Zencorw ini aplikasi nya bikin ketagihan ya ples suruu ketika memainkan nya kaa. Fitur nya juga cakep, bisa untuk anak anak dan orang dewasa lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, aplikasi ini emang candu banget, soalnya bisa push rank gitu. Tapi kan ini candu yang bikin tambah pinter juga, hehe

      Hapus
  27. Zenius nih emang cocok dan ngebantu banget ih selama pandemi ini. Kemarin aku juga baru nyobain fitur ZenCorenyaaaaa. Seru juga niiihhh bisa push rank bareng yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nyoba kak? Wah, ya kan keren banget push rank nya itu lo jadi pengen ngerjain soal terus, tanpa kerasa nambah pinter juga

      Hapus
  28. Aplikasi bagus begini harus banyak diketahui orang-orang apalagi anak-anaK sekolah. Aplikasi Zen core ini seru juga y karena banyak fiturnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitur biar bisa meningkatkan kemampuan otaknya sih kak terutama yang patut diacungi jempol

      Hapus
  29. Terimakasih kak info nya. Ini nih yang dibutuhkan anakku. Aplikasi zenius dengan fitur zencore nya. Bisa push rank bareng yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sama-sama kak, senang banget bisa ngebantu semoga anaknya bisa lebih meningkat kemampuan otaknya dengan memakai ZenCore

      Hapus
  30. Zenius terus update ya dan tau banget keperluan kita sekarang seperti hadirnya fitur zencore ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, fitur dari Zenius ini emang update terus, apalagi adanya ZenCore ini keren banget sih menurutku fiturnya

      Hapus
  31. Aku tuh seneng kalau jaman sekarang makin banyak pilihan untuk belajar makin pintar. Kalau dilu harus ke tempat Bimbel yah jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, sekarang kalau belajar bisa dimana aja dan kapan aja, kayak lewat ZenCore ini bisa push rank sekalian juga kak, belajar tapi tetep seru

      Hapus
  32. Zencore ternyata cocok juga buat dicoba sama yang sudah dewasa ya, jadi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, karena ada materi fundamental jadi ZenCore ini cocok buat segala usia

      Hapus
  33. Zencore ini bisa juga ya, untuk aku yang pengen mengukur kemampuan otak, udah sampai mana pengetahuannya. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kak, yok dicoba kak dan kita push rank bareng, haha

      Hapus
  34. Zencore Masih saudaraan sama Zenius ya. Boleh nih untuk mengasah otak , aku keseringan nonton film dan baca komik yg santai akhir-akhir ini butuh senam otak juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ZenCore ini salah satu fitur Zenius kak. Nah, senam otak bisa banget kak sama fitur ZenCore ini

      Hapus
  35. Nah ini nih yang dicari anakku, kayanya harus dicoba Zencore ini, biar makin tau mengembangkan diri dan potensinya. Terimakasih informasinya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak diajak anaknya buat nyobain fitur ZenCore ini, biar bisa nambah kemampuan otaknya dia

      Hapus
  36. Menurutku zencore ini inovatif sekali. Bisa mengembangkan kemampuan dasar terkait logika verbal, matematika dan bahasa inggris yang diperlukan oleh semua orang apapun profesi dan aktivitas nya

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Ini harus bayar enggak, Kak, atau tinggal download dan pakai?

    BalasHapus
  40. ini bikin belajar jadi makin seru ya karena kayak sedang main game, bisa kejar-kejaran nilai pula ya jadi maakin terasa tertantang aja saat menjawab soal :)

    BalasHapus
  41. Matematika, logika verbal, dan bahasa Inggris, 3 kemampuan dasar yang perlu dikenalkan pada anak sejak dini. Asyiknya, yang sudah terlanjur besar/dewasa pun bisa belajar lagi ketiga hal itu di zencore ya

    BalasHapus
  42. ZenCore, fitur baru dari Zenius ini keren banget ya kak, pas banget buat belajar anak-anak Kita di Masa begini ini sangat membantu banget.

    BalasHapus
  43. Betul juga ya, mau ada PJJ atau tidak, tetaplah orang tua guru bagi anak di rumah. Sekarang orang tua maunya praktis sih. Diserahkan semua ke guru, membiayai, lalu memetik hasilnya. Memangnya pendidikan seinstan itu?

    BalasHapus
  44. Zencore , bisa menambah dan mengembangkan potensi anak nih ya, biar ga bosen di rumah aja tambah pengetahuan

    BalasHapus
  45. Seru banget ya main dengan Zencore
    nggak kerasa belajar kerasa sambil main aja. aku beberapa kali nyoba dan memang asik banget.

    BalasHapus
  46. Fiitur Zencore ini cerdas banget sih menurutku dan bisa pas banget sama orang yang punya jiwa kompetitif jad rasanya pingin nyobain dan betul terus gitu

    BalasHapus
  47. wah, patut dicoba ini fiturnya, aku belum pernah pakai zenius nih

    BalasHapus
  48. Seru sekali ya jika ketemu dengan aplikasi pembelajaran yang bisa bantu anak anak memahami materi sela PJJ. Emak jadinya gak puyeng dan anak makin git belajarnya berkat fitur² keren dari zencore

    BalasHapus
  49. zencore dari zenius ini semacam games otak dong ya kak rifqi? jadi mau coba deh install di hape

    BalasHapus
  50. ponakanku selama ppkm jadi susah belajarnya, mgkin karena caranya nggak menarik, mbak ku sampe kewalahan, kayaknya harus aku saranin zencore ini dah

    BalasHapus